Saturday, September 12, 2009

Agar THR Tidak Asal Lewat

BY tyas indree IN , 61 comments

Wah, tidak terasa sudah beberapa minggu Anda menjalani puasa. Tidak lama lagi Anda, para karyawan akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke-13. Biasanya THR akan Anda terima 2 minggu sebelum hari raya. Anda sudah merencanakan akan mempergunakan untuk apa saja THR Anda itu?

Apakah Anda ingin membeli ponsel baru atau BlackBerry idaman? Atau ingin memberikan sesuatu untuk orangtua? Atau Anda ingin memberikan sepasang baju baru bagi keponakan? Atau jangan-jangan THR Anda sudah habis untuk membayar utang kartu kredit dan bon kantor serta utang KTA (kredit tanpa agunan).

THR Itu Sebenarnya Untuk Apa, Sih ?
Perusahaan memberikan THR bagi para karyawannya, agar mereka dapat merayakan hari raya dengan khusyuk dan hikmat, dengan memberikan kebahagiaan bagi sesama yang membutuhkan uluran tangan. Saling berbagi dan memberika merupakan suatu aktivitas yang layak dilakukan dalam setiap momen, terlebih dalam merayakan hari besar yang membahagiakan. Sehingga, membeli perlengkapan dan perkakas baru bagi diri dan keluarga, merupakan sebuah aktivitas lanjutan setelah kita menyisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan.

THR baru diterima sesaat sebelum hari raya, sehingga selayaknya baru dipergunakan saat berada di tangan. Jangan membeli barang apa pun dengan mempergunakan THR atau gaji masa depan, yang belum diterima. Anda akan merasa hampa dan kecewa, bila telah memakai terlebih dahulu pendapatan masa depan Anda. Karena saat Anda terima, semua sudah dipergunakan untuk membayar segala utang yang telah dibuat di masa lalu.

Manfaatkan THR Anda Kali Ini Untuk :

  • Menyelesaikan segala utang masa lalu Anda.
  • Bila masih berlebih, manfaatkan untuk memberi kebahagiaan pada orangtua, adik, atau keluarga yang lain.
  • Jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan orang miskin dan papa, ini akan memberikan hikmat dan nikmat yang lebih berkualitas.
  • Jangan merayakan hari raya dengan utang baru. Pergunakanlah baju dan sepatu terbaik yang Anda miliki, yakinlah bahwa merayakan hari raya tidak harus dengan sesuatu yang baru. Yang terpenting bukanlah yang melekat di tubuh dan kaki Anda, melainkan apa yang Anda kenakan dalam hati dan pikiran Anda. Sesuatu yang baru, jernih, dan bersih. Selamat menata masa depan dengan memanfaatkan momen hari raya ini.

Sumber: Kompas.com

61 comments:

  1. makasih tipsnya mbak, saya coba deh saran dari mbak tyas, btw kapan mudik ke jogja

    ReplyDelete
  2. waduh , saya dapat THR paling dari mama2 ja hehe

    ReplyDelete
  3. Ya, mau Lebaran gini biasanya orang pada dapet THR an. Sukur kalau dapet dari BOS nya. Kalau tidak dapet ya manyun ... Thanks ya

    ReplyDelete
  4. """salam persahabatan by Living.. :)""""

    ReplyDelete
  5. ya...biasanya orang latah dan lupa diri shg THR cuma mampir sebentar lalu habis...salam kenal mbak

    ReplyDelete
  6. makasih mbak infonya, emang biasanya sieh selalu begitu, merasa dpt thr untuk dipake merayakan lebaran, misalnya mudik dengan biaya yang pasti berlipat.
    salam kenal dari saya mbak
    busana muslimah

    ReplyDelete
  7. Kebutuhan masa kini dan masa depan merupakan dua hal yang memerlukan pertimbangan cukup matang. Terutama bagi para orang tua yang memiliki anak. Mereka hendaknya memikirkan masa depan anak-anak mereka. Tunjangan Hari Raya (THR) dapat diatur secara bijaksana sehingga dapat mencukupi untuk merayakan hari raya, membayar hutang, dan menabung bagi masa depan. Prinsip skala prioritas dapat digunakan.

    ReplyDelete
  8. Makasih ya tipsnya.
    Lebaran di Jakarta atau di Semarang nih?

    ReplyDelete
  9. kapan ya dapet THR, dari dulu belum pernah dapet thr, kerjanya di google... :D nunggu kebaikan google kasih THR dengan PR naik =P~

    ReplyDelete
  10. hi great posting...Its very usefull for me, I`ll be waiting for your next posting

    ReplyDelete
  11. setuju dengan nomer 3, nambah kalo masih berlebih baiknya di tabung. jadilah orang yang rajin menabung, tidak sombong dan baik hati...kaya aku...

    ReplyDelete
  12. hi great posting...Now I`m following U , I`ll be waiting for your update post..

    ReplyDelete
  13. Benar sekali, ini juga kadang terjadi pada diri saya sendiri. Ketika dapat THR, penginnya langsung dibelikan barang yang memang sudah direncanakan. Padahal justru saat itulah kesempatan kita untuk menata kembali keuangan, kalo ada yang perlu diselesaikan, misalnya pinjaman, kartu kredit ato lainnya.
    Aku setuju banget dengan postingan ini...

    ReplyDelete
  14. Siip postingannya.... Emang THR jangan di boros2in ya hehehe.. harus pinter2 makenya hehehe
    Kunjungi blog saya ya http://www.dotaforus.co.cc

    ReplyDelete
  15. Naaa ini tips bagos niy.... supaya THR gak numpang lewat...secara pengalaman pribadi emang borosss... hiksss

    ReplyDelete
  16. Bersyukurlah bagi yg mendapatkan thr walaupun hanya mampu utk membeli sendal jepit dari pada saya yg tdk dapat sama sekali ..

    ReplyDelete
  17. Mohon maaf lahir dan bathin mbak ning. whehe sepertinya ada yang harus digaris bawahi dalam artikel ini, which is UTANG hehehe

    ReplyDelete
  18. Selamat Idul Fitri 1430 H, Maaf Lahir dan Batin

    ReplyDelete
  19. selamat idul fitri ya kak,salam kenal juga...terkait dengan postingan kakak,bagi THR nya buat saya donk.hehehheee

    ReplyDelete
  20. artikel yang sangat berguna banget nih buat rekan-rekan yang dapet THR :) kadang kalo aku THR emang pasti abis dikasiin ponakan sama ortu heu...

    ReplyDelete
  21. Wah, tipsnya bagus mbak..
    Semangat

    Mohon maaf lahir dan batin..

    ReplyDelete
  22. wah telat neh bacanya,,THR udah berlalu hehehehe

    ReplyDelete
  23. great tips,
    ngomong2 mbak cantik juga....
    please come my site
    qlicklukaz.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. mbak, walo telat baca, thanks tipsnya...
    beginilah topik tiap menjelang hari raya..selalu..tentang mudik,mudik...THR...THR...trus THR
    Nggak ada habisnya selalu terulang setiap tahun...Alangkah bagusnya setiap kembali ke THR, kita wajib bersyukur atas apa yang kita dapatkan , walauupun sekecil apapun.tetap wajib kita syukuri...Atau apa hanya saat menerima rejeki kita melakukannya..? Kayaknya...rasa syukur bisa kita terapkan setiap saaat ya..baik susuh maupun senang....
    salam,
    theo roberto

    ReplyDelete
  25. wah mbak tyas ini tahu banget ya tentang pengelolaan thr yg bijak
    tengkiyu

    ReplyDelete
  26. betul... betul... betul... setuju :')

    ReplyDelete
  27. THR ku diinvestasikan dan sebagian ya dipake hehehe. Nice artikel mbak.

    ReplyDelete
  28. Banyak karyawan menjual THR nya jauh hari sebelum hari raya,THR dijadikan anggunan..pada saat hari raya tinggal gigit jari..kasihan memang. banyak karyawan BERANI gadaikan dengan harga 60% dari total THR.Dilematis..antara kebutuhan mendesak dan kebodohan

    ReplyDelete
  29. waduh bos... THR ku udah ilang ntah kemana, terlambat aku mampir sini........... :(

    ReplyDelete
  30. Memang, berapapun THR kita, harus dimanfaatkan

    ReplyDelete
  31. Wah...kalau wiraswasta kayak saya ngga bakal menikmati THR nih...he..he...

    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  32. ppc gratis , tingkatkan traffic anda disini

    ReplyDelete
  33. THR = Tak ada kalo tak hari raya hehehe gak nyambung....

    ReplyDelete
  34. betul rezeki yang kita trima juga merupakan sebagian milik orang miskin jd berusahalah untuk memperbanyak sedekah dan jangan lupa untuk saling bersilahturahmi ke blogku >>>>> wireless usb

    ReplyDelete
  35. mantab refeerensi yang luar biasa

    www.fewer.info

    ReplyDelete
  36. yeah i am very impression by your blogs status and post't content that is wonderful and amazing

    ReplyDelete
  37. Betul, thr jangan sampai lewat saja, lebih baik ada yang ditabungkan.

    ReplyDelete
  38. THR habis di bagi ama para saudara

    ReplyDelete
  39. Nice Article...
    nah ini masalah bagi banyak orang.
    mungkin anda bisa sekalian bagi2 tipsnya gimana cara mengatur uang THR tersebut?
    jadi maksudnya brp persen buat di tabung, brp persen buat merayakan hari raya, dll

    thanks ya....

    ReplyDelete
  40. Habis lebaran, THR nya juga udah habis. Males update blog, latest posting nih ...

    ReplyDelete
  41. Many institutions limit access to their online information. Making this information available will be an asset to all.

    ReplyDelete
  42. zaman lagi gini, masih untung dapat kerjaan, jangan dulu berpikir dapat thr, bersyukur..

    ReplyDelete
  43. saya malah harang dapat thr mbak :D

    ReplyDelete
  44. Thanks for taking the time to discuss this,would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

    ReplyDelete
  45. This post was really useful to every readers.I am glad you shared this to us.Thank you so much!

    ReplyDelete

i hate spammers....