Saturday, December 5, 2009

Tips Memberikan Tip

BY tyas indree IN , , 46 comments

memberikan tipMemberikan tip saat ini sudah biasa dilakukan ketika kita makan di restoran, melakukan perawatan tubuh di salon, atau ketika menginap di hotel. Pada dasarnya, tip diberikan ketika kita merasa puas dengan layanan yang diberikan. Namun, seringkali kita tetap memberikan tip untuk pelayan meskipun layanannya tidak memuaskan, hanya karena supaya kita tidak dianggap pelit. Selain itu, tak perlu terprovokasi dengan pelanggan lain yang memberikan sejumlah besar tip untuk stylist di salon (padahal ongkos gunting dan blow-nya saja di bawah tip-nya). Sebab besar tip biasanya sudah ada patokan prosentasenya, kecuali Anda memang sudah sangat mengenal pelayan di salon atau restoran tersebut sehingga ingin memberikan lebih.

Jika Anda berniat memberikan tip untuk setiap pelayanan yang Anda dapatkan, sebaiknya Anda mengikuti kebiasaan yang berlaku di lokasi setempat. Berikut adalah beberapa contohnya, termasuk yang berlaku di Amerika.

Pelayan restoran: Jika restoran tersebut sudah mencantumkan service charge pada bon pembayaran (biasanya sebesar 5% dari jumlah pembelanjaan), sebenarnya Anda tidak perlu lagi memberikan tip. Namun bila Anda puas dengan pelayanan dari waiter atau waitress-nya, Anda boleh saja memberikan ekstra tip dengan prosentase yang sama. O ya, Anda juga boleh memberikan tip untuk pelayan di warung kaki lima.

Penata rambut: Biasanya yang menangani Anda ada beberapa orang, dari yang bertugas mengeramas rambut, stylist, atau colorist. Besar tip umumnya 10% dari ongkos layanan seluruhnya. Anda bisa memberi tip yang lebih besar untuk keahlian yang dimiliki penata rambutnya, jadi tip untuk stylist bisa lebih besar daripada yang mengeramas rambut. Bila tak punya uang receh, atau tak ingin repot, titipkan saja tip di kasir.

Doorman: Berikan 2 dollar jika membantu membawakan tas Anda, plus 1 dollar saat memanggilkan taksi. Untuk di Indonesia, besar tipnya kira-kira setara dengan jumlah tersebut bila dirupiahkan.

Supir taksi: Di Amerika, supir taksi pun harus diberi tip. Jumlah sekitar 10-15% dari jumlah yang tercantum di argometer. Berikan bonus beberapa dollar jika ia membantu menaikkan atau menurunkan tas Anda.

Porter di bandara: Kebanyakan porter akan men-charge sebanyak 2 dollar untuk tas pertama. Jika mereka tidak meminta, sebaiknya Anda tetap membayarnya di kisaran jumlah tersebut. Tambahkan 1 atau 2 dollar jika ia melayani Anda dengan baik.

Housekeeping: Berikan 2 - 5 dollar sehari. Tinggalkan tip ini setiap hari, karena Anda akan menerima pelayanan dari orang yang berbeda setiap hari. Buat catatan supaya housekeeper tahu bahwa uang tersebut untuknya.

Concierge: Sekitar 5 - 10 dollar setiap kali ia membantu Anda melakukan sesuatu untuk Anda, terutama jika hal itu tidak termasuk dalam tugasnya.

Sumber: kompas.com

46 comments:

  1. tips aja ampe 5 dollar y?sekitar 50 rb lebih donk,,wiiii lumayan tu buat mkn heee..bagus jg postingannya kreatif .
    kk, tuker link donk heee(ngarep)

    ReplyDelete
  2. sip postingannya, sering bingung memberi tip kadang merasa sedikit atau lebih nggak ya, tapi yang pasti mesti ikhlas.(btw mbak, bannerku koq nggak ada ya? apa nda keliatan ya?

    ReplyDelete
  3. mampir ke blognya mbak Tyas nih :) kalo di warteg kasih tips gak mbak?

    ReplyDelete
  4. Wah brti harus siap-siap tip klo pergi-pergi nih ya mbak

    ReplyDelete
  5. wakh ini tipsnya kekenya layak untuk di coba nih....

    ReplyDelete
  6. ua wajarlah kita beri tip,... kasian juga mereka,..bte nice iformation,..aku suka blog anda,..klo bisa tuker link by http://ningtyasindri.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Tip dapat diartikan sebagai penghargaan atas pelayanan yang baik. Kita memberikan tip kepada karyawan yang secara langsung melayani kita di perusahaan tempat kita meminta pelayanan.

    ReplyDelete
  8. -Memberi tip MEMANG perlu dilakukan , agar si penerima merasa semangat, krn dihargai utk hasil keringatx ! Kalo nggak barangkali kita bisa dikategorikan orang pelit, lebihbaik mencari PAHALA aja deh !!! Krn itu yg dibawa kalau kite mati besok !

    ReplyDelete
  9. Great blog haha but its kinda hard to read for me!

    ReplyDelete
  10. wah, kalau nggak dikasih tip gimana ya?....
    tapi, Thanks buat tips ngasi tipnya ya......
    judulnya juga lucu, kirain tip apaan ternyata tip kasih uang.......hehehehehe

    ReplyDelete
  11. Berkunjung malam dek ...gimana kabarnya?

    Tips yg penting dan menarik, kadang2 kita bingung juga mo ngasinya karena gak ngerti, takutnya kurang gitu he3 ...

    ReplyDelete
  12. Nice writing..
    Ternyata ada tips jg ya buat membuat tips..
    Top dah. :-)

    ReplyDelete
  13. Thanks for the tips of creating tips..
    it's useful

    ReplyDelete
  14. klo puas, siapa aja bakal kecipratan tips..tapi klo ngga bayar parkir aja jadi ngedongkol...heheheh

    ReplyDelete
  15. Duh ribet juga ya, mo ngasih tips aja pake tip...

    ReplyDelete
  16. Ada tips nya juga buat ngasih tip, Besok tips apalagi nih...

    ReplyDelete
  17. Wahhhh....article-nya berguna banget...harusnya baca ini dulu sblm ke US kmrn...kebetulan pas pengalaman pertama ke US bareng temen...karena gak tau pasaran, akhirnya ngasi tipsnya ngikutin temen...bfast di hotel pelayannya ramah banget...bskannya kok dicuekin ma pelayan yang sama...usut punya usut, ternyata tips yang dikasi kekecilan..hehe:D

    ReplyDelete
  18. beautiful.
    blog spongebob http://oke-sexoke.blogspot.com/

    ReplyDelete
  19. kalau memang pelayanannya bagus, tidak ada salahnya memberi tips lebih.

    ReplyDelete
  20. nice inpo..
    emang perlu tips keQ gini biar kita bisa bersosialisasi..
    hehe

    kunjungi blog saya juga ya :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  21. Bener juga ya, kadang kadang kita kasih tips karena takut dianggap pelit, padahal pelayanannya menebalkan. hehe... Mbak kita tukeran link yuk, linknya udah saya pasang lama lho di http://belajarblogger.wordpress.com/

    ReplyDelete
  22. iya, kadang besarnya TIP jg sebagai gengsi....
    salam kenal mbak ^_^

    ReplyDelete
  23. weleh..weleh..buat bayar tips aja mahal banget ya...di Indo paling banter ngasih 10rb itu pun rasanya udh mahal banget..:D

    ReplyDelete
  24. asal yang diberikan bersyukur jangan ngedumel....

    ReplyDelete
  25. kasih tip kalo ada kembalian aja heheheh,,,kalo minta ya kasih kalo engga ya ga kasih,kalo sekarang sih sudah banyak yang berani minta,,,

    ReplyDelete
  26. thanks your info..visit 4shared Mp3 to download Mp3

    ReplyDelete
  27. desain blognya bagus kaya orangnya...thanks ya infonya

    ReplyDelete
  28. Tip untuk penata rambut Ok banget memberi inspirasi bagi saya.Tnx ya.

    tresna

    ReplyDelete
  29. wah tipsnya sampe 5 dollar tuh,
    kalo di rupiahin jadi 5 rupiah boleh?
    hihi

    salam kenal =)

    ReplyDelete
  30. Tips oke tentang tips memberikan tips agar tips tips kita dibaca orang yang juga ingin memiliki tips. Banyak tipsnya ya.

    ReplyDelete
  31. kadang ber_fiki_r
    tipnya kurang g ya ?

    ReplyDelete
  32. tipsnya ngasih tip manteb mbak....

    ReplyDelete

i hate spammers....