Friday, February 5, 2021

Bersyukurlah Dalam Segala Hal

BY tyasjetra IN , No comments




Ada seekor Burung yang hidup di Padang Pasir yang sedang sakit, tidak ada bulu, tidak ada makan dan minum, tidak ada tempat tinggal.

Suatu hari, seekor Burung Merpati lewat. Burung yang tidak bahagia itu menghentikan Burung Merpati, dan bertanya : "Mau pergi kemana ?"

Merpati itu menjawab : "Aku akan pergi ke Surga"

Maka Burung yang sakit itu berkata : "Tolong cari tahu, kapan penderitaanku akan berakhir ?"

Burung Merpati itu berkata : "Tentu, aku akan melakukannya", sambil mengucapkan selamat tinggal kepada Burung yang sakit.

Burung Merpati melanjutkan perjalanannya mencapai Surga dan menyampaikan pesan Burung yang sakit itu kepada Malaikat di Pintu Surga.

Malaikat itu berkata :
"Selama tujuh tahun ke depan hidup Burung tersebut harus menderita seperti itu, tidak ada kebahagiaan sampai saat itu."

Burung Merpati berkata : "Ketika Burung yang sakit mendengar ini, dia pasti berkecil hati. Bisakah anda menyarankan solusi apapun untuk ini ?"

Sang Malaikat menjawab : "Katakan padanya untuk selalu berdo'a dengan kalimat ini : 'Alhamdulillah `alaa kulli haal'"

Burung Merpati itu bertemu dengan Burung yang sakit tadi dan menyampaikan pesan Malaikat itu kepadanya.

Setelah tujuh hari Merpati itu lewat lagi. Dia kaget melihat Burung yang tadinya sakit itu sekarang sangat senang, bulunya tumbuh, tanaman kecil tumbuh di daerah Gurun, Kolam kecil air juga ada di sana, Burung itu bernyanyi dan menari riang.

Merpati itu tercengang. Malaikat telah mengatakan bahwa tidak akan ada kebahagiaan bagi Burung itu selama tujuh tahun ke depan.

Melihat keadaan ini, Burung Merpati pergi mengunjungi Malaikat kembali di Gerbang Surga. 

Burung Merpati itu mengajukan pertanyaan kepada Malaikat.

Malaikat menjawab : "Ya memang benar tidak ada kebahagiaan untuk Burung itu selama tujuh tahun, tetapi karena Burung itu selalu mengucapkan 'ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL' dalam setiap situasi, maka hidupnya berubah."

Ketika Burung itu jatuh di atas pasir panas dia berkata : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL"

Ketika tidak bisa terbang dia berkata : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL."

Ketika haus dan tidak ada air di sekitar, dia berkata : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL" 

Apapun situasinya, Burung itu terus mengulang : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL" dan karena itu tujuh tahun dibubarkan dalam tujuh hari.

*****
Ketika saya mendengar Cerita ini, saya merasakan perubahan besar dalam cara saya merasakan, berpikir, menerima dan melihat kehidupan.

Saya mengadopsi kalimat ini dalam hidup saya. APAPUN situasi yang saya hadapi, saya mulai mengucapkan : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL"

Ini membantu saya mengubah pandangan saya dari apa yang saya tidak punyai dan apa yang saya miliki dalam hidu saya.

Jika sakit kepala, saya ucapkan : "ALHAMDULILLAH `ALAA KULLI HAAL" - TERIMA KASIH atas tubuh saya lain yang baik-baik saja, yang sehat, lalu saya rasakan sakit kepala itu tidak mengganggu saya sama sekali.

Dengan cara yang sama saya mulai gunakan kalimat ini dalam hubungan saya baik keluarga, teman, tetangga, kolega, keuangan, kehidupan sosial, bisnis dan semua hal yang dapat saya ceritakan.

Saya berbagi Cerita ini dengan semua orang yang saya kenal, dan itu telah membawa perubahan besar dalam perilaku mereka juga.

Kalimat sederhana ini benar-benar memiliki dampak yang mendalam pada hidup saya. Saya mulai merasakan betapa beruntungnya saya, betapa bahagianya saya, betapa hidup adalah baik.

Mari kita ulangi kalimat ini secara terus menerus untuk memperbaiki keseharian hidup kita.

Jadi bersyukurlah dalam segala hal, dan lihatlah perubahan mulai terjadi dalam diri kita. Ada KUASA ALLAH dalam bersyukur. 

DEMIKIANLAH MAKNA NYA 

ALHAMDULILLAH 'ALAA KULLI HAAL

Terima kasih Ya Allah atas segalanya. 

Pantas Nabi Muhammad SAW bersabda : "Alhamdulillah adalah do'a terbaik"

Dzikir yang pendek, tetapi besar sekali maknanya, semoga kita termasuk orang orang yang Istiqomah mengamalkannya, 

Aamiin Yaa Rabbal Alamiin

Sent from my iPhone

0 comments:

Post a Comment

i hate spammers....