Monday, May 26, 2008

Bisnis apa lagi ya?

BY tyas indree IN , 4 comments

Kalo kita bicara soal penghasilan, kayanya manusia nggak ada puasnya. Apa lagi harga BBM baru aja naik, yang pastinya segera akan diikuti oleh harga barang2 kebutuhan lain juga. Trus, kalo penghasilan kita tetep segitu2 aja, cukup nggak ya buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Congratulation buat yang nggak terpengaruh sama kenaikan harga. Kalo buat aku pribadi, itu cukup berpengaruh.

Sebelum ini mungkin aku bisa menyisihkan sedikit dari penghasilanku untuk menabung dan investasi. Tapi besok, nggak tau deh. Terus terang, ngeri. Yang pasti, financial plan ku bakal meleset semua.

Alternatif buat mengantisipasi ada 2:
- Hapus pengeluaran yang nggak penting alias berhemat.
- Nambah penghasilan.

Buat point pertama, aku udah niatkan beberapa tindakan, misalnya :

  • Stop langganan majalah2 tentang lifestyle. Nggak di stop semua sih, sisain satu yang paling aku seneng.
  • Kurangi frekwensi makan di luar, ngafe, ngemall. Kalo kita jarang jalan2, selain ngirit duit, ngirit bensin juga kan.
  • Kalo belanja, harus bawa daftar belanja biar nggak kalap n ngawur.
  • Hemat listrik. AC ruang tamu n ruang makan aku ganti pake ceiling fan.
  • Untuk internet, aku mau ganti, ambil yang paket 2 in 1 sama TV cable. Berarti, TV sattelite yang aku pake sekarang harus aku stop.
  • Dll yang intinya mengencangkan ikat pinggang.

Mungkin kedengerannya kaya menyiksa banget ya? Sebenernya nggak juga, lama2 juga pasti terbiasa. Awalnya pasti repot, tapi demi masa depan it’s oke lah..

Buat point yang kedua, nambah penghasilan, masih bingung nih. Bisnis apa ya? Keinginan sih banyak, dan kayanya rencana yang aku buat, kalo dipertimbangkan dengan kemampuan dan sarana yang ada, semuanya oke. Contohnya :

  • Nambah kamar kost. (Eh, aku belum cerita ya kalo aku ini ibu kost? Ntar aku cerita di post lain tentang kost2anku ya.)
  • Jualan tas. Ambil dari kampungku di Jogja sono, trus dimodifikasi dulu biar lebih indah, trus aku titip2in ke toko2 n temen2.
  • Buka resto kecil di rumah. Menunya nggak usah macem2. Aku punya resep satu jenis makanan yang enak banget (menurut aku n temen2 deketku). Makanan utamanya itu, yang lain pelengkap aja.
  • Cari duit dari internet. Baru belajar2 nih. Ternyata banyak banget peluang bisnis di internet. Kenapa nggak dari dulu aja ya.

Masing2 rencanaku itu memang ada kendalanya. Aku lagi berhitung2 dan menimbang2, mana yang nanti akan direalisasikan. Tapi at least, aku udah punnya tujuan dan rencana. Itu udah jauh lebih baik daripada cuma bengong n berangan2 aja. Setuju kan?

4 comments:

  1. wah..kamu punya pemikiran and ide boljug.. bah..!

    ReplyDelete
  2. Aq lagi cari agen niih.. untuk bisnisku di wilayah Jogya dsk.. ;p

    ReplyDelete
  3. @meitria cahyani: wah sayangnya saya tinggal di jakarta tuh mbak.. yg di Jogja adek saya cowok.. :-D

    ReplyDelete
  4. bisnis online aja.. hehehe..

    ReplyDelete

i hate spammers....