Tuesday, October 27, 2015

Menjauhlah dari Sang Pengeluh

BY tyas indree IN 8 comments


Pernah ketemu orang yang hobbynya mengeluh..? Ada lho orang yang sengaja atau tidak, membuat kegiatan mengeluh adalah hobbynya.. Dia memandang semua yang terjadi dalam dirinya adalah suatu kesialan yang tidak seharusnya dia alami.. Biasanya kemudian dia mencari orang lain untuk dia salahkan atas kondisi yang ada.. Atau menyalahkan kondisi yang menurutnya tidak bersahabat dengan dia..

Saat kita bertemu dengan orang seperti itu, mendengarkan keluh kesahnya, merasakan kemarahannya, melihat airmatanya, untuk satu-dua kali mungkin kita bisa tidak terpengaruh dan masih bisa menasehati dan membesarkan hatinya..

Tapi ingat, pengungkapan keluhan, apabila itu sudah menjadi hobby, habit, atau kebiasaan seseorang, seperti yg aku tulis di atas, pasti akan berulang dia ungkapkan.. Entah itu kepada 1 orang tertentu secara berulang2, ataupun randomly kepada siapapun yang dia temui..

Bayangkan bila kita harus berulang2, setiap hari mendengarkan hal negatif yang seseorang keluhkan.. Yang awalnya kita berlaku sebagai seseorang yang berempati dan membesarkan hatinya, akhirnya bukan tidak mungkin kita akan terseret dalam keluh kesahnya.. Yang tadinya kita rajin bersyukur atas segala nikmat kehidupan yang kita miliki, akhirnya mulai meragukan dan membandingkan/menyamakan keadaan kita dengan Sang Pengeluh tadi..

"Iya, sebenernya keadaan gue juga ampir sama sih kaya elu. Kadang gue juga.. bla..bla..bla.."

Duaarrr!!! Saat dimana kata2 seperti itu keluar dari mulut kita, disitulah kita sudah kalah..

Kata2 negatif itu 1000 kali lebih mudah masuk ke pikiran/hati dibandingkan kata2 positif..

Jadi harus gimana kalau ketemu orang yang maunya curhat negatif atau mengeluh terus ke kita..? Sekali sekali bolehlah kita jadi pendengar.. Tapi kalau sudah terlalu sering, akan tidak sehat buat hati dan pikiran kita..
Harus bisa menolak.. Harus bisa bilang tidak mau.. (Say sorry first ýαα... )

Dia senang kita bisa jadi tempatnya membuang segala uneg2 negatifnya.. Kitanya..? 😥😥😥
Tempat orang membuang segala sesuatu itu namanya tempat sampah.. Mau jadi tempat sampah..? Hehe, aku sih nggak mau..


Sent from my ASUS

8 comments:

  1. artikel yang bagus dan menarik kunjungin dong web aku
    Majalah Remaja Islam Drise

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. terimakasih sudah memberikan informasi yang bermanfaat, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  4. Ya kalau tiap hari dapat curhatan yang negatif sih tentunya kita tidak enak juga ....cara terbaik ya kita ngomong saja langsung ke orangnya supaya kita juga merasa enjoy tanpa membuat kecewa kepada si dia ...he he

    ReplyDelete
  5. Makasih banget infonya gan.... Sukses slalu.
    Salam kenal

    ReplyDelete

i hate spammers....