Thursday, October 15, 2009

Vertigo

BY tyas indree IN , 38 comments

Nggak pernah-pernahnya nih ngalamin kaya gini. Tadi pagi pas bangun tidur sehat-sehat aja, tapi trus pas lagi duduk nyantai kok tiba-tiba semua terasa muter-muter. Kirain ada gempa.. Pas bangun dari duduk, malah makin menjadi sampe mau jatuh. Yah, melorot duduk lagi deh.. Wah serba salah deh tuh.. Melek pusing, merem tambah pusing.. Harus gimana dong.. Dibuat tiduran, rasanya tempat tidurnya goyang-goyang..

Hii.. baru sekali ini ngerasain kaya gini.. Gak enak banget.. Udah tau sih, kalo keadaan kaya gini nih namanya Vertigo. Banyak temen yang pernah cerita tentang Vertigo n gejalanya. Nggak nyangka aja hari ini si Vertigo mampir ke aku..

Jadi, dari pagi sampe siang tadi aku cuma duduk tegak di kursi deket kamar mandi. Soalnya, pake mual juga.. Nabrak-nabrak ke kamar mandi n hoek - hoek lah diriku. Untung cuma sampe siang aja tuh si Vertigo maen. Sore, Alhamdulillah udah mendingan.

Begitu udah bisa melek dengan sempurna, aku langsung cari-cari di internet soal Vertigo. Aku kutip sedikit di sini ya.. Siapa tau berguna juga buat yang mampir kesini..

DEFINISI VERTIGO
Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari.
Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

PENYEBAB UMUM VERTIGO
1. Keadaan lingkungan

* Motion sickness (mabuk darat, mabuk laut)

2. Obat-obatan

* Alkohol
* Gentamisin

3. Kelainan sirkulasi

* Transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler

4. Kelainan di telinga

* Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo)
* Infeksi telinga bagian dalam karena bakteri
* Herpes zoster
* Labirintitis (infeksi labirin di dalam telinga)
* Peradangan saraf vestibuler
* Penyakit Meniere

5. Kelainan neurologis

* Sklerosis multipel
* Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya
* Tumor otak
* Tumor yang menekan saraf vestibularis.


PENGOBATAN
Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin.

Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

(dari berbagai sumber)

38 comments:

  1. terimakasih atas sharingnya...

    link web u dah gw pasang disini http://kamera-pengintai.blogspot.com/2009/09/pen-camera.html mohon di backlink,psg link yg itu.tolong jangan diganti linknya ya.anchor namenya pencamera.makasih


    tukeran link ya
    link : http://kamera-pengintai.blogspot.com/2009/09/pen-camera.html
    text : pen camera
    jangan diganti ya link gw ehheeh...
    link web u dah gw pasang.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah tuh ngerasain vertigo. Mudah2an sih gak ngerasain. Tips untuk pencegahannya dong mbak sekalian.

    ReplyDelete
  3. saya juga pernah mengalaminya. Rasanya seperti ada gempa besar, badan serasa mau terlepar ke segala arah

    ReplyDelete
  4. Wah vertigo,,,apa penyakit ini berbahaya?...

    ReplyDelete
  5. makasih ya udah link blog gw...

    ReplyDelete
  6. Assalamu Alaikum...

    Tak kenal maka tak sayang seharusnya juga berlaku pada tubuh kita sehingga kita tidak perlu mengalami hal serupa diatas. paling enggak kalau kita sudah tahu akan penyakit mungkin kita sudah bisa memprediksikannya.

    heheh sok tahu ya mba ning....
    apa kabar nih suwi ra temu...

    tukeran link ku yo....

    ReplyDelete
  7. ooo. gitu yach yang namanya v..e..r..t..i..g..o !!!

    ReplyDelete
  8. ini nihhhhhh yg kayaknya aku rasain belakangan ini.....
    suka tau2 kayak gempa dan hilang keseimbangan...tapi aku cuma sebentar2 gitu gak pernah (jangan sampe deehhh) sampe pusing hebat gitu aaaaaa...serrrreeemmmmmmm :(

    ReplyDelete
  9. makasih banget neeh atas sharing info nya..sangat bermanfaat bagi kita kita semua..semoga kita semua bisa lebih tau..apa tuh namanya Vertigo...sangat membantu...makasih infonya mba..

    ReplyDelete
  10. thank sekali info nya mba...postingan2 mba..emang yahud...thank telah berbagi info..

    ReplyDelete
  11. wah,bagus sekali nih artikelnya jangan lupa kunjungan dan komentar baliknya ya di www.direktori-iklan.com dan www.referensi-iklan.com,Salam sukses selalu !!!!

    ReplyDelete
  12. waduh kalao gitu saya juga sering keserang Vertiggo donk. muter2 sendiri dara rendah soale hehe

    ReplyDelete
  13. wah mbakku terkena vertigo ya...??
    moga aja cepat sembuh...!!!!
    akhirnya blog ini gak jablay lagi

    ReplyDelete
  14. jaga kesehatan aja mbak.
    jangan sampe ini terulang kembali..
    kan akibatnya bsa fatal..

    danu say: stop junk komen karena komen anda berharga!

    ReplyDelete
  15. wah.. mudah-mudahan ini tidak terulang kembali ya mbak... jaga kesehatan.. semoga juga kita semua terhindar dari penyakit yang satu ini... :)

    ReplyDelete
  16. haluw mbak gmn kbare..?? tentang vertigo aQ juga pernah kena,benar2 munyer2 mual sampek pucat untungx deket rmh ada RS jadi langsung di bw ke RS disuntik beberapa jam langsung sembuh.. jangan sampai kena lagi rasax mata kalo mw melek kayak sakit ditusuk2... semoga g terulang lagi mbak.. heheee

    ReplyDelete
  17. waduhhhh
    amit2 dech aku jangan sampe kena
    harus jaga kesehatan terus ah
    maksih artikelnya mba
    jadi mengingatkan ku untuk jaga kesehatan

    ReplyDelete
  18. terimakasih atas sharingnya...

    gw mau ajakin tukeran link.link web u dah gw pasang disini http://www.kaos-game.blogspot.com mohon di backlink,

    link : http://www.kaos-game.blogspot.com
    text : kaos game
    jangan diganti ya link gw ehheeh...
    link web u dah gw pasang.
    makasih

    ReplyDelete
  19. Trims infonya sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete
  20. Pasti gak enak banget ya sis :)

    ReplyDelete
  21. wah ..ga enak banget orang yg kena vertigo ya...

    ReplyDelete
  22. Udah gak kambuh-kambuh lagikan,,,,salam kenal,,,,

    ReplyDelete
  23. Mudah-mudahan cuma sekali ini za..Jangan sampe lagi..soalnya kakaku dulu juga sampai Pingsan (eh malah curhat) hee..salam kenal za

    ReplyDelete
  24. Bukan sedang Ngidam kan Mbak ayu? kwekekekek...

    ReplyDelete
  25. penyakit ini kayaknya bukan untuk orang tua saja yah tapi juga orang muda, trims infonya bermanfaat

    ReplyDelete
  26. wah, kayak baru denger nich penyakit yang namany vertigo...
    and kayaknya dapet pengalaman baru ttg kesehatan + obatnya lagi. wah bgus bangetz nich...
    kira-kira ada obat yang alami nggak mbak?...
    soalnya saya lebih suka obat yang alami... hehehehehe

    ReplyDelete
  27. apa gara2 sering ngalami gempa jadi terbawa-bawa kaya vertigo.. hehe..
    Semoga saya tidak mengalaminya. Tapi kadang waktu bangun tidur terus buru2 mau ngapa2in gitu rasanya kepala ni jadi pusing dan silau banget.. tapi setelah beberapa saat jadi baikan lagi//

    ReplyDelete
  28. wah, lama ga mampir neeehhh.. apa kbr bu? btw, vertigonya dah ga kambuh2 lg kan?

    ReplyDelete
  29. y emang rata2 penyakit vertigo berhubungan dengan telinga

    ReplyDelete
  30. Artikel yang berguna untuk saya karena saya pernah terkena vertigo. Penyakit yang satu ini sempat membuat saya berpikir mungkin sudah dekat waktu kiamat untuk saya. Namun, ternyata saya masih diberi kesempatan dan sekarang dapat berpartisipasi memberikan komentar di blog ini.

    ReplyDelete
  31. mana tips untuk mencehgah & mengatasinya ? biar tak bikin buku sendiri tentang vertigo & permasaahannya.

    ReplyDelete
  32. terus piye ? sekarang dah sembuh ? gimana cara atasinya, pakai obat apa ?

    ReplyDelete
  33. saya sih pernah juga mengalamai sis,tapi obatnya sih cuma kita berusaha tenang aja dalam menghadapi segala permasalahan yang kita hadapi

    ReplyDelete

i hate spammers....