Tuesday, October 7, 2008

Cerita mudik lebaran ku..

BY tyas indree IN , 38 comments

Akhirnya aku udah sampe di Jakarta lagi, setelah seminggu full berlebaran sama keluarga n sodara2 di jokja n sekitarnya..

H-1, aku udah sampe di Jokja, flight jam 6 pagi, jadi hari itu aku masih sempet bantu2in mamah bersibuk2 ria di dapur. Mamah n aku sama2 sibuk, mamah sibuk masak, aku sibuk ngicipin n nyomot2 masakan mamah. Udah tradisi begitu. Soalnya kalo aku ikutan masak, jangan ditanya deh, dapur bakal fully berantakan n hasil masakannya pun selera negri antah berantah. Mending sibuk sebagai food tester aja..

Lebaran pertama, kita sekeluarga sholat Ied di lapangan Monumen Jogja Kembali. Pulangnya langsung saling sungkeman di rumah. Di momen sungkeman ini, aku berhasil ngomong sayang sama mamah, tapi suaraku pelaaan sekali. Mamahku denger nggak ya? Kayanya nggak denger deh, wong mamah nggak jawab apa2 tuh?? Mau ngulangin lagi, tenggorokan udah keburu sakit, mata udah panas. Nggak jadi ngulang deh, gagal maning.. gagal maning..

Jam 11, kita semua berangkat ke rumah sodaraku di Muntilan. Taun ini giliran dia 'ketempatan' halal bihalalnya IKBP (Ikatan Keluarga Besar Partodidjojo). Dari pasangan mendiang Mbah Kakung n Mbah Putri Partodidjojo ini, anak-cucu-cicit-dst, kalo kumpul bisa lebih dari 100 orang. Tapi hari itu yang kumpul kayanya gak sampe seratus, cuma mendekati lah. Karena sodara2 yg di Jakarta n di kota2 lain banyak yg berhalangan hadir.

Photobucket

Photobucket

Pulang, udah sore menjelang malem. Rencana mau ke rumah Pakdeku yg siang tadi gak bisa hadir krn kurang sehat, diundur jadi besok, kita udah pada teleeer.

H+2, mamah dapet telpon dr anaknya Pakde yg kemarin batal kita datengin rumahnya. Katanya Pakde tadi pagi jatuh, trus jadi lemes, n ngomongnya mendadak jadi cadel. Duuuh, kacian banget sih, itu kan gejala stroke ya, kalo sampe cadel gitu. Kita langsung berangkat kesana, n sampe sana langsung kita bawa ke rumah sakit. Pakde diopname, n kemarin dikabarin udah boleh pulang rawat jalan. Syukur deh. Seneng rasanya bisa mbantu sodara yang membutuhkan. Pulang dari rumah sakit di Muntilan, kita pulang sebentar ke rumah n lanjut lagi sowan ke rumah Bude, kakaknya almarhum Bapak, di daerah Ngasem, Jogja. Hehe, makan ketupat lagi..

H+3, pagi jam 10 aku naik bis Joglosemar (Jogja Solo Semarang) ke Semarang. Ada reuni kecil2an SMA 3 Semarang, khusus angkatanku aja. Lalu lintas masih padat. Aku baru sampe di e plaza jam 2. Seruuuuu... Udah kira2 18 taun gak ketemu. Ada yg udah ubanan, ada yang tadinya cungkring jadi enduth, ada yg sebaliknya, macem2 deh! Kita jadi kayak harus kenalan ulang lagi. Ber haha-hihi sampe jam 5 lewat, akhirnya bubaran.

Photobucket

Photobucket

Aku udah pesen tiket bis Joglosemar balik Jogja jam 7. Masih ada waktu sekitar 1 jam lebih. Ngapain ya? Temen ngeblog yg di Semarang yg aku tau cuma duoku Susan n Gus. Aku hubungi jeng Susan, tapi dianya lagi nggak bisa diculik. Akhirnya aku berhasil menculik paksa Gus. Hehe, seneng aku bisa maksa dia nemenin aku berjam2. Kok berjam2? Soalnya bis yg jadwalnya berangkat jam 7 malem, akhirnya baru bisa diberangkatkan jam 10 malem, karena macet. Thanks ya, Gus, udah mau nemenin mbakmu ini ngobrol ngalor ngidul ra karuan.. (Mungkin dalam hatinya dia sebel n terpaksa, tapi gakpapa lah, kan masih lebaran, maaf lahir batin yaa..)

Hari2 selanjutnya cuma diisi senang2 sama mamah, adek2 n keponakan2ku.. Syawalan sama karyawan2 di pabriknya mertuanya adekku, trus beli kerajinan2 tas, accessories deelel.. Main remi sama mamah n adek2 sampe subuh.. Karaokean sama temenku Riska, yg juga anak kostku, yg kemaren tgl 3 Oktober ultah.. Pokoknya bersenang2 deh..

Hari ini, Selasa 7 Oktober, aku balik ke Jakarta, flight jam 7.25 pagi. Aku ulangi lagi ngomong sayang ke mamah, pas mamah nganter ke bandara. Mudah2an kali ini mamah denger, walopun aku ngomongnya juga pelan banget. Heran ya, gak bisa kenceng suaraku..
Kebanyakan bawa oleh2 n kerajinan buat ngisi rumah nih, baggage ku excess banyak banget. Padahal di Air Asia, excess baggagenya di charge 20 ribu per kilonya. Ogah banget kalo harus bayar lagi ratusan ribu. Akhirnya aku bawa 1 tas gede ke cabin. Ngangkutnya itu bo, sampe miring2 jalanku keberatan. Seandainya ada porter begitu kita turun pesawat, enak banget ya..

Begitu sampe rumah, tebak yg pertama aku lakuin apa?? Nyalain kompi dooong... Blogwalking deh, melampiaskan kerinduan ngenet yg tertahankan selama 7 hari di Jogja. Oya, sebelum buka kompi tadi, aku nimbang beratku. Naik 3 kilo dalam seminggu? Gile beneeer...

Udah yaa, udah panjang tuh cerita lebaranku.. Sekarang mo main2 sama Lolita dulu, kangen..

38 comments:

  1. wah mbak..cerita seru gini koq ga ada yg kasih komen ya..gimana sih...hehe.
    emang kenapa mbak..koq kayaknya susah banget bilang sayang sama mamahnya..
    kalo susah, gimana kalo gini..
    biar aku yg ngomong sayang-nya sama mamah mbak, trus mbak ngomong sayang sama aku..huahaahahahah..just kidding...just kidding (baca kiddingnya, pas di huruf 'd' harus ikutin lidah orang jogja baca 'd'..wayooooo).
    ok deh...have a nice day or night..c u..

    ReplyDelete
  2. weheiii...kayaknya capek beneeeer tuh acara lebarannya ;)

    ReplyDelete
  3. waa,,

    hepi lebaran nii yya(^_^)

    minal aidzin.

    ReplyDelete
  4. wah ..seru nihhh ...kapan ya, abang bisa mudik pas lebaran hiks ...

    ReplyDelete
  5. welcome back mbak tyas, jagad blogger jadi sepi ga ada mbak tyas, hehehe
    seru juga yah lebarannya, mudah2n si mamah denger mbak Tyas ngucapin sayang.

    ReplyDelete
  6. Wah turut bahagia baca untaian potret lebarannya Mba' Tyas,beneran krasa yach..hari istimewanya...pasti Mba' Tyas putri kesayangan Mamah lha wong didapur aja cuma jadi testernya dhoank jeh.
    Menikmati fotonya,trus kok jadi pangling lha yg Mba' Tyas yg mana yak?diantara Mamah tu kaya'nya kembar dech cuma beda baju ma model rambutnya aja...
    Mulai diet lagi dhonk sekarang hihi..
    Lolita pa kabar ya Mba' dah berapa kilo..masih kut nggendhong ta...
    Makasih oleh-oleh cerita seru ini...sangat berkesan...mmuaaach..

    ReplyDelete
  7. seruw..seruw..heran y, meski dah tau capek bgt, tp momen mudik lebrn selalu ditunggu2..met lebaran mba..

    ReplyDelete
  8. uuuhhhmmm.... liburan yang menyenangkan ya Neng? ;)

    Turut sedih atas musibah yang menimpa Pakde, semoga cepat sembuh yack.

    Makasih bakpia jogjanya. hehehehe...

    ReplyDelete
  9. Welcome back to bloggin' world. Hehe...

    ReplyDelete
  10. wah... seru banget ceritanya ... kalo aku gak seru ceritanya :(

    ReplyDelete
  11. akhirnya bisa ngomong sayang juga fiuh syukurlah:)
    mbak koq nghubungin wen aja to, wen ada tu drumah hehehe;p btw lotek jogjanya dbawain gak??!

    ReplyDelete
  12. lebaran kemaren nampak nya seru...
    met lebaran..

    ReplyDelete
  13. huhuhu... kakekku malah masuk RS tanggal 3.
    trus besoknya difonis kanker sm dokter, udh stadium 4 pula.
    eh, akhirnya tanggal 6 kakekku meninggal... :(
    sedih lah lebaran ini...

    ReplyDelete
  14. Laporan mudiknya luengkap banget..he..he yg kurang lengkap kaeknya fotonya Ning, kurang banyak..

    ReplyDelete
  15. We lha mbak, sampeyan mudiknya ke Jogja to?? tau gitu tak ampirke..saya kan juga Jogja, cuma sekarang lagi kuliah di Solo aja...
    Btw minal aidin wal faizin ya mbak, mohon dimaapkan segala kesalahan...

    ReplyDelete
  16. Wah, ternyata pulkamnya ke Jogja ya... Wah, blom kesampean juga tuh ngomong sayangnya ke ibunda? Moga2 aja dia denger waktu itu biarpun ngomongnya pelan yaa...
    BTW dari kantor foto2 gak bisa keliatan neh... kudu buka dari rumah kali

    ReplyDelete
  17. weh, asyik nih bisa mudik...ketemu keluarga..kasihan deh saya yang nggak bisa pulkam hik hik hik..

    ReplyDelete
  18. seru jg lebarannya...mohon maap lahir batin ya tyas

    ReplyDelete
  19. kalau saya mudik ke solo. tapi acaranya cuma makan tidur. pulang BB tambah sekilo, mayan..!

    ReplyDelete
  20. seru ya lebarannya...

    sampe ceritanya lengkap dan terperinci ya...

    selamat ya...

    ...have fun

    ReplyDelete
  21. hehehe...penculikan kok ngaku. btw, untung aku ganti bisa nyulik org lain untuk nemani...

    ReplyDelete
  22. weh asik tuh kopdar ma kang gus, mbak foto sing nang sawah klambi putih kuwi sopo kenalin dunk, sekalian salam gitu dari aku
    huahahahahhaha

    ReplyDelete
  23. Mohon maaf lahir dan batin ya djeng.... Waah mudik Yogya ternyata, daku juga kangen ke sana. Seru kayaknya cerita lebarannya, sampai kopdar segala he..he..

    ReplyDelete
  24. Hmm..., tampilan blognya cantik euy, seperti orangnya.

    ReplyDelete
  25. duhhh yang abis mudik.... jadi kangen makan gudeg lesehan nih...gimana kabarnya malioboro? masih rame kah??
    lha ortu ku juga maren mudik ke Semarang tuh, hihihi... aku sih gak ikut soalnya gantian jaga rumah :D

    ReplyDelete
  26. Makan gudeg truz ya di Jogja mbak jadi beratnya naek,lebaran nya jalan2 terus tu ya

    ReplyDelete
  27. ke muntilan ya,..aku kan alumni SMP 1 Muntilaan,...

    ReplyDelete
  28. Wuih, asyik yah yg bisa lebaran bareng keluarga. Saya lebaran sendiri di kos. Untungnya hari kedua langsung melesat ke t4 yayang, kalo gak pasti bakalan merana sekali. :D

    ReplyDelete
  29. huhuhuh foto2nya bikin bunda ngiri..pengennnnn

    ReplyDelete
  30. Wah...seru ya acara lebarannya..jadi pangling nich..foto Mba' Tyas yg mana ya kanan kiri Mamah kembar sih beda baju ma model rambut dhoank...

    ReplyDelete
  31. kebayang hebohnya saat reUni ma kawan lama pasti Mba' Tyas yg paling kliat awet ayu..
    Smoga Pa'de lekas sembuk yach..
    maaf baru nembus nich.. padahal dah dipentingin..masih capek Mba' Tyas langsung BW .
    Senang menikmati cerita lebarannya..

    ReplyDelete
  32. wah... seru..rame mudiknya ya... wah.. coba gw ikut nimbrum waktu jepret2an.. pasti bisa bikin keren suasana photonya... jadi ada orang gantengnya gitu loh.... wekekek..wakakakak.. hi..hi...

    ReplyDelete
  33. jd inget lebaranku taun lalu di jogja.. lbh rame coz bisa silaturahmi sm kel besar di sana, ikut trah.. kangen eyang di jogja juga nie..jangan2 rumah kita di jogja deket ya mba..

    ReplyDelete
  34. maaf lahir batin mbak...
    enaknya bisa berkumpul lebaran...
    rameh ya...

    ReplyDelete
  35. asik banget sih bisa berkangen2 ria ama sodara2...aku dah lama gak lebaran di indo, 6 kali lebaran deh..

    ReplyDelete
  36. sukur deh kalo jeng tyas ud sempet ngucpain sayang ke mamanya... biar pun pelan tapi mamanya pasti denger dehh... hehehe

    btw, jadi selama seminggu si lolita siapa yang ngurus, jeng? lolita pasti merindukan dirimyu dong yah... hehehe

    ReplyDelete
  37. wuih, 18 taon jadi pangling gitu yak? ampe kenalan ulang wkwkwkw..
    wah gimana ntar klo cumie ya mbak.. hmm bisa gitu jg kali ya ma temen2 smu hihihi..

    ReplyDelete
  38. mohon maaf lahir dan batin yah mbakeeeee...

    maap sering ngericuh...ihikzz..ihikzz..

    ReplyDelete

i hate spammers....