Thursday, March 18, 2010

Hanya Satu Cinta, Cukupkah?

BY tyas indree IN , 110 comments

Kalau mau jujur, semua perempuan yang sudah berpasangan pasti pernah menyimpan rasa suka pada pria lain. Begitu pula halnya dengan kekasih Anda, yang diam-diam pernah "memendam rasa" dengan perempuan lain. Sebenarnya, bisakah kita membagi cinta untuk banyak orang dalam waktu bersamaan?

Suntikan Semangat Baru

Ini bukan lagi cerita baru. Pada saat sudah tidak lagi menyandang status available, tiba-tiba muncul pria idaman lain di depan mata. Mau ditanggapi, takut salah. Mau pura-pura cuek, kok ya susah. Apalagi bila pria tersebut juga menunjukkan atensi serupa pada kita. Padahal, hubungan dengan kekasih juga sedang mesra-mesranya. Harus bagaimana, dong?

Tak perlu pusing. Menurut Dr. Yvonne Kristin Fulbright, pakar hubungan, selama janur kuning belum melengkung, Anda masih bebas mencari alternatif pendamping. Pacaran memang momen untuk menentukan pilihan terbaik, bukan? Bukan hanya kita yang belum menikah, mereka yang sudah pernah menghadap penghulu pun terkadang masih punya kesempatan untuk mendapatkan pendamping yang lebih baik.

"Serangan" cinta di saat kita sudah memiliki pasangan ini biasanya terjadi apabila kita menemukan sisi positif yang disukai pada diri pria baru tersebut, yang tidak dimiliki oleh pasangan kita. Misal, Anda menyukai "cem-ceman" baru ini karena dia bisa membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Sangat berbeda dari pasangan Anda yang cenderung pendiam.

Atau, semata-mata karena pria idaman baru ini bisa membuat Anda mencicipi kembali indahnya perasaan jatuh cinta. Soalnya, hubungan asmara yang telah berlangsung lama biasanya sudah tak lagi menyisakan "getar-getar" di dalam hati. Anda tidak lagi deg-degan setiap kali menatap mata kekasih. Itu sebabnya, merasakan kembali "kembang api" setiap kali mencuri pandang ke arah pria baru itu membuat Anda seperti mendapat suntikan semangat baru.

Ada Berbagai Jenis Cinta
Anda sudah memutuskan untuk menerima perhatian dari pria baru tersebut, tapi masih ragu akan kemampuan mencintai dua orang dalam waktu bersamaan? Kata Dr. Helen Fisher, seorang antropolog yang menulis buku Why We Love?, sebenarnya setiap orang punya kemampuan untuk membagi hatinya kepada lebih dari satu orang. Itu yang disebut dengan istilah "polyamory".

Polyamory adalah praktek memiliki lebih dari satu hubungan cinta dalam waktu bersamaan. "Open marriage", "open relationship", dan sejenisnya merupakan hubungan berbasis polyamory. Bukan hanya terkait daya tarik fisik, hubungan polyamory juga melibatkan cinta, keintiman, persahabatan, perasaan sayang, libido, romantisme, dan sebagainya. Sama seperti hubungan "normal".

Menurut Dr. Fisher, pada dasarnya, dorongan manusia untuk mencari pasangan didasari oleh tiga kebutuhan, yaitu nafsu birahi, cinta romantis, dan kedekatan hubungan (attachment). Nah, tiga sirkuit otak yang mengatur ketiga hal ini tidak selalu berjalan kompak. Bisa saja ada satu orang menjadi "sasaran bersama". Tapi, mungkin pula ketiga sirkuit otak tersebut menemukan "sasaran" yang berbeda. "Jadi, berdasarkan tinjauan ilmu saraf, sebenarnya manusia bisa mencintai lebih dari satu orang secara bersamaan," kata Dr. Fisher.

Mungkin saja ada yang menilai bahwa perasaan cinta yang terlibat dalam hal ini adalah cinta yang tidak matang, hanya sebatas kulit luar. Tapi, jangan lupa, bahwa bangsa Yunani kuno pernah menyatakan bahwa di dunia ini ada beberapa macam cinta; Eros -cinta erotik yang melibatkan fisik dan emosi, Agape -cinta yang mendahulukan kepentingan salah satu pihak demi pihak lain, Storge -cinta sebagai sahabat dan pendamping, Mania -cinta yang tergantung cenderung obsesif, dan sebagainya.

Sumber: kompas.com

110 comments:

  1. Hwaaa...pas banget ma suasana hatiku saat ini mbakeeeee...hickz...ijin me-link di pesbukku ya mbake...nama mbake disebut kok...pareeengggg

    ReplyDelete
  2. selamat pagi....sudah lama rasanya aku gag pernah kemari mba, kangen juga ama si pinky nih

    ReplyDelete
  3. @else: waduuuh.... else mulai mendua dan mentiga yaaaa....?? hehe, oke, monggo di link aja jeeng...
    @harry: iyaa.. yg punya jg kangen sama si pinky.... jarang di update.. ;D

    ReplyDelete
  4. blogwalking dari bali ...salam kenal aja ...

    kalau akun sih bila si ceweknya setia kenapa nggak? cukup dah satu cinta

    ReplyDelete
  5. Modal untuk menjalin suatu hubungan :Sayang, Cinta,Jujur,Setia,Pengertian,Kepercayaan...itu aja cukup ko,,,baru buat komitmen klo modalnya udah kuat...hehehe

    ReplyDelete
  6. Kalau aku post status di FB
    Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, kecuali sudah pasti jadi pasanganku..

    Hehehe..

    ReplyDelete
  7. Wow....Nice Artikel...Fakta yg banyak terjadi memang demikian. maklum tuntuan Jaman yg sdh mulai membingungkan. TOP deh artikel nya

    ReplyDelete
  8. klo cinta terhadap pasangan ya harus satu lah...
    wkwkkwkwk... sok setia deh gw

    ReplyDelete
  9. wow.. ada blogger cewe yang keren.. salam kenal,
    lagi jatuh cinta kah??

    ReplyDelete
  10. bosen pasti lah, klo lagi bosen maen bola aja lagi, bosen kan cuma sebentar.

    ReplyDelete
  11. blogwalking dari sulawesi ...salam kenal aja ...

    kalau aku sih bila si ceweknya setia kenapa nggak? satu aja udah cukup

    ReplyDelete
  12. hii.. mba'
    salam kenal aja dari anak sulawesi

    ReplyDelete
  13. nais info lah..
    salam kenal juga..
    hehehe...

    ReplyDelete
  14. Saya bukan orang yang suka selingkuh

    ReplyDelete
  15. nice artikel... ada benernya juga sih... kadang banyak orang yang masih menyimpan rasa dengan orang dari masa lalu atau orang baru yang lebih baik.
    tapi saya saya sendiri bukan tipe orang yg mendua apalagi mentiga loh... hehe

    ReplyDelete
  16. setuju jg c...
    tapi sebenarnya cinta tidak terbatas pada perkawinan saja...tapi pada komitmen..

    ReplyDelete
  17. permisi mau numpang baca2...makasih

    ReplyDelete
  18. Postingan yang menarik...inspiratif banget...

    ReplyDelete
  19. Nice post sob…
    Keep blogging…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya sob… :D

    ReplyDelete
  20. waduh mbak,,, ini gak nyangka pengalaman dan teory tentang cinta sudah kelas doktor kali... bisa2 sekelas profesor cinta kayaknya

    mbak.. gak mo ngajarin aku ta..mbak. nih aku lagi jomblo gak ada cewek yang nyantol ama aku.

    mungkin mabk bisa beri sedikit teori dan tips2nya hehehe
    salam
    http://panduanbelajarbisnis.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. Well i am in deep sorrow, can you plz help me:(

    ReplyDelete
  22. wah kak, mantap bener ni artikel, cocok ma yg tmn gw rasain
    ^^

    ReplyDelete
  23. Wah ini cocok buat yang lagi berbunga-bunga

    ReplyDelete
  24. emhh...jalan aja mbak.....

    kayaknya kok dah pernah tahu poto nya yaa???

    ReplyDelete
  25. wuahhh ... lama ga bekunjung ke blog mbak tyas eh nemu artikel menarik ... klo blm merit lebih bole lagi donk ?? hhehe

    ReplyDelete
  26. wow ternyata manusia mencintai lebih dari satu orang secara bersamaan.....:)

    ReplyDelete
  27. I really enjoy reading interesting information in the url site is very very good, im ur agree with the post, bay street
    can we link x-change? tell me

    ReplyDelete
  28. ya setuju : "klo cinta terhadap pasangan ya harus satu lah".... bte...photonya asli yah...cuantik tenant....salam kenal yah

    ReplyDelete
  29. betul kata pakarnya. selama belum menikah, kita pantas mencari yang terbaik. makanya saya sarankan sekali pacaran langsung 4-5 wanita/pria saja.


    oke. di atas cuman becanda kok. jangan ditimpuk yah. hahah..

    salam kenal

    ReplyDelete
  30. salam kenal.. kunjungan perdana

    ReplyDelete
  31. I consider this cheating as well!

    :)

    ReplyDelete
  32. Salam blogger..
    wah lagi jatuh cinta ni ceritanya????

    ReplyDelete
  33. cinta cinta, yang satu ini memang sulit sekali di tebak..
    btw salam kenal yah, sahabat baru nih..:)

    ReplyDelete
  34. cukup lah, satu cinta namun sangat setia dan berarti :)

    ReplyDelete
  35. Kalo saya tipenya apa ya mba? skrng saya udh meried 9th, saya setia sm istri saya, tapi saya selalu ingat sama pacar pertama saya.... wew

    ReplyDelete
  36. numpang links yach,,,,,,,,,, links anda sudah kita pasang di http://bangbom.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. yg paling utama saya rasa cinta dari TUHAN

    ReplyDelete
  38. emang jadi dilema,tapi asalkan dah tulus dan mau terima apa ada nya pasangan kita ga ada masalah

    ReplyDelete
  39. saya gak bs blg mana yang benar dan mana yang salah.
    Memang tujuan pacaran itu untuk mencari mana yang terbaik buat kita, tp perlu kita sadari bahwa manusia itu tak pernah puas, dan manusia gak ada yg sempurna. Jadi ketika kita menjalin suatu hubungan, hampir dapat dipastikan bahwa BANYAK orang lain yang lebih baik dalam segala hal dari pasangan kita. Apakah ini berarti kita harus trus mengganti pasangan yang lebih baik? Well, ini semua adalah pilihan. Setiap pertemuan adalah kesempatan. tapi cinta adalah pilihan.

    Untuk saya, daripada berusaha mencari pasangan yang sempurna, lebih mudah untuk belajar mencintai pasangan saya yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna. :)

    ReplyDelete
  40. Cukup satu cinta, satu hati dan jgn pernah menyakiti, jika ingin cinta itu abadi.

    ReplyDelete
  41. Namanya juga manusia yang memiliki nafsu dan akal...jika nafsu yang lebih besar dan mengalahkan akal..maka satu tidak akan cukup..untuk itulah gunanya akal agar bisa menjadi filter bagi nafsu...

    but this is...good posting...

    ReplyDelete
  42. he.. he.. postingan menarik, jadi dilemma juga ya kalu dalam kondisi demikian. yup ... setuja mba selama janur kuning belum melengkung:)

    ReplyDelete
  43. apakah yang namanya kesetiaan adalah sesuatu yang mahal dan nggak mungkin ?

    ReplyDelete
  44. Sudah menjadi kebutuhan tiap manusia untuk dicintai dan disayangi. itulah sebabnya setiap ada orang lain yg bisa memberikan kebutuhan tsb padanya...maka ia akan memberikan perhatian lebih terhadap orang lain tsb

    ReplyDelete
  45. bagaimana kalau cinta muncul tatkala janurkuning sudah melingkar?

    ReplyDelete
  46. Bener juga ya, selama janur kuning belum melengkung, semua bebas memiliki alternatif pendamping,.heheh, tapi kalo udah nikah, jangan macem-macem deh..hehehe

    ReplyDelete
  47. gak rugi bisa mampir di blog ini,,,terima kasih...dan sebagai sarana silaturahim, saya sudah pasang link blog ini di blogroll "sahabat-sahabat terbaikku" di sidebar kiri blog saya...tukeran link ya,untuk persahabatan...semangat selalu

    ReplyDelete
  48. mbak slam knl y
    serunjuga artikel nya
    saya aja ngebcanya sampai gx bisa di ganggu lagi
    hahahaaaa,,,
    kbetulan lagi falling in love ni
    haha

    ReplyDelete
  49. we menyayat hati keren bgt, mai ya di blog wa

    ReplyDelete
  50. wahh.. kerenn abiss artikelnya. Pengalaman keknya nih yah falling in love ma pria lain heheh

    ReplyDelete
  51. mantab sangat bermanfaat, i like!!!

    ReplyDelete
  52. dateng lagi ni...he he...sebenarnya perkara cinta sudah menjadi misteri..tapi menurut saya ada 3 cinta :
    1. Cinta Setan
    ia cinta tapi di bubuhi dengan saling berpegangan,berduaan, bermesraan, dan begituan.,,taulah he he he
    2. Cinta jin
    Ini ketika salah satu pasangan tidak suka, misal cewek gak suka, langsung pake ilmu pelet...CINTA JIN DEH.
    3. CINTA KERENA ALLAH
    inilah cinta sebenarnya...ketika jatuh cinta...ayo buruan lamar, jika belum mampu...PUASA DONG...mampir ya...udah dipasang ni link blog saya..? hayoo

    ReplyDelete
  53. jujur ja c intinya???
    semuanya beres

    ReplyDelete
  54. hihihihihihihi...... keren dah..

    ReplyDelete
  55. cinta cukup satu, tapi simpanan/selingkuhan di mana mana ha ha ha

    ReplyDelete
  56. selingkuh itu sangat menyenangkan..he..he..he

    ReplyDelete
  57. selingkuh itu sangat menyenangkan..he..he..he

    ReplyDelete
  58. selingkuh itu sangat menyenangkan..he..he..he

    ReplyDelete
  59. selingkuh itu nikmat..
    wuaaaaaah.... hihihihi :)

    ReplyDelete
  60. tidak ada kata selingkuh dalam hidup itu, setia kepada masing-masing pasangan itu lebih indah dari pada kita selingkuh....

    jaga cinta anda dengan pasangan anda..

    ReplyDelete
  61. keren banget nih blognya...
    blog tentang cinta ya,,,heheh
    jadi pengen buat blog kayak gini juga nih...

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  62. kejujuran dan kesetiaan terhadap pasangan cinta,,itu adalah jalan menuju ke kebahagiaan yang abadi...jaga cinta anda ke pasangan anda sebagaimana anda menjaga cinta anda terhadap ibu anda.

    salam kenal...

    ReplyDelete
  63. klo gw sih, satu atau tidak sama skali.......
    visit my blog at ente's website

    ReplyDelete
  64. wah.. kalo sudah berbicara tentang cinta.. saya nyerah deh :) he.. he....

    Kangtatang

    ReplyDelete
  65. Saya rasa satu cinta sudah cukup, walaupun tertarik pada banyak orang.

    ReplyDelete
  66. Cinta kadang membuat buta hehe...

    ReplyDelete
  67. Cinta terbesar dan cinta hakiki bagi orang yang beriman ialah cinta kepada Allah...Sehingga cinta kepada Allah-lah yang seharusnya menjadi motivator terbesar dan tidak terbatas...

    ReplyDelete
  68. Kalau di bilang cukup sih cukup ga cukup hehe...

    ReplyDelete
  69. wah klo manusia mah ngga ada puasnya..

    tapi klo saya sih 1 aja uda cukup..

    asal bisa saling mengerti dan saling percaya..

    ReplyDelete
  70. kalau menurut saya, tidak boleh menunjukkan perasaan suka (walaupun suka) jika sudah punya pasangan (walaupun hanya pacar sekalipun). Pacaran juga adalah saat yang tepat untuk menguji komitmen sebelum pernikahan.

    kalo belum menikah ajah udah berpikiran aneh-aneh, gimana jadinya kalo nanti pas sudah menikah dan kondisi pernikahan sedang dalam kondisi tidak baik?

    ReplyDelete
  71. Bacaan yang menarik..!!! di tunggu tulisan2 lainnya mbakyu..lam kenal..!!!

    ReplyDelete
  72. Permisi...Ijin untuk blogwalking dan numpang baca artikelnya ya.

    ReplyDelete
  73. Kalau bisa sih cukup satu hati untuk bermuaranya hati kita dan berlabuhnya ketulusan hati kita.

    ReplyDelete
  74. Sebelumnya saya minta maaf, satu pasangan tak cukup...Wkwkwk

    ReplyDelete
  75. InsyaAllah....
    Cukup atuch.
    Ga perlu banyak2 karena hati kita cuma satu, bukan 2, 3, atau lebih.
    :)

    ReplyDelete
  76. jangan sampe gitu lah,kasian pasangan kita...hehehe

    ReplyDelete
  77. cukup saja, kan saya setia orangnya..

    ReplyDelete
  78. Aku masih percaya sm 1 cinta aja.

    belajar backlink

    ReplyDelete
  79. Emank pada ngerti po artinya cinta? hehehe la aku malah gak donk neh.... ckckck

    Salam kenal buat semuanya....

    ReplyDelete
  80. beginilah cinta deritanya tiada pernah berakhir ...
    hehehehehehe

    salam kenal ....

    ReplyDelete
  81. namanya manusia gak pernah merasa cukup !!!
    but, tergantung............

    ReplyDelete
  82. gak cukup . soalnya kita butuh banyak cinta .>

    ReplyDelete
  83. kebanyakan cinta entar jadinya pusing sendiri...

    ReplyDelete
  84. sebuah cinta akan mendewasakan aku dan akan mematikan aku juga

    ReplyDelete
  85. Wah..wah... Ini toh yang menyebabkan maraknya perselingkuhan? hehehe...
    Jadi nggak salah ya kalo kita punya cinta lebbih dari 1? Asiiiik...! wkwkwkwk

    ReplyDelete
  86. satu cinta mah cukup, kalau lebih itu sama dengan cinta segitiga,dan bisa berabe salam kenal dari
    raffive....
    caring guide for kids

    ReplyDelete
  87. satu cinta sudah cukup kalo itu adalah cinta yang kita pilih ..

    hehehe..

    ReplyDelete
  88. this is very greatful and informatic helpful Can I quote a post in your blog with the link to you? i want to book mark it.

    Thanks
    aleix
    http://www.indiatravelstours.com/
    india tour tavel,rajasthan tour in india, kings lodge resort bangvargarth

    ReplyDelete
  89. aku ingin bahagia bersama "dia"
    tak ingin menduakan ^^

    ReplyDelete
  90. wah perasaan sayang atau rasa sayang (disayangi), mencintai dan dicintai sepertinya selalu "grey area"...baca blog jadi inget lagu madu tiga-nya ahmad dhani..hehe ^_^

    -faith

    ReplyDelete
  91. aku ingin selalu bahagia
    baik dalam suka maupun duka

    ReplyDelete
  92. saya menurut kalau , suka perasaan tidak boleh menunjukkan ( walaupun suka ) Jika pasangan punya Sudah ( walaupun Hanya Pacar sekalipun ). Pacaran saat Adalah juga tepat yang untuk menguji pernikahan sebelum komitmen .

    ReplyDelete
  93. bener tuh aku pun pernah mengalaminya..hehe

    ReplyDelete
  94. yang pasti bagi saya gak akan cukup 1 cinta, karena kita butuh banyak cinta:
    * cinta pada sang kholiq
    * cinta pada sang utusan
    * cinta pada ortu
    * cinta pada pasangan
    * cinta pada.................
    nah silahkan teruskan sendiri.

    karena Allah adalah dzat yang Maha Mencintai.

    ReplyDelete
  95. saya setuju sama atas saya :D

    ReplyDelete

i hate spammers....