Monday, May 6, 2019

Kita Tak Pernah Tahu Beban dan Kesakitan dari Orang Lain

BY tyasjetra No comments

"Lukisan ini punya makna yang dalam" 

Yang pria tidak tahu, bahwa ada ular berbahaya di bawah yang mengancam wanita itu. 
Sedang yang wanita juga tidak tahu, bahwa ada batu menimpa pria itu. 

Si Wanita berpikir, "Aku mau jatuh....! dan aku tak bisa memanjat tebing, karena ada ular di situ akan menggigit aku.... Kenapa dia tak coba berusaha lagi sedikitpun untuk menolongku 😢" 

Sedang Si Pria berpikir, "Aku sedang dalam kesakitan, tapi aku tetap menolongmu dengan apa yang aku bisa... Kenapa engkau tidak berusaha dan mencoba memanjat lebih lagi 🤔 ??!!" 

Moral dalam cerita ini adalah : 

"Engkau tidak bisa melihat tekanan beban yang dialami orang lain, begitu juga orang lain tidak bisa melihat kesakitan yang kau alami. 

Inilah hidup...... 
Tak peduli apakah ini dengan masalah pekerjaan, keluarga, perasaan, teman, keluarga..., 
Engkau harus belajar memahami satu sama lain, belajar berpikir berbeda, memikirkan satu sama lain, dan berkomunikasi lebih baik. 
Setiap orang punya pergumulan sendiri-sendiri di area-area peperangan dan pergumulan dalam hidup mereka. 

Begitulah kisah yang banyak terjadi... 

Kita tak pernah tahu beban dan kesakitan dari orang lain... 
Apakah dia itu pasangan, sahabat, saudara, orang tua, dan lain-lain, yang kita harapkan untuk menolong kita. 

Yang kita tahu hanyalah beban dan sakit kita, yang sebaliknya ia pun tak mengetahuinya. 

Yang ada saling menuntut !!! 
"Kenapa dia tak mau tahu ya..., 
Apa yang ku alami ini... 
Kenapa dia tak pedulikan aku dan tak menolong aku 😢?" 

Padahal... di sisi lain, orang itu pun sedang bergumul tak kalah beratnya dan berpikir sama tentang kita : 
"Kok kamu tak mau mengerti ya, keadaanku juga susah....😔😔😔" 

Ternyata, 
Bukan karena dia tak mau mengerti dan menolong kita. 

Tapi kenyataannya adalah semua orang punya kesulitan dan kesakitan sendiri yang tidak kita tau. 

Dia bukan tidak mau menolong kita, tapi memang tidak mampu menolong kita, sesuai harapan kita kepadanya. 

Kita mungkin salah paham dan menuduh orang tidak baik kepada kita, jika tidak memahami ini. 

Memahami kesulitan dan beban yang menjadi bagian orang lain, akan melepaskan kita dari sikap menuntut kepada orang lain. 
Memahami bahwa setiap orang punya peperangan sendiri dalam area-area pergumulan kehidupan mereka. 

Dan segala yang bisa kita lakukan ketika kita semua saling dipertemukan, hanyalah saling berbagi kasih, penerimaan, dan saling memberi kebahagiaan satu sama lain. Dari pada saling menumpuk sampah satu sama lain. 

Dengan demikian, bukankah perjalanan hidup ini akan lebih mudah untuk diarungi dalam Kasih dan Damai ....... 

🙏❤   🙏 ❤🙏

Wednesday, March 27, 2019

Kedermawanan Yang Tertukar

BY tyasjetra IN No comments


Seorang wanita bertanya pada penjual telur yg sudah tua, "Berapa harga telurnya?"
Penjual telur menjawab, "Satu butir harganya Rp 2.500, Nyonya."
Wanita itu berkata, "Saya mau mengambil 6 butir tapi dengan harga Rp 12.500 atau kalau ngga ya udah, ngga jadi beli."
Penjual telur menjawab, "Baiklah, mungkin ini awal yg baik karena dari tadi tak ada satupun telur yg berhasil saya jual."

Wanita itu mengambil telur2 tersebut dan berjalan dengan perasaan senang bahwa dia sudah menang. Kemudian dia masuk ke dalam mobil mewahnya dan pergi ke restoran bersama temannya. Di sana, dia bersama temannya memesan apapun yg mereka sukai. Mereka makan sedikit dan menyisakan banyak dari apa yg sudah mereka pesan. Kemudian wanita tersebut membayar tagihannya. Tagihannya sebanyak Rp 450.000. Dia memberikan uang Rp 500.000 dan berkata bahwa kembaliannya untuk sang pemilik restoran saja.

Kejadian seperti ini mungkin terlihat normal bagi pemilik restoran, tapi sangat menyakitkan bagi penjual telur yg sudah tua.

Intinya adalah: 
"Mengapa kita selalu menunjukkan bahwa kita punya kuasa ketika kita membeli dari orang2 yg membutuhkan? Dan kenapa juga kita jadi dermawan kepada orang2 yg bahkan tidak membutuhkan kedermawanan kita?"

Suatu ketika saya pernah membaca:
"Ayahku biasa membeli barang2 remeh-temeh dari orang miskin dengan harga tinggi, walaupun dia tidak membutuhkan barang2 tersebut. Kadang2 dia bahkan membayar lebih untuk itu. Aku tertarik pada hal ini dan lantas bertanya mengapa dia melakukannya? Kemudian ayahku menjawab, 'Anakku, ini adalah sedekah yg terbungkus dengan harga diri.'"

KALIMAT YG PANTAS UNTUK JADI PERENUNGAN:

"SEDEKAH YANG TERBUNGKUS DENGAN HARGA DIRI."

Sumber : Anonim

Sent from my iPhone

Monday, January 7, 2019

Uang kertas Rp 2.000 VS Uang Kertas Rp 100.000

BY tyasjetra No comments

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ


Uang kertas Rp 2.000 VS Uang Kertas Rp 100.000

dibuat dari kertas yg sama dan diedarkan
oleh Bank Indonesia (BI)
Ketika dicetak,
mereka_pun bersama,
tetapi berpisah di bank
dan kemudian beredar di masyarakat...

Bagaimanapun, 4 bulan Kemudian mereka bertemu scara tdak Sengaja
di dalam dompet Seorang pemuda.
Maka mereka
pun ngobrol ;

Uang Rp 100,000 bertanya kepada Rp 2,000 ;
"Kenapa badan kamu begitu lusuh, kotor
dan berbau amis,,?"

Uang Rp 2,000 menjawab;
"Karena begitu aku keluar dari bank, aku dibawa ke tangan orang bawah dari kalangan buruh,
penjaja Kecil, penjual ikan, tukang parkir dan
di tangan Pengemis"

Lalu Uang Rp 2,000 bertanya balik kepada Uang Rp 100,000 ;
"Kenapa kau begitu baru, rapi dan masih bersih?"

Uang Rp 100,000 menjawab ;
"Karena begitu aku keluar dari bank,
terus disambut para perempuan cantik, laki laki berjas dan berdasi dan beredarnya pun
di restoran mahal, di kompleks perkantoran, di Pasar raya, mall bergengsi dan juga hotel berbintang, Serta keberadaanku
selalu dijaga dan jarang keluar dari dompet."

Lalu Uang Rp 2,000 bertanya lagi ;
"Pernahkah engkau berada di tempat ibadah,,?"
Uang Rp 100,000 menjawab ;
"Belum pernah"

Uang Rp 2,000 pun berkata lagi ;
"Ketahuilah walaupun aku hanya Uang Rp 2,000 tetapi aku selalu berada di seluruh tempat ibadah, dan di tangan Anak Yatim Piatu dan fakir miskin bahkan aku bersyukur kepada Tuhan semesta alam... Aku tidak dipandang Sebagai Sebuah nilai, tetapi Sebuah Manfaat...

Lantas menangislah Uang Rp 100,000
karena merasa besar,
karena merasa hebat,
karena merasa tinggi,
akan tetapi tidak begitu bermanfaat untuk
Kebaikan selama ini...

Semoga cerita ini dapat memberi pembelajaran dan Inspirasi Positif kepada kita semua..
Dan semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih bermnfaat buat sesama 😊🙏😇 Aamiin....


Send from my vivo smart phone

Sunday, January 6, 2019

Jagalah Diri dan Jangan Mencampuri Kehidupan Orang Lain

BY tyasjetra IN , No comments




SEKILAS TERDENGAR BIASA TAPI BISA BERBAHAYA.

1. Seorang teman bertanya : 'Berapa gajimu sebulan kerja di toko itu ?".
Ia menjawab : "1,5 juta rupiah".
"Cuma 1,5 juta rupiah? sedikit sekali ia menghargai keringatmu. Apa cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu ?".
Sejak saat itu temanmu jadi membenci pekerjaannya. lalu dia meminta kenaikan gaji pada pemilik toko, pemilik toko menolak dan mem PHK nya. Kini temanmu malah tidak berpenghasilan dan jadi pengangguran.

2. Saat arisan seorang ibu bertanya : "Rumahmu ini apa tidak terlalu sempit ? bukankah anak2 mu banyak ?".
Rumah yang tadinya terasa lapang sejak saat itu mulai dirasa sempit oleh penghuninya. Ketenangan pun hilang saat keluarga ini mulai terbelit hutang kala mencoba membeli rumah besar dengan cara kredit ke bank.

3. Saudara laki2nya bertanya saat kunjungan seminggu setelah adik perempuannya melahirkan : "Hadiah apa yang diberikan suamimu setelah engkau melahirkan ?"
"tidak ada" jawab adiknya pendek.
Saudara laki2 nya berkata lagi : "Masa sih, apa engkau tidak berharga disisinya ? aku bahkan sering memberi hadiah istriku walau tanpa alasan yang istimewa".
Siang itu, ketika suaminya lelah pulang dari kantor menemukan istrinya merajuk dirumah, keduanya lalu terlibat pertengkaran. Sebulan kemudian, antara suami istri ini terjadi perceraian.
Dari mana sumber masalahnya ?
Dari kalimat sederhana yang diucapkan saudara laki2 kepada adik perempuannya.

4. Seseorang bertanya pada kakek tua itu : "Berapa kali anakmu mengunjungimu dalam sebulan ?"
Si kakek menjawab : "Sebulan sekali".
Yang bertanya menimpali : "Wah keterlaluan sekali anak2mu itu. Diusia senjamu ini seharusnya mereka mengunjungimu lebih sering".
Hati si kakek menjadi sempit padahal tadinya ia amat rela terhadap anak2 nya. Ia jadi sering menangis dan ini memperburuk kesehatan dan kondisi badannya.

APA SEBENARNYA KEUNTUNGAN YANG DIDAPAT KETIKA BERTANYA SEPERTI PERTANYAAN2 DIATAS ITU ???

Jagalah diri dan jangan mencampuri kehidupan orang lain.
Jangan Mengecilkan dunia mereka. Menanamkan rasa tak rela pada yang mereka miliki. Mengkritisi penghasilan dan keluarga mereka dan lain2
Kita akan menjadi agen kerusakan di muka bumi dengan cara ini. Bila ada bom yang meledak cobalah introspeksi diri, bisa jadi kitalah sebenarnya yang menyalakan sumbunya..
Semoga bermanfaat....
#copas

Send from my vivo smart phone











Saturday, November 17, 2018

Tidak Perlu Kecewa

BY tyasjetra IN , , No comments




Tidak perlu lagi kecewa 
bila.. 
Kebaikan tidak terbalas 
Kita senyum di abaikan
Memberi salam tidak dijawab
Memberi nasehat dicibir 

Intinya tidak perlu gerutu, sebal bila ketidaknyamanan menghampiri kita.. 

Karena sudah tidak ada lagi KERAGUAN bahwa KEBAIKANMU UNTUKMU, KEBAIKANMU KEMULIAANMU
Janji Allah itu PASTI.. 

That's why...
Jangan mengharap balasan atau penghargaan dari orang lain atas setiap kebaikan yg kamu berikan
atau menghitung kebaikan yang sdh kamu berikan, RUGI..!! 
Dan itu hanya akan menghasilkan kekecewaan.. 

2 kerugian yaitu : dosa dan tidak dapat pahala.. 
Allah selalu memberikan yang terbaik kepada mereka yang menyerahkan diri, melakukan amal shalih hanya karenaNya

Jadilah pelopor buat diri sendiri dalam melakukan kebaikan lalu berikan kepada orang lain.. 
Karena kebaikan yang keluar dari diri kita, akan bermuara kebaikan pula yang kita terima, baik di dunia maupun di akhirat kelak.
Begitupun sebaliknya.

Tidak perlu RAGU lagi untuk menolong, bersedekah, memberi kasih sayang, menebarkan kebaikan dan yang terpenting : bersyukur pada Allah tanpa batas.. 

Lilah.. "Jika kalian berbuat Baik (berarti) kalian berbuat Baik untuk dirimu sendiri, Dan jika kalian berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri".. (QS. Al Isra : 7). 

#lessonsformyself
#mylessons
#malife
#explore

Beautiful post from @sarahvi_

Saturday, September 1, 2018

IBU YANG CANTIK

BY tyasjetra IN , , No comments


Suatu pagi, seorang anak gadis bertanya pada ibunya :

"Ma.. mama selalu terlihat cantik.. Aku ingin seperti Mama, tolong beritahu aku caranya, Ma.."

Dengan tatapan lembut dan senyum haru, sang Ibu menjawab :

÷ Untuk bibir yang menarik, ucapkanlah *perkataan yang baik..*

÷ Untuk pipi yang lesung, tebarkanlah *senyum ikhlas kepada siapa pun..*

÷ Untuk mata yang indah menawan, *lihatlah selalu kebaikan orang lain..*

÷ Untuk tubuh yang langsing, *sisihkanlah makanan untuk fakir miskin..*

÷ Untuk jemari tangan yang lentik menawan, *hitunglah kebajikan yang telah diperbuat orang kepadamu..*

÷ Untuk wajah putih bercahaya, *bersihkanlah kekotoran batinmu..*

Anakku..

÷ Janganlah sombong akan kecantikan fisik, karena itu akan pudar oleh waktu.. Dan ingatlah bahwa *kecantikan perilaku tidak akan pudar walau oleh kematian..*

÷ Biasakanlah untuk mengucapkan empat kata kepada siapapun dengan santun : *terima kasih, maaf, tolong dan permisi..*

÷ Jika kamu benar, maka kamu *tidak perlu marah..*

÷ Jika kamu salah, maka kamu *wajib minta maaf..*

÷ Kesabaran dengan keluarga adalah *kasih..*

÷ Kesabaran dengan orang lain adalah *hormat..*

÷ Kesabaran dengan diri sendiri adalah *keyakinan...*

÷ Kesabaran dengan Tuhan adalah *Iman..*

÷ Jangan terlalu mengingat masa lalu, karena hal itu akan membawa air mata..

÷ Jangan terlalu memikirkan masa depan, karena hal itu akan membawa ketakutan..

÷ Jalankan saat ini dengan senyuman, karena hal itu akan membawa keceriaan..

÷ Setiap ujian dalam hidup ini bisa membuat kamu pedih atau lebih baik..

÷ Setiap masalah yang timbul bisa menghancurkan atau menguatkanmu..

÷ Pilihan ada padamu, apakah kamu akan memilih menjadi korban atau pemenang..

÷ Carilah hati yang indah dan bukan wajah yang cantik..

÷ Hal-hal yang indah tidak selalu baik, tapi hal-hal yang baik akan selalu indah.."

Nasehat...
🍄 *untuk aku*
🌴 untuk kamu
💐 untuk kita semua

*Semoga bermanfaat..*

Sent from my iPhone

Tuesday, March 28, 2017

5 Hal Yang Bisa Membuat Anda Jadi Kurang Produktif

BY tyasjetra No comments

Lagi baca2 FB, ada artikel ini dr Rico Huang.. Kayanya nomer 1, 2, 4 nyangkut ke gue banget..
Sharing this, especially buat catatan diri sendiri.. Alhamdulillah kalau bisa bermanfaat buat yg lain..

*5 Hal Yang Bisa Membuat Anda Jadi Kurang Produktif*

Berbicara soal produktifitas, banyak orang yang ingin lebih produktif baik dalam hidup atapun bisnis.

Karena kita juga tahu, semakin produktif, maka kita bisa menghasilkan lebih banyak. Namun sering kali ada banyak hal - hal kecil yang tanpa kita sadari membuat diri kita jadi kurang produktif. Simak baik - baik

1. Mengerjakan semua hal sekaligus

Orang dengan tipe ini banyak banget. Ia tidak percaya dengan orang lain, menganggap orang lain tidak lebih hebat darinya sehingga suka mengerjakan semuanya sekaligus

Hal ini juga terjadi pada orang yang dengan multi profesi maka hasilnya juga tidak maksimal. Sudah kerja, kuliah, ngurus anak, bisnis, ngajar les pula. Waduh... akhirnya malah ga produktif dan semuanya serba tidak maksimal. Memang ini pilihan antara fokus & bagaimana kita bisa mendelegasikan tugas masing - masing.

2. Tidak membangun tim bisnis

Lebih tepatnya, ini ciri - ciri seorang Superman. Orang yang tidak membangun tim, secara tidak sadar mereka tidak ingin bisnisnya besar dan gitu - gitu aja. Karena rata - rata orang yang tidak membangun tim, mereka tidak punya keberanian.

Sehingga membuat mereka terus tidak produktif dan sibuk luar biasa. Hati - hati :D

Saya sudah sempat bahas, bagaimana cara membangun tim bisnis online yang benar di pasukanalona.com/ara

3. Menyepelekan Persiapan

Kebiasaan mengerjakan PR Sistem Kebut Semalam, sudah tidak berlaku lagi ketika Anda berbisnis. Memang ada sih sebagian orang yang bisa sukses tanpa persiapan, tapi untuk skala bisnis yang sudah ratusan / milyaran omsetnya perbulan, persiapan adalah kunci utama.

Baik siap dalam memasarkan produk, siap dalam belajar, siap dalam menghadapi masalah, semua harus step by step dilakukan. Sekali ada yang bermasalah, Anda harus mencari solusinya.

Nah bayangin, Anda males mikir & tidak ada persiapan, ada berapa masalah yang membuat Anda jadi tidak produktif?

4. Stress Akut Karna Tidak Delegasi Tugas

Fase ini adalah fase lanjutan dari nomor 1 & 2. Mereka yang sudah sibuk akhirnya akan menjadi oveload. Overload membuat orang cape hati, ada masalah sedikit langsung sensitif, ujung - ujunynya produktifitas menurun.

Otomatis, kalau semua yang dikerjakan malah jadi tidak baik secara tidak sadar akan mempengaruhi kehidupan keluarga & diri Anda.

5. Lupa mandi pakai sabun, piknik kurang jauh, lupa sama orang tua, lupa sama Tuhan

Ini ga usah dijelasin lagi, pasti semuanya udah paham. Soal sabun saya lifebuoy, Anda bebas pake apa aja deh... piknik yang deket - deket aja, sama orang tua & Tuhan itu kewajiban

Saya jamin, jika 5 hal ini diterapkan, Anda bisa jauh lebih produktif dari sekarang

Share ya !

Sent from my iPhone

https://m.facebook.com/photo.php?fbid=10206491537567424&id=1839481491&set=gm.598603410345960&source=48