Tuesday, March 29, 2011

Trik Bertengkar Sehat dengan Pasangan

BY tyas indree IN 81 comments


Setiap pasangan pasti pernah dan akan terus melalui konflik selama mereka masih terikat dalam satu hubungan. Mulai dari masa pacaran, ketika merancang pesta pernikahan bahkan suami istri yang sudah berusia lanjut pun sesekali masih terlibat dalam pertengkaran. Pelajari triknya agar pertengkaran yang berlangsung tidak sekadar menjadi ajang caci maki dan semakin panas.
Di Balik Sebuah Pertengkaran
Setiap pasangan pasti terdiri dari dua orang yang berbeda kepribadian, opini, perasaan dan latar belakang pendidikan mentalnya. Kenyataannya, tidak akan ada habis-habisnya isu-isu yang dapat menjadi bibit pertengkaran. Mungkin tidak langsung membesar, tapi awalnya pasti dari perbedaan pendapat.

Pasangan yang tidak pernah bertengkar sama sekali, bisa jadi pasangan itu hidup dalam kebohongan (setidaknya membohongi diri sendiri) atau cuek satu dengan lainnya. Pasangan ini tidak pernah belajar cara menyelesaikan perbedaan pendapat dan ujung-ujungnya tidak akan ada saling pengertian dan rasa menghormati satu dengan yang lainnya.

Jadi, pertengkaran yang terjadi dalam sebuah pernikahan adalah wajar. Namun Anda dan pasangan harus paham bagaimana agar pertengkaran itu tidak semakin panas.

Berikut ini triknya :
  • 1. Berpikiran Positif akan Pasangan Anda
Berbeda pendapat bukan berarti si dia sudah tak sayang atau tak mau mengerti sama sekali perasaan Anda. Jangan sekalipun Anda berpikiran negatif pada pasangan. Apapun yang menjadi masalah, tetaplah landasi semuanya dengan cinta dan kasih sayang.
  • 2. Kenali Masalah atau Isu yang Sesungguhnya
Perbedaan pendapat yang kemudian menjadi ajang debat kusir terkadang disebabkan pasangan tersebut kurang mengenali apa masalah sesungguhnya. Hanya sedikit pasangan yang berdebat dengan mengetahui dengan pasti apa yang mereka perdebatkan. Bila sudah saling 'serang', masalah dapat melebar ke mana-mana. Kalau ini yang menjadikan pertengkaran Anda dan pasangan menjadi pertengkaran yang kurang sehat, tetapkan apa masalah sesungguhnya dan batasan-batasan pembicaraannya. Dengan mengenali apa masalah sesungguhnya, solusi dari konflik pun sudah ditemukan 50%.

  • 3. Temukan Waktu dan Tempat yang Tepat
Pernah dengar nasihat, "Jangan tidur dalam keadaan marah, lebih baik tetap terjaga dan bertengkarlah.” Nasihat ini ada benar dan tidak benarnya. Benarnya mungkin hanya sebatas, selesaikan masalah secepatnya, jangan sampai terbawa sampai ke kamar apalagi tempat tidur. Tapi kurang tepatnya, bila pada malam hari, tubuh dan pikiran sudah terlanjur lelah, solusi pun tidak akan dijumpai.
Temukan waktu di mana tubuh dan pikiran segar bugar, jauh dari siapapun (apalagi dari anak), dan matikan telpon. Bila pada saat itu, Anda kurang siap, katakan saja terus terang pada suami atau istri, Anda sedang lelah dan tidak siap menghadapi masalah, biarkanlah besok pagi saja masalah itu dibicarakan. Selain waktu, tempat untuk 'saling berbicara' ini diusahakan jangan di kamar tidur tapi di tempat lainnya yang sepi dan lebih pribadi.
  • 4. Pelajari Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan
Sudah menikah bertahun-tahun tidak menjadi patokan Anda tahu cara berkomunikasi dengan pasangan. Dengan tidak saling menyalahkan, memojokkan, benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan pasangan dan mencoba untuk menempatkan diri pada posisinya, Anda dan pasangan sudah menemukan jalan yang benar untuk menemukan solusi dari masalah Anda.
  • 5. Hindari Pengulangan
Kalau yang dimasalahkan adalah hal-hal yang sama, berarti pembicaraan Anda tidaklah efektif dan pertengkaran yang lalu belum menemukan titik tengahnya. Cari metode lain untuk menyampaikan masalah Anda. Terkadang memenangkan pertengkaran bukanlah tujuan yang sesungguhnya kalau semuanya bisa mempertaruhkan pernikahan Anda.
  • 6. Membuka Pikiran
Langkah ini adalah kelanjutan dari kemampuan Anda untuk 'mendengarkan'. Setelah tahu bagaimana memposisikan diri Anda di posisi pasangan, cobalah untuk menerima hal-hal yang menjadi dasar pemikiran pasangan Anda.
  • 7. Kontrol Emosi
Hal yang terkadang tidak dapat dikendalikan ketika bertengkar adalah emosi. Bila emosi sudah meluap, kata-kata kasar keluar dari mulut dan terkadang otot pun dipergunakan, percayalah, solusi dari masalah Anda akan terbang jauh saat itu juga.
VanDerZwet Stafford, executive Director of Ontario Association for Marriage & Family Therapy, mengungkapkan, ada dua tipe gaya 'berdiskusi' yang biasanya dianut para pasangan. Pertama adalah, pasangan yang membutuhkan waktu dan ruang untuk membicarakan satu masalah. Kedua adalah, pasangan yang senang langsung membicarakan masalah pada saat itu juga. Kalau Anda berdua mewakili masing-masing tipe seperti itu, pergunakan waktu yang tersedia untuk latihan pernafasan dengan menarik nafas panjang, lakukan olah tubuh dan tuangkan pikiran Anda dalam tulisan. Anda juga bisa membicarakan masala Anda tersebut pada orang lain yang bisa dipercaya.
Sumber : Citydirectory.co.id

81 comments:

  1. salam kenal .
    makasih buat infonya .
    thanks .

    ReplyDelete
  2. setiap manusia tidak selalu benar,,,pasti ada aza konflik didalam kehidupannya,,,
    triknya sangat keren,oke,menarik dan tentunya sangat membantu,,makasih dan sukses slalu,,,ditunggu kunjung baliknya,,

    ReplyDelete
  3. info yang lengkap jadi nambah pengetahuan buat para pasangan,,makasih dah berbagi info yang tentunya sangat bermanfaat sekali,,,sukses trus dan ditunggu kunjung baliknya,,,

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bagus...
    Konflik diantara pasangan memang wajar terjadi, karena pada dasarnya setiap individu itu unik.

    ReplyDelete
  5. tips yang bagus, juga bisa sekalian melatih kesabaran. :)

    ReplyDelete
  6. penyamaan persepsi emang diperlukan bagi pasangan yang baru menikah untuk menjaga kelanggengan hubungannya dan lagi yang utama harus mengalah dan tidak bisa egois seperti saat kita masih sendiri. btw tips yang bagus........untuk menjaga hubungan suami istri, bro..........

    ReplyDelete
  7. hi.. salam kenal... artikel yang menarik :)

    ReplyDelete
  8. nice post sis... hope u visit my blog :)

    ReplyDelete
  9. he.he..he patut dipraktekin nih... infonya bagus

    ReplyDelete
  10. Hehe. . Pacar saya palah cari cara biar saya marah
    (pengin liat kaya apa & katanya kalo habis brtengkar jadi + sayang)
    curcol

    ReplyDelete
  11. Trik Bertengkar Sehat dengan Pasangan i s a great post! thanks for sharing ur thoughts with ur readers! great job!

    ReplyDelete
  12. wah....kalo itu mah trik untuk meredakan pertengkaran...tapi,,,,ga tahu juga ci..tapi juga, yang jelas yang namanya bertengar itu kesalahan dan kalo sudah berlbihan maka membuat tidak sehat

    ReplyDelete
  13. This is my Good luck that I found your post which is according to my search and topic, I think you are a great blogger, thanks for helping me out from my problem..

    ReplyDelete
  14. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    ReplyDelete
  15. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    ReplyDelete
  16. Jadilah air saat ia menjadi api :-)

    ReplyDelete
  17. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  18. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    ReplyDelete
  19. kalo seperti itu kyknya tdk ada pertengkaran. yang ada pola pemahaman..

    ReplyDelete
  20. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    ReplyDelete
  21. Keep blogging, smuga berguna ilmunya

    ReplyDelete
  22. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  23. wah bisa dpraktekin nih...coba agh..
    salam kenal thanks dah share

    ReplyDelete
  24. sebenarnya tulisan tulisanyang seperti ini yang aku pengen untuk blog saya, mudah mudahan mba bisa membantu saya thx..

    ReplyDelete
  25. Satu kunci utama yaitu mengalah
    Kalah dia marah kita mengalah, setelah lewat baru ajak bicara

    ReplyDelete
  26. kalau lagi bertengkar mendingan biarin dy omong sesuka hati sampe puas,baru kalau udah puas kita yang gantian bicara

    ReplyDelete
  27. hehe..ternyata bertengkar ada juga tipsnya :D
    hihihi...

    ReplyDelete
  28. iya, memang setiap masalah kita tidak boleh langsung berpikiran negatif, apalagi kepada pasangan kita.

    ReplyDelete
  29. bagus postingannya, inspiratif banget.

    ReplyDelete
  30. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  31. wow., makasih infonys ! salam kenal ya sob :D

    ReplyDelete
  32. nice post ! salam kenal ya sob !~

    ReplyDelete
  33. tips dan trik yang sangat jitu,,,,,moga bisa membantu dan bermanfaat,,makasih dah berbagi infonya,,,

    ReplyDelete
  34. wah
    berantem aja ada triknya
    ckckc
    apalagi blogging ya
    hehe

    ReplyDelete
  35. makasih buat info nya ya... salam kenal :)

    ReplyDelete
  36. he...hebertengkar ada trik nya juga yach......
    yang saya tau bertengkar tu nurutin nafsu.....

    ReplyDelete
  37. Trik Bertengkar Sehat dengan Pasangan,,sangat membantu sekali,,,jadi nambah pengatahuan agar pertengkaran itu tidak semakin panas.

    ReplyDelete
  38. tapi gimana kalo pasanganya buat kita marah trs,???kesabaran pasti juga ada batasnya kan buk.???

    ReplyDelete
  39. mudah-mudahan tips nya bisa membantu pasangan yang sering cekcok thanks....

    ReplyDelete
  40. moga aja ada postingan ini bisa mengurangi kadar emosi yang tinggi buat para pasangan....met mencoba tuk semuanya

    ReplyDelete
  41. Bumbu rumah tangga ya mbak .. tapi memang benar juga tips nya. lanjutkan mbak ..

    ReplyDelete
  42. namanya menyatukan 2 orang yang berbeda..pasti ada perbedaan yang menyebabkan perdebatan...wajar...tapi harus selesai ketika di ranjang ya...hehhe

    ReplyDelete
  43. pertengkaran dalam rumah tangga itu hal yang sulit dihindari, tipsnya bagus semoga bermanfaat buat orang banyak

    ReplyDelete
  44. permasalahan dalam rumah tangga sering kali terjadi karena kurang adanya komunikasi,diantara pasangan dan ke egoisan yang sulit di buang.

    ReplyDelete
  45. blognya bagus bu..coba mampir ke blogku.butuh saran nih..(i'm dofollower)

    ReplyDelete
  46. siippp....
    artikel yang menarik tuh....

    ReplyDelete
  47. Pertengkaran biasa dalam satu hubungan tinggal bagaimana memanage pertengkaran itu jadi positive bukan negative. keep creative,mbae..

    ReplyDelete
  48. lebih baik selesaikan setelah emosi mereda dan kepala dingin itu jauh lebih baik..

    saya share game nih

    HON Indonesia
    Forum Gamers
    Gta Indonesia
    Aion Indonesia

    ReplyDelete
  49. Salam kenal bu... Senang sekali sambil blogwalkin bisa browsing2 situs ini... Penuh dengan bagaimana mengenal feminisme... Senang juga karena dofollow dan pake moderasi... Itu lebih baik daripada ga pake moderasi..., trus diremehkan oleh tukang komentar yang asal2an..., dan akhirnya pindah aliran ke nofollow... Jelas sekali yang mereka lakukan salah besar... Kalo sebagian dari yang punya blog dofollow kembali ke nofollow..., kita2 pencari backlink dofollow juga yang rugi? Tahu-tahu blog turun drastis... Capek deh...
    Ok..., langsung ke topik saja lah...
    Jujur saja..., dari ke 7 trik di atas..., mungkin yang paling susah adalah menghindari pengulangan... Hal ini karena sering kali kita merasa bahwa kita yang benar... Hal ini akan lebih sering timbul jika salah satu pasangan sangat gampang menyalahkan... Namun..., trik menghindari pengulangan mampu dilakukan jika trik2 yang lain dicoba juga... Pada intinya..., jika positive thinking sudah terbiasa..., maka 6 trik berikutnya akan sangat mudah... Mantap sekali 7 trik di atas karena positive thinking diletakkan di urutan nomor 1...

    ReplyDelete
  50. yang penting salah satu mau mengalah biar kagak mentok,soal'a kalau sama keras bisa berabe

    ReplyDelete
  51. makasih buat tipsnya jadi kita bisa tahu dan mempelajarinya

    ReplyDelete
  52. tipsnya bgus mbak. kadang klo saat bertengkar memang suka langsung mngambil kputusan yang engga-engga. :)

    ReplyDelete
  53. boleh juga tu mba,,,,
    makasih y mba atas informasinya...
    salam kenal juga mba

    ReplyDelete
  54. mksih bnyak mbak atas infonya. bertengkar itu bumbunya cinta, klo ga bertengkar kita ga akan tau mana titik kelemahan dan kelebihan pasangan kita . :)

    ReplyDelete
  55. tipsnya bagus nih gan sangat membantu kita kalau waktu kita ada masalah dengan pasangan kita

    ReplyDelete

i hate spammers....