Sunday, August 29, 2010

Kelola Tunjangan Hari Raya Anda dengan Bijaksana

BY tyas indree IN , , 122 comments

Setiap tahun, menjelang hari raya, setiap karyawan di Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, akan mendapatkan tunjangan hari raya atau yang lazim di sebut THR. Pada dasarnya THR diberikan atas pertimbangan bahwa karyawan membutuhkan biaya tambahan untuk merayakan hari raya keagamaan. Berdasarkan Peraturan Mentri Tenaga Kerja RI no. Per- 4/Men/1994, setiap perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja dalam bentuk uang atau bentuk lain. Peraturan ini juga menyebutkan bahwa THR diberikan selambat-lambatnya satu minggu sebelum hari raya.

Menjelang Idul Fitri 1431 H, tentunya Anda sudah menanti-nantikan turunnya sang THR. Berbagai rencana sudah Anda buat untuk membelanjakan THR Anda. Sebelum uang tersebut 'hilang' tanpa jejak atau dihabiskan tanpa Anda sadari, berikut adalah beberapa tips untuk mengelola THR Anda sehingga bisa memberikan manfaat lebih dan mencegah agar Anda tidak 'bokek' setelah kegembiraan Lebaran usai.

  1. Buat daftar kewajiban Anda. Berdasarkan prioritas, urutkan setiap kewajiban yang harus Anda tunaikan. Dengan membuat daftar secara tertulis, Anda akan lebih mudah untuk check and recheck kewajiban yang sudah atau belum ditunaikan.
  2. Umat Islam memiliki kewajiban untuk membayar zakat fitrah, sisihkan THR Anda terlebih dahulu untuk kewajiban ini. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke amil zakat resmi yang ada di lingkungan Anda, ada berbagai kemudahan seperti transfer melalui banyak bank, bahkan melalui SMS, yang bisa Anda manfaatkan. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak membayar zakat.
  3. Bayar hutang Anda, jika ada. Memegang uang yang jumlahnya lebih besar dari biasanya jangan sampai membuat Anda lalai untuk membayar cicilan bulanan seperti hutang kartu kredit, cicilan rumah, kendaraan. Ingatlah bahwa pembayaran cicilan yang tidak teratur bisa menyebabkan bunga semakin tinggi.
  4. Ingatlah pada mereka yang membantu Anda menjalankan tugas domestik sehari-hari seperti supir, pembantu, baby sitter. Mereka bekerja untuk Anda dan sudah selayaknya mereka juga menerima THR.
  5. Investasi adalah kebiasaan yang menguntungkan. Sisihkan 10% dari pendapatan dan THR Anda untuk kepentingan ini. Jangan lupa untuk menanamkannya secara bijaksana.
  6. Jika Anda akan mudik, segera buat anggaran pengeluaran untuk transportasi (pulang pergi) dengan perkiraan ongkos akan lebih mahal dari hari biasa.
  7. Setelah Anda menunaikan semua hal diatas, barulah Anda leluasa untuk memanfaatkan sisa THR Anda untuk hal tersier lainnya seperti untuk berbelanja busana baru atau hidangan istimewa untuk menyambut hari Raya. Dalam berbelanjapun, sesuaikan dengan dana yang dimiliki dan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa Anda harus tetap memakai prinsip "kebutuhan" dibandingkan dengan "keinginan".

Sumber: www.jobsdb.co.id

122 comments:

  1. THR juga buat ada loh kak buat yg selain karyawan..

    I love THR..
    Karena aku belum kerja dan masih sekolah, THR di dapat dari sanak saudara yg lebih tua dan sudah bekerja. THR juga diberiakn sebagai hadiah karena puasanya poll. Ada juga yg bilang angpao..

    aku jadi inget waktu SD, suka lomba bnyak2an dapat THR dengan adek.

    ReplyDelete
  2. hrus dikelola dengan bijak emank,
    dahulukan yg wajib
    :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal AREMANIA ,kalau ingat THR jangan lupa zakatnya ya Non.........!!! hehehe.........

    ReplyDelete
  4. asskumm............
    emmm.... makasi ya... "nice info"
    .
    salam kenal.
    "AREMANIA"

    ReplyDelete
  5. wah keren jeng tipsnya, ya yg dapat THR, kl yg gak dapat THR, dtg aja k komnas HAM, hehe ...

    ReplyDelete
  6. terimakasih tipsnya ya mbak,, salam kenal.

    ReplyDelete
  7. hahaha THR ku udah ludes sebelum hari H mbak, Telat baca Tipsnya nih... lam kenal ya...

    ReplyDelete
  8. lam kenal mbak... kunjungi blog saya ya....
    makasih....

    ReplyDelete
  9. Berkunjung dan salam kenal... THR..? jangan lupa bahwa kita juga harus memebrikan THR ..misalnya kepada : Tukang Kebun, Sopir, pihak yang telah banyak membantu kita selama ini... Terimakasih

    ReplyDelete
  10. THR udah turun mbak...jd bingung neh mw diapaain..tp bener banget kata mbak..buat list...hehehehe biar ada jejak nya tuh THR

    ReplyDelete
  11. tips nya mantap mbak..patut dicoba neh....biar gak abis tuh THR..xixixixi

    ReplyDelete
  12. udah mau lebaran nih... siap2 beli baju baru.... tp jgn lupa zakat fitrahnya :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas info nya. Memang seharusnya kalau jadi karyawan harus pintar-pintar mengelola keuangannya, baik gaji bulanan ataupun THR tahunannya.

    ReplyDelete
  14. ehm, memang thr hrs di atur sebijaksana mungkin, seperti halnya tips2 yang di jelaskan sama mba tyas.

    ReplyDelete
  15. lebaran tidak jadi...di tunda tahun depan

    ReplyDelete
  16. Hey nice blog!!! i have added you in my blogroll. check ur link in http://www.zoo-logico.com/ and link me back. pls buzz after adding me.

    ReplyDelete
  17. wah udah lama gak main ke sini...lama pula gak komen-komen

    ReplyDelete
  18. Mantap !!! Met Idul Fitri 1431H Ya Mbak. Usul dan Saran mbak; Blog cakep gini kok gak ada tempelannya sih mbak, kan sayang. Gimana Kalo di tempelin ini aja: http://kumpulblogger.com/signup.php

    http://jobvacancylowongan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. wew...harus dikelola dengan baik tentunya apalagi mau lebaran gini

    ReplyDelete
  20. nice info bu, jadi ada referensi. makasih..

    ReplyDelete
  21. Sayang ane belum bisa nikmatin THR...! HIks...!

    ReplyDelete
  22. Tips yg bagus, sayang untuk PNS seperti saya tidak ada istilah THR..mampir balik ke sini ya

    ReplyDelete
  23. sampe ane berumur hampir 26 tahun, ane blm pernah ngerasain dapet THR.. hikz hikz

    ReplyDelete
  24. Gimana nemg geulis klo gak dapat THR, kacian deh gue.......

    ReplyDelete
  25. hm uang THR ludes duluan
    sulit juga Y agar terkordinir

    ReplyDelete
  26. sungguh bermanfaat buat yg dapet THR, tapi kalo buat yg ga dapet?

    ReplyDelete
  27. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik :)

    ReplyDelete
  28. wah mba udah cantik, smart..blognya keren mba..

    mba tukeran link yuk..saya tunggu ya konfirmasi persetujuannya, tar klo udah setuju saya pasang,
    terima kasih
    linksaya : kreatif anak jalanan

    ReplyDelete
  29. Wah Setuju banged mbak, THR untuk investasi sangat pas menurut saya, dan sisanya bisa buat saving ;) salam kenal mbak :D

    ReplyDelete
  30. salam kenal , singgah , aku blum dapet THR nichhh ... blum kerja sihh .. heheh

    ReplyDelete
  31. panteees gampang abiiissss THRnya... ngelalanya kurang bagus keknyaaa... heheheh...
    MINAL AIDIN WALFAIDIN yaaaa... AAF LAHIR BATIIINNNNNNNN

    ReplyDelete
  32. Thanks buat tipsnya, memang bner kok kalau g diperhitungkan, biasanya THR itu akan lebih cepat habis tanpa kelihatan hasilnya buat apa aja.

    ReplyDelete
  33. waduh telat bacanya, thr saya sudah habis

    ReplyDelete
  34. Saya salut dgn mbak tyas. selain cantik juga pinter. semoga saya kelak mendapatkan istri seperti mbak Tyas. makasih mbak tip nya.

    ReplyDelete
  35. makasih tipsnya Gan. salam kenal

    ReplyDelete
  36. aq masih nganggur,, coba aja ada THR untuk pengangguran,, pasti asik banget,, hahahahaa..

    Salam hangat :)
    mesothelioma

    ReplyDelete
  37. syukur alhamdulillah lebaran kemarin saya dapet thr walopun tak sebesar taun kemarin yang diberikan sebelum lebaran sebagian rencana tak di wujudkan cukup untuk pulang kampung dan ketemu keluarga dan terima kasih bu infonya cukup menarik

    ReplyDelete
  38. Info yang sangat bermanfaat

    salam

    http://apentour.blogspot.com/
    http://apen5.blogspot.com/

    ReplyDelete
  39. Untuk mengelola keuangan belajar Access yuk...

    ReplyDelete
  40. THR? .... uhmmm enak gila. Perencanaan pertama sudah pasti ZAKAT dulu baru yang lainnya.

    ReplyDelete
  41. THR = Tunjangan hari raya, kalau saya sering juga ngasih THR kepada murid saya tapi singkatan dari Tugas Hari raya

    ReplyDelete
  42. Meski hari raya sudah berlalu,,Namun ini tipsnya sangat bermanfaat sekali,,salam kenal ya Mbak!!

    ReplyDelete
  43. Setuju dengan artikel mbak :)

    jangan sampai kerja 1 tahun habis dalam 1 hari :P

    ReplyDelete
  44. wah itu kotaknya yang bijaksana ... kalau orangnya?

    ReplyDelete
  45. kalau pendapat cuma bisa untuk makan gimana tu Mba

    ReplyDelete
  46. wah harus dikelola dan di planning dengan baek...
    thanks mba buat Tips dan Infonya

    ReplyDelete
  47. banyak orang yang lupa priorotasnya .... mudah-mudahan tips ini bisa mengingatkan banyak orang

    ReplyDelete
  48. lebaran udah lewat...tp semangatnya jgn luntur okeh...
    Buat yg mo tukeran link bs hub blog ku http://awalkerlegend.blogspot.com
    Tks ya.

    ReplyDelete
  49. Wah, kemana aja nih, blognya kok jarang di update lagi :D

    ReplyDelete
  50. kalo blogger ada yang ngasih THR nda ya

    ReplyDelete
  51. mau tnya nih...
    kl mau tukeran link gmn ya???
    thx
    http://courseinternationalrelations.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. saya akan coba praktekkan tips yang baik ini.
    saya pengunjung baru, salam kenal sebelumnya..

    ReplyDelete
  53. matap tipsnya, thanx dah dishare gan

    ReplyDelete
  54. Hhhmm info yg bermanfaat.. sukses selalu

    ReplyDelete
  55. wah nice banget tipsnya mbak
    saya bisa belajar mengatur keuangan

    ReplyDelete
  56. wah bagus artikelnya
    sukses selalu ya kak
    lanjutkan

    ReplyDelete
  57. memang harus pintar-pintar kelola, pikirkan dulu dua puluh kali untuk suatu pengeluaran..lebih baik di pakai untuk yang memang perlu saja sisanya bisa buat investasi...

    ReplyDelete
  58. intinya bisa dijadikan sodaqoh mall ya bu... x aja kita lom zakat mall heheheh salam kenal bu..

    ReplyDelete
  59. hmmm
    THR dah lama gag dapet ni mbak :P
    nitip link ya mbak :) makasihh
    http://www.ittoong.info/

    ReplyDelete
  60. terimakasih gan atas artikelnnya...
    salam kenal..
    jangan lupa kunjungan balik ya gan??...

    http://www.wordpressrepublik.com/blogs/arifurrohmanz/info-kontes-menjadi-blogger-yang-bahagia-50.html

    ReplyDelete
  61. klu yg g' punya THR ... gimana mau ngelolahnya.. hiks.....

    ReplyDelete
  62. Mendapatkan tips yang bagus untuk mengelolah THR... walaupun lebaran sudah berakhir tapi bisa di jadikan referensi buat lebaran selanjutnya...

    ReplyDelete
  63. Info yang sangat bermanfaat..
    thx

    Regards,
    AUTO ROTARY bintaro AC Mobil
    (021)734 2209
    www.autorotaryacmobil.blogspot.com

    ReplyDelete
  64. wah terperinci ya? bagus2 tuh...hehehe

    ReplyDelete
  65. Bagi sebagian karyawan THR sangat di tunggu2, tp kalo dalam pengelolaan gak bagus bisa menimbulkan hutang baru setelah lebaran,

    thanks infonya

    ReplyDelete
  66. it's nice article..
    i like your article... good job

    ReplyDelete
  67. Bener banget tuh klo kita harus ngutamain kewajiban!!!

    ReplyDelete
  68. hehehe I like it information about tips use money, nice posting

    ReplyDelete
  69. Wah, bener banget nih mbak..
    sisa dari THR itulah yang harusnya di"belanjakan"...
    bukan belanja dulu lalu sisanya dibikin jadi zakat, investasi, dan lain2...
    :)

    ReplyDelete
  70. wah keren jeng tipsnya, ya yg dapat THR, kl yg gak dapat THR, dtg aja k komnas HAM, hehe ...

    ReplyDelete
  71. memang keuangan saat hari raya harus dikelola dengan baik agar uang THR tidak cepat habis

    ReplyDelete
  72. bner bggt .
    klo ga dikelola ntar malah berantakan .
    salam kennal .

    ReplyDelete
  73. udah lebarang ne, tar lagi lebaran haji

    ReplyDelete
  74. nice post, emang biasanya sih kita suka boros kalau dapat uang lebih he..he.., boleh juga nih tip-tip nya diikutin untuk tahun depan, trim's dan sukses selalu

    ReplyDelete
  75. ok sip mba tips2'a...
    semoga ga bokek lebaran tahun depn

    ReplyDelete
  76. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku :
    http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete
  77. infonya sangat bermanfaat, saya akan mencoba untuk menerapkannya pada THR yang akan datang. thanks untuk infonya, semoga sukses selalu.

    silahkan kunjungi website ane di : http://krisdeline.com

    ReplyDelete
  78. Wah, yang posting cewek sih, makanya pakar dalam hal itu, kalo cowok ya biasanya kaga bisa. But anyway, nice posting. Keep up !!

    ReplyDelete
  79. wah tp susah'e... boros bnget aku tu hehehehe

    ReplyDelete
  80. itu benar zakat fitra itu adalah kewajiban no Satu, percuma saja Thr kita besar.. tapi kita tidak menunaikan kewajiban kita...(tidak ada artinya.:)

    ReplyDelete
  81. mudah2an tipsx bermanfaat bagi saya...

    ReplyDelete
  82. Thr Wajib dibayarkan pegawai kejar setoran dan kejar tayang

    ReplyDelete
  83. salam kenal mba...
    hehe nice post nih, tp ga tau knp ttp aja susah ya kluar dari boros.. hehe

    ReplyDelete
  84. memang sih hari raya itu butuh pengaturan yang bagus apalagi buat para ibu2...

    ReplyDelete
  85. tips nya mantap mbak..patut dicoba neh....b

    ReplyDelete
  86. makasih ya mbag,.. atas infonya,.. heheh :D betewe saya termasuk komen yang keseratus satu ya (101) woow keren heheh :)

    ReplyDelete
  87. cap cay ne loe punya….
    Hebat guys………………
    8 gua dukung ne……
    So pasti man………….

    ReplyDelete
  88. mantep u punya berita
    Interest…………

    ReplyDelete
  89. ne dia yang di cari2…..
    I like it,,,

    ReplyDelete
  90. Glad too meet u……
    Thanks untuk blog nya

    ReplyDelete
  91. 1 thanks for u info
    good job bro …..
    2 maksih bget ne buat postingan nya
    Kerennn gan

    ReplyDelete
  92. wah mantep sekali artikelnya sobat, terimakasih atas informasi yang diberikan :D Job Feed Aggregator

    ReplyDelete
  93. tp ga tau knp ttp aja susah ya kluar dari boros..
    soal'a nama'a juga Hari Raya pasti keluar duit banyak buat sanak sodara

    ReplyDelete
  94. artikel yang sangat bermanfaat menjelang lebaran ini, memang harus dikelola dengan baik agar THR dapat dimaksimalkan :)

    ReplyDelete

i hate spammers....