Saturday, March 5, 2011

Perempuan Masa Kini Tak Bisa Memasak dan Menyetrika (???)

BY tyas indree IN , 53 comments

Perempuan saat ini semakin berdaya, dan mampu bersaing dalam karier. Perusahaan tak ragu menempatkan perempuan di level manajerial dengan gaji yang tinggi. Sayangnya, tak banyak dari kaum perempuan masa kini yang mampu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak atau bersih-bersih.

Para peneliti mengatakan, hanya 51 persen perempuan di bawah 30 tahun yang bisa memasak sesuatu yang dipanggang, dan hanya 82 persen dari perempuan yang lahir dari era baby boomer yang tahu pasti cara memasaknya.

"Perempuan masa kini cenderung lebih sibuk, harus menanggung peran ganda, dan cukup siap berkompromi dengan pekerjaan rumah tangga untuk menghemat waktu," jelas peneliti sosial, Mark McCrindle, pada Courier-Mai Australia.

Ia menambahkan, karena sekarang sudah banyak tempat laundry dan toko kue, kaum perempuan merasa tidak perlu membuat kue atau menyetrika pakaian sendiri.

"Kita hidup dalam budaya dimana, ketimbang memperbaiki sesuatu -meskipun itu cuma menisik atau memasang kancing yang lepas- lebih baik kita membeli yang baru," tukasnya. "Sepertinya, banyak perempuan yang akhirnya kehilangan kemampuan ini. Bila ada sesuatu yang ingin dibetulkan, perempuan masa kini akan mengirimnya ke drycleaner saja, karena mereka sibuk dan tidak mampu melakukannya."

Lucunya, meskipun perempuan tak menguasai lagi ketrampilan yang feminin seperti memasak atau menyetrika, kini mereka lebih mampu mengerjakan tugas-tugas yang maskulin. Penelitian yang sama menunjukkan, lebih dari 70 persen perempuan di bawah 30 tahun yang biasa membuang sampah, memotong rumput, atau mencuci mobilnya sendiri.

Nah, hal inilah yang perlu dipertanyakan. Apakah tugas-tugas yang khas dilakukan kaum perempuan memang lebih sulit dikerjakan, atau membutuhkan ketrampilan khusus (memasak atau menyetrika hingga licin, misalnya)? Ataukah mereka hanya tak ingin memilih antara pekerjaan maskulin dan feminin, dan mengerjakan apa yang mereka kuasai saja? Bagaimana dengan Anda sendiri? Apa pekerjaan rumah tangga yang masih Anda lakukan sendiri?

Sumber: kompas.com

53 comments:

  1. sepertinya budaya emang udah berubah mbak, nah kalau mbak sendiri gimn?

    ReplyDelete
  2. yang harus dipertanyakan adalah peranan orang tua????

    ReplyDelete
  3. minta ijin blog anda jadi artikel di kumpulanblogger.blogspot.com . thanks

    ReplyDelete
  4. iya, jaman sekarang maunya yang instant aja,, cewek males susah...

    ReplyDelete
  5. setuju banget nih, gara" kemajuan teknologi tp ada jeleknya juga kaya gini . . ikutan blogroll do follow gan, linknya sudah saya pasang di http://horier.blogspot.com/2011/03/daftar-blog-do-follow.html . . mohon konfirmasinya di blog saya, salam kenal dan terima kasih . . !!!

    ReplyDelete
  6. cowo jg udh bs masak dari dulu..

    ReplyDelete
  7. malah kebanyakanan koki sekarang cowok mbak bukan cewek

    ReplyDelete
  8. suwi nggak nyepam ndek kene...hehehehehehe

    ReplyDelete
  9. ha..ha....mungkin pengaruh sinetron kali mbak, karena di sinetromn indonesia sekarang jarang banget yang nampilin sosok wanita indonesia yang sesungguhnya, yang ada hanya sosok wanita yang bergelimang dengan materi serta senang mempersolek diri....

    ReplyDelete
  10. hm~ susah juga yah~ kalo wanita sekarang lebih suka berkarir seh

    -----------

    ReplyDelete
  11. masih banyak kok perempuan masa kini yg bisa masak dan setrika, maklum walaupun seorang pekerja kantoran, bakat alami seorang wanita tidak bisa dihilangkan begitu saja :D

    ReplyDelete
  12. ini yang jadi permasalahan para laki-laki,perempunan tidak bisa masak,malah musti sewa pembokat,kan bikin boros juga,lagian bisa masak tuh kewajiban setiap wanita menurut saya

    ReplyDelete
  13. ga juga kok mbak, buktinya pacar saya bisa menyeterika dan memasak, masakannya enak pula

    Salam,
    Yosef Kevin
    www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia OST dan Film Kungfu, Anime, Tokusatsu Yang Pernah Diputar di TV pada Tahun 90an.

    ReplyDelete
  14. masalahnya pada gengsi, terus rata-rata di rumahnya sudah ada pembantu

    ReplyDelete
  15. tapi lebih puas dikerjakan sendiri..

    ReplyDelete
  16. Asalkan jangan sampai kebalik aja deh.. P jadi L, L jadi P.. wkwkwkw

    ReplyDelete
  17. masak hari gini perempuan gak bisa masak apa kata dunia...
    salam kenal gan

    ReplyDelete
  18. wanita sekarang memang mempunyai kesibukan yang hampir sama dengan lelaki, mempunyai karier dan bekerja, salut deh buat wanita jaman sekarang

    ReplyDelete
  19. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  20. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    ReplyDelete
  21. Halo smua, lam kenal y saya masih baru disini ^^

    ReplyDelete
  22. kunjungan lagi

    era emanisipasi perempuan
    ingin mengerjakan tugas laki laki

    ReplyDelete
  23. Teknologi dan pola hidup yang semakin instanlah yang sangat mempengaruhi segalanya...

    ReplyDelete
  24. salam kenal .
    emansipasi wanita yang terlalu berlebihan membuat dia salah dalam bersikap .
    walaupun bisa berkarir harus tetap tau kodratnya masing.masing .

    ReplyDelete
  25. untunggg daku masih bisa masak dan setrika... hehehhee

    ReplyDelete
  26. Betul sekali.... Mungkin terlalu dimanja sama orangtua jadi gitu ya??????

    ReplyDelete
  27. biniku malah pinter bikin anak. hehe....

    ReplyDelete
  28. Biasa lah...jaman modern hehehe serba instan

    ReplyDelete
  29. namanya juga zaman modern,,semua serba praktis asal kita nya banyak uang,,,wanita zaman sekarang malah mentingkan karir,,,anak gede sama pembantu,suami yang ngurus(nyiapin smuanya juga pembantu,,,berangkat pagi pulang malam,,ketemu sama anak tuh waktu mereka tidur,,,susah juga ya zaman sekarang,,

    ReplyDelete
  30. sedih baca nya mang iya mbak,,,susah bgt cari wanita yang bisa nyetrika,ngepel n beres-beres rumah..sampe sekarang saya masih bujangan cari wanita kaya gto...btw makasih mbak uda share^^

    ReplyDelete
  31. malah kebanyakanan koki sekarang cowok mbak bukan cewek

    ReplyDelete
  32. klo istri ga bisa masak = pulang kerja nggak ada makanan, tp gpp klo dia wanita karir... itung2 ada penghasilan tambahan buat beli makanan jadi & byr pembokat buat bersihin rumah heheh..

    ReplyDelete
  33. harus ikut kursus tuh hehehehe

    ReplyDelete
  34. klo zaman sekarang smua serba pembantu,,kita cuma tinggal enaknya aza,,,tapi ga seharusnya juga wanita ga bisa apa apa,,,harus lebih kreativ ya,,,moga bisa jadi ibu rumah tangga yang baik dan menjadi idaman suami

    ReplyDelete
  35. judul nya cocok nih kalo tak suruh baca istri saya ;p . wekekekeke.. bener-bener gak bisa masak dan setrika, kalo nyuci masih bisa. thanks mbak infonya.

    ReplyDelete
  36. bagi yang sudah berkeluarga, biasnya solusinya menyerap pembantu rumah tangga

    ReplyDelete
  37. wah bener bange tuh
    hehe
    smga istri saya kelak msih bisa masak ^^

    ReplyDelete
  38. yang penting kan msh bisa bereproduksi...

    ReplyDelete
  39. emang iya sih,,zaman sekarang perempuan ga bisa mengerjakan pekerjaan rumah,,sangat disayangkan ,padahal itu lah ciri istri idaman,,

    ReplyDelete
  40. sebagai kodrat wanita harus mampu berperan multi pungsi,eman sipasi wanita sangat tinggi dalam peranan sebagai seorang ibu,dimanpun kondisinya.lam kenal aja terima kasih atas infonya.mantap.

    ReplyDelete
  41. jangan sampe dia nggak peduli sama keluarganya.. jaman sekrg wanita lebih sibuk dengan kesibukannya diluar dibandingkan dengan bersama keluarga. sehingga anak2 di jaga oleh baby sister. faktor inilah sering terjadi kehancuran rumah tangga krn kurang perhatiannya kita kepada anak2.

    ReplyDelete

i hate spammers....