Mungkin Anda masih merasakan atmosfer liburan. Belum bersemangat bekerja. Namun, hal ini bukan menjadi “pembenaran diri” bahwa Anda bisa berleha-leha, kan? Kembalikan produktivitas kerja Anda dengan tips berikut:
- 1. Rencanakan aktivitas kerja sehari dengan model kurva melengkung
Pandang sehari kerja Anda seperti kurva melengkung. Mulai dengan pekerjaan yang mudah dan menyenangkan di awal hari. Begitu mulai “panas”, selesaikan pekerjaan yang mulai sulit –atau yang biasa Anda hindari. Lakukan pekerjaan yang paling sulit usai makan siang (upayakan makan siang secukupnya saja, jangan terlalu kenyang karena mengakibatkan kantuk), lalu akhiri hari dengan mengerjakan tugas yang tak terlalu memusingkan.
- 2. Beri penghargaan untuk diri sendiri
Ketika Anda berhasil menyelesaikan jadwal yang padat atau berhasil menuntaskan pekerjaan yang biasanya Anda hindari, berikan penghargaan kepada diri sendiri. Misal, ketika Anda berhasil menyelesaikan presentasi PowerPoint, berikan penghargaan kepada diri Anda dengan membeli kopi latte kesukaan Anda.
- 3. Prioritaskan tugas yang sudah direncanakan
Ketika tugas-tugas Anda sulit dikontrol, sudah saatnya Anda memilah prioritas. Sudah jelas, sulit untuk bisa menyelesaikan banyak hal dalam sekali gerak. Maka, putuskan mana yang harus cepat diselesaikan, dan mana yang bisa menunggu. Beberapa orang memasang “ranking” untuk mana yang harus cepat diselesaikan dan mana yang bisa menunggu. Siapkan beberapa deadline untuk menyelesaikan masing-masing tugas.
- 4. Jangan sia-siakan jam istirahat
Bahkan di hari tersibuk Anda, sisihkan waktu untuk beristirahat. Anda mungkin tak memiliki waktu untuk menikmati makan siang yang lama, tapi siapkan waktu untuk bisa menikmati udara di luar kantor Anda. Berada jauh dari meja kerja Anda barang beberapa saat saja sudah cukup membantu, kok. Beristirahat sejenak, misal, pergi ke toko serba ada di seberang sudah bisa membersihkan pikiran, sekaligus membuat Anda lebih bersemangat. Bahkan, dengan melakukan hal ini bisa membantu Anda mendapatkan ide untuk mencari solusi dari permasalahan.
Siapkan 15 menit di ujung hari untuk merencanakan kegiatan Anda esok hari. Bereskan meja Anda, buang sampah-sampah kecil yang tanpa Anda sadari berserakan di meja. Ambil catatan “to-do” Anda, coret apa saja yang sudah selesai Anda kerjakan hari itu. Buat daftar baru untuk hari esok, supaya besok pagi dimulai dengan rencana yang lebih terorganisir dan produktif.
Sumber: Kompas.com
great idea..........wow nice info
ReplyDeleteTips yang bagus buat kita.
ReplyDeleteTks ya sudah berbagi tips
tips yang menarik sobat, thx udah sharing
ReplyDeletetips yang bagus bgt. thanks banget ya. salam kenal.
ReplyDeleteresep Kue
nice blog...care to link exchange?
ReplyDeleteNice Tips. Berguna banget
ReplyDeletetips yang bagus..bisa dicoba untuk dipraktekkan...
ReplyDeletemanusia bukan mesin, masak suruh produksi terus...capedeh
ReplyDeletewah nais tips nih
ReplyDeletekayanya ini ga hanya berlaku untuk orang kantoran
bwt mahasiswa malas seperti aku patut mencoba nih
mungkin kalo sedikit pesan sponsor, perlu minum mizone
ReplyDeletehehehe...
tapi emang kalo habis makan siang ngantuk berat, susah bwt kerja
kalo saya harus ngerujak dolo biar melek
mungkin kalo sedikit pesan sponsor, perlu minum mizone
ReplyDeletehehehe...
tapi emang kalo habis makan siang ngantuk berat, susah bwt kerja
kalo saya harus ngerujak dolo biar melek
Hi Mbak Tyas, salam kenal ya, ada tips untuk how to love Monday? Banyak orang kalo udah hari Senin bawaannya males kerja sehingga jadi kurang produktif di kantor. Cuma saran aja, moga2 bisa memberikan ide2 untuk posting berikutnya. Have a nice day :)
ReplyDeleteWhat a beautiful picture!!!
ReplyDeletegood idea... siippp...
ReplyDeletesalam kenal ya...
kalo pengangguran, biar produktif bikin apa ya ?
ReplyDeleteTIPS BAGUS BANGET MBAKYU...MAKASIH DAH NUMPANG BACA....SALAM KENAL
ReplyDeletenice tips..
ReplyDeleteTipsnya boleh juga tuh, terutama point no 3 kayanya patut dicoba
ReplyDeleteooh Nice Tips, thanks ya
ReplyDeletewah..aku seneng sama komentar anda karena....ya,...sediki2 udah sebagian dari tips yg dikerjakan.....&aku seneng yg namanya tips.......
ReplyDeletethanks for all the tips!
ReplyDeletewaw,, tips ini bertahan hanya 1 minggu selanjutnya , aku jadi males ni k :(
ReplyDeleteKita memang perlu mengukur produktivitas kerja kita. Alat untuk mengukurnya adalah perencanaan dan pelaksanaannya. Oleh karena itu, catatan tertulis sangat membantu kita melakukan evaluasi. Semoga kita dapat meningkatkan produktivitas kerja kita dengan perbaikan yang dilakukan secara rutin. Bila rakyat Indonesia terbiasa dengan cara kerja seperti ini, kemungkinan negara Indonesia dapat maju dengan pesat.
ReplyDeletethanks tips & triknya, semoga bisa dipraktekkan secepatnya. ok
ReplyDeleteTip yg sangat baguuuuuuuuuuuuusss....!!
ReplyDeletemb tyas bwtin tip lwngan kerja dounk.
salam kenal aj,,,
THANKZ