Saturday, January 23, 2010

6 Tipe Peselingkuh

BY tyas indree IN , , 45 comments

Anda mungkin hanya tahu dua jenis peselingkuh: pria yang berselingkuh dari istrinya, atau berselingkuh dari kekasihnya. Dua-duanya menyebabkan sakit hati dan hilangnya kepercayaan terhadap pasangannya ini.

Namun menurut Dr Doug Weiss, presiden American Association for Sex Addiction Therapy dan pendiri situs konseling SexAddict.com, ada 6 jenis peselingkuh. Tidak semua dari peselingkuh ini adalah pecandu seks, namun ada peselingkuh kambuhan yang memang memiliki masalah kecanduan seks.

Anda ingin tahu tipe-tipe yang dimaksudnya? Dr Weiss menjelaskannya berdasarkan ringkasan dari bukunya, Addicted to Adultery: The Other Reason Spouses Cheat:

  • 1. Si pemburu
Tipe ini cerdas, sukses, dan pintar bicara, yang memancarkan energi seksual atau narsisistik tertentu. Mereka biasanya mencari orang yang rapuh, kesepian, atau justru pecandu seks lain untuk menikmati quickie sex. Mereka punya pickup lines atau modus operandi yang jelas untuk memerangkap korbannya. Tetapi mereka tidak akan mencari tipe pemburu lain, karena akan menyakiti mereka. Contoh tipe ini adalah Tiger Woods, yang menurut Dr Weiss mencari tipe wanita tertentu yang muda, cantik, langsing, dan rela melakukan apa saja untuknya.

“Korban mereka bukan wanita milyuner, bukan bintang olahraga, atau aktris," kata Dr Weiss, tentang wanita-wanita yang pernah dikencani Tiger Woods. "Tak satu pun dari wanita ini yang memiliki kekuasaan. Pokoknya mereka bukan ancaman."

  • 2. Si pahlawan
Tipe ini biasanya berlagak ingin menolong korbannya yang sedang mengalami kesusahan. Mereka akan mendekati korbannya sambil berpura-pura menjadi pendengar yang baik mengenai kehidupan si korban. Korban tentu merasa sangat dihargai dan dimengerti, sehingga menaruh kepercayaan pada si pahlawan ini. Kepercayaan ini lalu disambut dengan gembira, karena artinya jalan untuk mendapatkan si korban semakin dekat. Bahkan setelah mereka berhasil merebut hati si korban, mereka akan tetap dipandang sebagai pria yang manis. "Pahlawan ini ingin mendengar wanita memujanya," kata Dr Weiss.

  • 3. Tipe korban
Tipe ini justru sebaliknya, berperan sebagai korban. Mereka akan berkeluh-kesah pada teman wanitanya, bahwa istrinya tidak pernah memperhatikan, menghargai, apalagi ingin berhubungan intim dengannya. Orang ini berlagak mencari seseorang bisa membantunya keluar dari permasalahannya, membuat wanita calon korbannya merasa iba. Padahal, dengan cara itulah mereka menjerat korban sesungguhnya.

“Pria seperti ini memanipulasi wanita melalui rasa iba,” kata Dr Weiss. Lagi-lagi ia menjadikan Tiger Woods sebagai contohnya. Tiger disebut-sebut selalu mengeluh tidak bahagia dalam pernikahannya dengan istrinya, Elin, untuk meyakinkan wanita lain supaya mau tidur dengannya.

  • 4. Tipe oportunis
Tipe ini bisa mengincar seseorang yang 20 tahun lebih muda atau lebih tua, gemuk atau kurus, kaya atau kekurangan. Mereka akan merasa senang jika diinginkan atau didambakan orang lain, sehingga siapa saja yang menginginkan mereka tentu akan diterima dengan antusias. Mereka tak peduli bagaimana penampilan korbannya, atau apa latar belakangnya. Pendeknya, selama ada kesempatan, mereka akan berusaha mendapatkannya. "Tipe oportunis ini mencari wanita dalam kondisi apa pun," ujar Dr Weiss.

  • 5. Tipe profesional
Ini tipikal pria pada umumnya. Tipe ini tidak mencari cinta, tidak peduli pada keinginan atau kebutuhan korbannya, atau apa yang dipikirkan korban mengenai diri mereka. Sebab mereka sebenarnya menjalani kehidupan normal, memiliki istri yang baik, anak-anak yang manis, dan pekerjaan yang mapan. Tetapi mereka bisa menjadi badung ketika mereka menginginkannya. Karena itu mereka berusaha menyembunyikan semua aksinya. Menurut mereka, “Kalau tidak ada yang tahu, tidak akan ada yang sakit hati.”

  • 6. Tipe pemuja
Ini tipe peselingkuh yang paling spesifik. Mereka hanya menginginkan satu tipe wanita tertentu, yang sangat terbatas. Bahkan, mereka berani mengambil risiko untuk menerima satu kesempatan langka bersama wanita yang mereka inginkan. Mereka bisa membagi-bagi hatinya, dan seringkali merasa memiliki hak untuk melakukan perselingkuhan.

“Mereka berselingkuh untuk memenuhi desakan akan tipe wanita tertentu," ujar Dr Weiss, sambil menambahkan bahwa kriterianya antara lain suku, ukuran, atau apa pun yang tidak mereka temukan pada diri pasangan mereka.

Apa pun tipe peselingkuh yang Anda temui, Anda masih punya kesempatan untuk memperbaiki hubungan. “Jalan keluarnya tetap sama: kejujuran, pertanggungjawaban, dukungan, dan mengatasi masalah karakter dan psikologis mereka," katanya. "Dan, mereka bisa kok menjadi lebih baik, asalkan mereka mau."

Sumber: kompas.com

45 comments:

  1. hi friends .............
    This is my first visit on the blog/site for you, wow ..... your blog was incredible, I am happy to be in your blog. will you link X-change with me, if you are willing, please let me know. I'll input your link too. I hope our friendship can be forever. I'll see you in the new article. ok

    ReplyDelete
  2. thx artikelnya..
    para wanita agar lebih hati2 sama para pesakit seperti ini...
    usul ni mbak tulis artikel ttg kanker dan tumor payudara dan seputar rahim ya...

    ReplyDelete
  3. infonya sangat bermanfaat mbak..
    kalau butuh akses internet murah bisa mampir di HamaSale Shop.
    thanks sobat

    ReplyDelete
  4. untung saya tipe penyayang. :)

    ReplyDelete
  5. kenapa kalau bicara selingkuh selalu laki2 yg jadi kambing hitam? wanita berselingkuh juga buanyaaakkk...
    atau secara logika, laki2 selingkuh tentunya dengan wanita kan? harusnya jumlah laki2 dan wanita peselingkuh sama banyaknya.
    hanya saja, wanita selalu menganggap dirinya menjadi korban..., aneh.

    ReplyDelete
  6. @anonymous: kalo mau baca ulasan soal wanita yg selingkuh, ada di postingan sebelumnya.. cowok n cewek sama2 bisa jadi pelaku perselingkuhan, bisa juga jadi korban.. Commentnya gak usah pake emosi, Pak.. hehe ^_^

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas info nya.
    Tapi kenapa ya, laki-laki yang suka berselingkuh itu pemikiran nya gimana gitu ya ?
    Apa mereka gak pernah berpikir betapa sakit hati ny mereka yang menjadi korban dia ?

    ReplyDelete
  8. ternyata peselingkuh juga banyak tipenya yah,,, baru tau juga ada peselingkuh tipe pemuja he..he.. mungkin dia selingkuhnya hanya ingin dengan artis pujaannya...

    ReplyDelete
  9. haha, ada juga tipe2 selingkuh,,
    keren juga sih artikel nya neng tyas...

    tapi gw adalah cowok yang gk pernah selingkuh, haha...

    kunjungi blog ku mba, tentang percintaan semua artikel nya..

    www.devan-love.blogspot.com

    mkasih yah .. :)

    ReplyDelete
  10. Yang terpenting kesetiaan kita sama pasangan kita, janga terpengaruh dengan keadaan lingkungan sekarang ini, saya mau merevisi orang katakan selingkuh itu indah, sebenarnya selingkuh itu neraka, kenapa ? akan tejadi hal- hal yang menyebabkan kehancuran dengan perselingkuhan itu

    ReplyDelete
  11. artikel yang unik, menarik banget nih..
    thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  12. Aku adalah lelaki yang tak pernah mencari wanita .....

    ReplyDelete
  13. Kalo begitu rasa cemburu itu disarankan gak mbak? :D Kadang terjadi juga karena pasangan yang terlalu cuek dan percaya. Seperti kata bang napi. Kejahatan ada karena adanya kesempatan :D

    ReplyDelete
  14. hhhmmm koq cuma cowoq aja.... emang ce gak bisa selingkuh :-(

    ReplyDelete
  15. Wow Impressive!
    Your blog is very informative. However, it is pretty hard task but your post and experience serve and teach me how to handle and make it more simple and manageable.
    Thanks for the tips… Best regards.
    dissertation | dissertations | writing a dissertation

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas infonya..

    semoga ini bisa berguna bagi kita semua,,agar yang namanya perselingkuhan itu tidak pernah ada,,, dan kesetiaan itu harus di jaga sampai kapanpun...heheh

    ReplyDelete
  17. wow wow wow...sungguh tips yang bisa membuat semua orang bisa merasa tenang dan nyaman bagi yang tidak suka selingkuh...hehe

    semoga apa yang telah anda berikan bisa membuat kami merasa bisa menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  18. .tips2 yang membuat kita para wanita bisa merasa tenang dan tidak perlu khawatir..karena kita para wanita, sudah mempunyai tips yang bisa mencegak kita di duakan....jadi pergunakan tips ini dengan baik,,,

    ReplyDelete
  19. sungguh tips yang bisa membuat kita waspada bagi para laki-laki yang suk selingkuh...hehe

    tapi saran aku sih ,,mending gak usah selingkuh,,karena selingkuh tuh cuma bisa membawa bencana ja buat kita..

    ReplyDelete
  20. info yang bermanfaat mbak...makasih yah

    ReplyDelete
  21. Dapat informasi dari mana nih kok bagus banget infonya, jadi bisa lebih hati2 gitu lhoh.

    ReplyDelete
  22. Ini nggak adil namanya ..., masak cuman cowok aja yang dijadikan "lakon"nya selingkuh, kan cewek juga ikutan ngrasain, cewek juga banyak yang malang melintang di dunia perselingkuhan .... soalnya gue juga pernah diajak selingkuh he .. he ... he ... untung gak jadi ...

    ReplyDelete
  23. thank ya atas infonya....saya ga habis berfikir ya kok kebanyakan cwok to selingkuh,,,,kalau saya sich ga suka selingkuh soalnya takut dosa,,,,,hehehe

    ReplyDelete
  24. Great Blog post at blogspot i like this excellent blog, i keep on reading articles from here.

    Dissertations
    Dissertation writing

    ReplyDelete
  25. Huaduh.... Artikel yg cukup membongkar kedok para pria yg suka berselingkuh. hahha...

    ReplyDelete
  26. saya tipe yang setia kok yah..hehehe......


    Kunjungi yah:
    UII

    ReplyDelete
  27. berhati-hati lah para wanita...
    jngan smpe terjebak rayuan nya....

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas info nya.
    Tapi kenapa ya, laki-laki yang suka berselingkuh itu pemikiran nya gimana gitu ya ?
    Apa mereka gak pernah berpikir betapa sakit hati ny mereka yang menjadi korban dia ?....

    ReplyDelete
  29. Terima kasih atas info nya.
    Tapi kenapa ya, laki-laki yang suka berselingkuh itu pemikiran nya gimana gitu ya ?
    Apa mereka gak pernah berpikir betapa sakit hati ny mereka yang menjadi korban dia ?....

    ReplyDelete
  30. untungnya aku bukan tipe kayak ke-6 tipe pria tersebut.Kagak enak selingkuh ... enaknya cuma bentar ... resikonya/akibatnya seumur hidup

    ReplyDelete
  31. wekekekeke...... ada2 aja mbak.....
    but boleh....boleh... buat referens.

    oh yah sekalian solusinya gimana nyikat para peseingkuh kaya gini.....?

    ReplyDelete
  32. duh ngeri banget infonya,
    tapi bermanfaat juga nih

    *Ya Allah semoga hamba g masuk golongan orang-orang yang mendurhakai nikmatMu*

    Salam kenal TheKaku :)

    ReplyDelete
  33. duh makin banyak dhonk yan gbakal belajar selingkuh jadinya,,,,,,,,,,,,,,, ehehehehe......... tapi bagus juga untuk antisipasi biar gak jadi korban,,,,,,

    ReplyDelete
  34. semoga terhindar dari sifat2 tersebut..

    ReplyDelete
  35. Nice info........
    Tapi kenapa ya, laki-laki yang suka berselingkuh itu gak mikirin istrinya,
    Apa mereka gak pernah berpikir betapa sakit hati ny mereka yang menjadi korbannyam,, hufzz,,,,, kagak ngerti sama jalan fikirannya.

    ReplyDelete
  36. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I've really enjoyed browsing your blog posts.

    ReplyDelete

i hate spammers....