Sunday, May 22, 2011

Cantik Karena Bersyukur | FIMELA - Indonesian Online Fashion & Lifestyle Magazine

BY tyas indree IN , 63 comments

By BECKY TUMEWU


Saya baru saja kembali ke Jakarta, dari perjalanan 4 hari ke Sikka, Nusa Tenggara Timur bersama dengan Wahana Visi Indonesia, sebuah LSM yang fokusnya adalah kesejahteraan anak. Dan saya tidak sabar utk menulis artikel ini, khusus utk Fimela.com.

Artikel tentang kecantikan yang satu ini memang berbeda dari yang ada, saya tidak ingin sekedar bicara produk kecantikan, olahraga atau diet, juga penampilan ujung rambut sampai ujung 'stiletto'. Tapi saya ingin bicara tentang kecantikan terdalam, rasa syukur akan apa yg kita miliki.

Melihat kondisi masyarakat Indonesia di Sikka membuat saya berpikir betapa berbeda kondisi mereka dengan hidup keseharian saya di Jakarta. Listrik? Di desa yang saya kunjungi TIDAK ADA listrik, jadi jangan bermimpi untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer yg makan listrik ribuan watt.

Air? Di desa yang saya kunjungi TIDAK ADA instalasi air, mereka menadah air hujan, atau mengambil air dari sungai utk keperluan sehari2, jadi boro boro mau 'blow dry', wong keramasnya saja sudah tantangan.

Tapi saya melihat perempuan-perempuan di desa Wogalirit yg saya kunjungi itu punya paras yang 'cantik' lengkap bersarung kain tenun khas daerah Sikka, NTT. Mereka tersenyum, tertawa, ceria, menerima kedatangan tim kami dari Jakarta, dan dengan kesahajaan mereka menjamu kami. Dan di sanalah saya melihat kecantikan luar biasa.

Terkadang, dalam keseharian kita, make up 1 ton-pun tidak dapat membuat kita jadi lebih cantik. Pakaian, sepatu, tas dari merek A sampai Z belum tentu bisa membuat kita tampil menarik. Bila hati kita kosong, tidak sejahtera, tanpa rasa syukur, kita hanya seperti patung peraga.

Setiap saat akan ada perempuan lain yg lebih cantik, lebih muda, lebih segar, lebih 'updated' koleksi 'branded stuff'nya. Lebih, lebih, lebih, dan lebih! Apakah hanya itu yg menjadi tolok ukur kecantikan kita? Hmmm, maaf, mari kita 'ke laut ajah'.

Bersyukur akan apa yg kita miliki, gembira dengan pencapaian diri kita walau sederhana. Fokus kepada apa yang ada di hadapan kita dan tidak membuang tenaga serta pikiran untuk mengejar sesuatu 'nun jauh di sana' akan membuat kita lebih bahagia. Dan perasaan bahagia akan membuahkan kecantikan.

Anda paling tau, apa yang sudah menjadi pencapaian dan milik anda yang bisa membuat anda merasa sangat bersyukur. Renungi dan jadikan hal itu suatu sumber kecantikan eksklusif karena hanya anda yang memilikinya.

63 comments:

  1. makasih atas infonya: blogwalking keep posting please

    ReplyDelete
  2. sungguh beruntung Mbak, bisa berkunjung dan melihat kecantikan desa yang natural,itulah bedanya..., kota dan desa. salam perdana Mbak

    ReplyDelete
  3. Tulisanmu bagus-bagus banget. Salam dari Dusun Senja...

    ReplyDelete
  4. its natural blog, i like it.

    ReplyDelete
  5. tuh lah hidup kia harus mensyukuri segal nikmat yg tlah di berikan allah swt...thx y Info nya...
    salam kenak

    ReplyDelete
  6. Bersyukur sih wajib, tapi usaha kan ngak ada salahnya,palagi yang cantiknya cuma di luar nya aja tapi didalamnya tidak cantik,selama masih hidup masih ada waktu untuk berusaha lebih cantik di dalam..sempurna deh..thanks

    ReplyDelete
  7. allah maha adil dalm memberikandan menciptakan segala sesuatu ,sprti kencantikan yg berbeda2 terhadp yg lain,DLL nya...mari kita mensyurukuri apa yg tlah di berikan allah swt tuh nikmat kehidupan kita...
    salam kenal

    ReplyDelete
  8. bener teh cantik emang ga di nilai dari luar aja,justru kecantikan dari dalam,dan rasa bersyukur kita itu yang bisa kita nilai..salam kenal

    ReplyDelete
  9. kalau kita rajin bersyukur dan bisa menerima apa adanya,mensyukuri kekurangan yang kita punya,,itulah kecantikan yang jarang di punya manusia'''

    ReplyDelete
  10. salam kenal....kesederhanan menjadi tolak ukur cantiknya seseorang...

    ReplyDelete
  11. cantik alamiah tuh lebih baik dari pada cantik yang di tutupi mike up..

    ReplyDelete
  12. kecantikan yang abadi itu datangnya dari dalam bukan polesan

    ReplyDelete
  13. dengan rasa syukur smua kan lebih berarti,,,, stuju sekali,,,

    ReplyDelete
  14. memang betul sekali, saya sangat setuju dengan itu...

    ReplyDelete
  15. Memang dengan bersyukur bisa membuat bahagia dan effeknya wajah jadi cantik.... hehehehe

    ReplyDelete
  16. nice post sist, memang kita harus banyak bersyukur

    ReplyDelete
  17. memnag benar mba...kata-kata yang sangat bijak..

    ReplyDelete
  18. sungguh sangat meng-inspirasi... nice info.

    ReplyDelete
  19. daripada kita marah marah trus jadi STRess,,

    lebih baik banyak bersyukur supaya cantik..

    ReplyDelete
  20. kita harus Menysukuri segala nikmat kelebihan dan kekurangan yg tlah di berikan allah swt ..

    ReplyDelete
  21. :) membuat ane lbih bersyukur lg ney

    ReplyDelete
  22. neng sawah nggowo bedhil
    gusti ALLAH maha adil
    bener mboten mbakyu....

    ReplyDelete
  23. kecantikan abadi adalah kecantikan yang berasal dalm diri. kecantikan dari luar, hanya sesaat sebelum usia mengakhiri.

    ReplyDelete
  24. menarik sekali artikelnya,,,kecantikan alami terpancar dari dalam diri, hati yg penuh syukur dan ikhlas menerima apapun yang di berika Allah..thanks infonya

    ReplyDelete
  25. kita harus bisa mensyukuri setiap pemberian Allah swt termasuk kecantikan dan sekali-kali jangan menyombongkan diri, terima kasih artikelnya sob

    ReplyDelete
  26. terimakasih infonya mba...

    ReplyDelete
  27. sangat menarik nih mbak, bisa jadi bahan renungan.
    :)memang kebanyakan yang lebih mementingkan penampilan saja daripada akhlaknya

    ReplyDelete
  28. Nice blog . I really enjoy visit your blog.

    ReplyDelete
  29. membuat yg baca nih bersyukur bangeeeeeettttt
    :D
    mampir yuk ke blog saya :)

    ReplyDelete
  30. harus lebih bersyukur lagi hehehe jangan liat yg diatas tapi liat yg dibawah kita :)

    ReplyDelete
  31. Betul sekali, kita harus tetap bersyukur meski belum diberikan nikmat atau rizki yang kita harapkan.
    Tuhan masih memberikan kita nikmat untuk bisa menikmati dunia ini.

    ReplyDelete
  32. Bersukur menyempurnakan rasa nikmat atau kebahagiaan kita.

    ReplyDelete
  33. Cantik alami adalah cantik yang memiliki esensi kepada Yang Maha Pencipta. Seorang wnita diet mengharapkan kecantikan untuk dirinya. Seorang wanita pusasa dia jadi cantik raganya, dan juga cantik karena memancarkan cahaya Sang PenciptaNya karena esensi kpd Tuhan.

    ReplyDelete
  34. Very nice article! Thanks for sharing it with us!

    ReplyDelete
  35. tuh lah kenikmatan kecantikan yang tlah di berikan allah swt ...dan kita yang merasa diri nya tidak cantik atau ganteng,kita harus mensyukuri segala nikmat allah swt yang tlah di berikan,

    ReplyDelete
  36. seharusnya kita lebih mensyukuri apa yang sudah kita miliki, merubah apa yang sudah diberikan pada kita belum tentu merubah pola pandang orang kepada kita. cantik diluar belum tentu cantik di dalam,,, :)

    ReplyDelete
  37. cantik alamiah tuh lebih baik dari pada cantik yang di tutupi mike up

    ReplyDelete
  38. Inspiratif sekali artikelnya mba. Terkadang tulisan seperti ini menjadi bahan introspeksi diri kita.

    Terkadang kita lupa akan rasa syukur dengan keadaan kita yang lebih baik dari pada orang lain

    ReplyDelete
  39. segala yang kita miliki pantas untuk di syukuri... sering ketika kita memiliki sesuatu kita tidakmenyadari bawha itu adalah satu anugrah yang luar biasa... saat hal itu sudah tak ada baru kita sadari betapa besar karunia Allah yang pernah ada.

    ReplyDelete
  40. nice to visit here.. success for you

    ReplyDelete
  41. keep Your blogging kawan...thanks y dah share..
    salam kenal

    ReplyDelete
  42. itulah anugrah dan Kenikmatan Yang tlah di berikan Allah kita Harus Menysukuri,atas semua yang tlah di berikan...

    ReplyDelete
  43. hmmm..this is really a very nice effort by your side, i truly appreciates it.

    ReplyDelete
  44. terima kasih atas infonya gan..
    salam kenal..

    ReplyDelete
  45. I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

    ReplyDelete
  46. salam kenal dan makasih info nya ....

    ReplyDelete
  47. hiks.... pengen nagis waktu baca postingan mbak ini. selama ini mungkin saya telah buta bahkan jadi sering minder dengan apa yg dimiliki orang lain dan tidak pada saya. terimakasih sis buat sharingnya.

    ReplyDelete
  48. Which are the indications of worldwide recognition of folks during this modern world? Not surprisingly, number of followers of the Twitter account is a firm indication in today. Thus this is beneficial to buy twitter followers as a secret formula to become well known. website to buy twitter followers

    ReplyDelete
  49. You need to consistently seek experienced and also professional company that are the proper individuals to be depended after for marketing your company or products. buy targeted likes

    ReplyDelete

i hate spammers....