Wednesday, December 24, 2008

Ngurus NPWP... gampang kok..

BY tyas indree IN 43 comments

Temen-temen pasti banyak juga yang belakangan ini dianjurkan untuk segera bikin NPWP.. (mau bilang dikejar-kejar, takut dikira bukan warga negara yang baik..). Aku juga sebenernya udah registrasi NPWP online di websitenya Ditjen Pajak dari bulan November , tapi kok lama banget gak ada hasilnya, padahal formnya udah ditandatangani n segera dikirim ke kantor pajak via Tiki..

Kemarin aku telpon Kantor Pelayanan Pajak Pulogadung buat nanyain status registrasi NPWP ku itu, tapi katanya mending ngurusnya langsung dateng kesana. Lebih cepet.. Ya udah, kemarin sore aku kesana (KPP Pratama Pulogadung di Jl. Pramuka..) Dan ternyata bener, emang cepet.. Kita tinggal isi formulir registrasi NPWP, sertain fotokopi KTP, tunggu sebentar, selesai deh..

Udah seneng2 mau pulang, di mobil aku periksa lagi tuh NPWP ku.. Yaaah, namaku salah... Ada kurang satu huruf.. Ya udah deh, balik lagi... Sayangnya kali ini nunggunya harus rada lama karena yang harus nanda tanganin persetujuan lagi nggak ada di tempat.. Ya udah deh, nunggu sambil ngobrol-ngobrol aja sama petugasnya..

Aku jadi tau dikit-dikit kenapa kita dianjurkan punya NPWP, apa itu Sunset Policy, deelel deh.. Sebelumnya buta banget deh, n gak gitu peduli soal pajak, yang penting semua honorku udah dipotong 5% untuk Pajak sama kantor yang ngasih kerjaan.. Dan setelah dicek, emang ada recordnya bahwa aku termasuk pembayar pajak yang aktif, tapi belum terdaftar (belum punya NPWP).

Di taun 2009, kalo kita belum punya NPWP, pajak yang dipotong akan bertambah 20% lagi dari pajak normal.. (yg sebelumnya 5% jadi 6%).. Trus, kalo kita punya NPWP, kita nggak perlu bayar fiskal kalo mau pergi ke luar negri..

Buat yang belum punya NPWP, segera bikin deh.. Kan orang bijak taat pajak.. Orang bejat gak taat pajak.. Hehe... Kidding looh..

43 comments:

  1. Kalau aku dah dibuati dari kantor, jadi tiap taun tinggal ngisi formulir yg dikirim ke rumah. Angkanya dah dikasih dari kantor. Sudah diisi terus setor ke kantor pajak.
    Tempat setornya ada wilayahnya masing masing.

    ReplyDelete
  2. PERTAMAXXXXX :D

    nyahaaaa. untung sy belum gede (*loh)
    jadi gak bingung pajak pajakan. huahaha *garing ah :p

    ReplyDelete
  3. Untung sy sudah punya npwp n ternyata punya npwp banyak keuntungannya.. btw mba akhirnya urus npwpnya lama juga dong karna kurang 1huruf hehe

    ReplyDelete
  4. ngikutttttt.... pajak blum ngerti ge... hiiihh

    ReplyDelete
  5. brati aku jg termasuk wong bijak duonk kan bayar pajak n dah punye NPWP qiqiqiq...

    hari gini gak punya NPWP? apa kata dunia???

    ReplyDelete
  6. weleh...usaha yang sedang saya rintis ini kayaknya blom perlu diurus npwp-nya...hehehe

    ReplyDelete
  7. sudah sepuluh tahun usia npwpku....heheheh

    ReplyDelete
  8. Ngurus bikinnya sih gampang. Yang susah adalah memutuskan NPWPnya... banyak dalihnya (eh maksudnya ketentuannya)

    ReplyDelete
  9. kmarin aku nyoba di KPP Pratama di Sleman, kok kata petugasnya ga wajib tuh? Aneh, dia kayanya ga antusias n ga encouraging kita bwt bikin NPWP. Pas aku nanya, jadi saran bapak gmn, saya perlu bikin ato ga, dia malah bilangnya, ya pokoknya ga wajib.....blom jadi bikin d...

    ReplyDelete
  10. wah enak yah mba......sudah ada npwpnya, kalo aku malah gag pernah ngurus tuh mba, tau-tau dari kantor dah ada yang ngasih kok...hehehehehe

    ReplyDelete
  11. btw bayar ga ya mba... bisa lebih terperinci lagi ga? apa aja yang harus di bawa? pengen jadi WNI yang baik hati nih wekekkekekeke

    ReplyDelete
  12. kalo NPWP saya di urus sama kantor (kolektif)..
    tapi sampe sekarang belum jadi juga, padahal udah lebih dari 1 bulan, hiks...

    ReplyDelete
  13. @erik: iya, enak kalo udah kolektif diurus kantor gitu.. aku gak punya kantor tetap sih, jadi ngurus sendiri..

    @nindy: hehe.. aku juga udah setuagini baru bikin NPWP..

    @eucalyptus: iya, bisa nebeng gitu juga kok ya say..

    @eiven gusky: hehe, harusnya sih cepet banget kalo langsung bener, jadi lama deh gara2 kurang 1 huruf..

    @dillah: samaa... sbenernya gak ngerti juga... hehe..

    @milla widia: iya dong Mill.. *toss...*

    @tukang nggunem: kalo aku diharuskan sih.. drpd pajaknya dipotong lebih gede..

    @gus: waa... WNI yg baik banget dong gus...

    @uke: oh gitu ya.. gak tau juga deh.. tp kenapa harus diputuskan sih..?

    @st_hart: hehe.. wong jogja mungkin yg penting alon2 aja.. gak usah dulu..

    @harry: enakan gitu dong har.. ada yg ngurusin..

    @abahrafi: sama doong..

    @subagya: gak bayar kok... kita cuma perlu bawa fotocopy ktp n isi formulir ajaa...

    @adealfay: yg penting udah diurus mbak.. mungkin krn banyak yg diurus jadi lama..

    ReplyDelete
  14. Baru tahu kl NPWP itu gampang.. cuma isi itu ja.hehee

    ReplyDelete
  15. betul mbak..skrng ini gampang bikin npwp..bahkan kantor pajak sudah jemput bola. mereka buka stan kantor pajak di mal2.
    boleh tau ngga mbak..kalo ga salah yg wajib bikin npwp adalah mereka yang penghasilannya sudah kena ptkp (tahun 2008 sebesar Rp. 13.200.000/tahun..tahun 2009 Rp. 15jutaan/tahun). kalo blm, tidak perlu. apa benar.

    ReplyDelete
  16. Wahh udah siap berangkat ke luar negri lagi ya.
    Kapan? 6 hari lagi? Padahal aku bawain kado lho.
    Mau kado apa nih?

    ReplyDelete
  17. orang bejat ngembat uang pajak.....

    itu yg cocok mbak

    ReplyDelete
  18. suamiku register npwp nya online...waduhh kalo sampe lama gitu jadinya seperti yang diceritain mbak tyas ini...bisa gak jadi2 tuh npwpnya...kira2 bisa diwakilin gak yahh???

    ReplyDelete
  19. klao ngblog sambil ngereview bayar npwp gak mbak hehe... jgn dong... kan gak selalu ada :D

    ReplyDelete
  20. Iya bener, pokoknya kita harus siap dokumen seperti : KTP, KK dan NPWP aman dech ..

    Met beraktifitas aja dek, sukses ...

    ReplyDelete
  21. Aku juga dah punya Bu nomor eNPeWePe.. itu juga ngurus sendiri... gancil banget.. 1 hari jadi.. skalian waktu itu ikut pengarahan Sanset Polisi...

    ReplyDelete
  22. hehehhe dibikinin kantor
    nurut aja dweh
    yg belom buruan bikin
    ntar mo ngelamar ditanyain sm calon mertua
    udah punya NPWP belom ?

    ReplyDelete
  23. Sekarang jaman dah berubah bro & sis, pajak sdh pake sistem administrasi modern, gak hanya ngurus NPWP yg mudah & cepat, urusan2 yg lain jg sama mudahnya kok! Sekarang, setiap kantor pelayanan pajak (KPP) mempunyai AR (Account Representative), msg2 AR mengawasi/membawahi beberapa WP. AR sebenarnya kanyak Konsultan, tp konsultan yg dibayar negara, jd klo ada masalah mengenai pajak/ pengen tanya masalah pajak, silahkan ke KPP tempat bro & sis terdaftar untuk bertemu dg AR masing2, klo blom tau siapa ARnya silahkan tanya terlebih dahulu.....

    ReplyDelete
  24. trims...
    jadi ingat belumpunya NPWP

    ReplyDelete
  25. Lebih susah ngurus suami 'kali ya :)

    ReplyDelete
  26. Lagi pada heboh bikin NPWP, sepertinya trend jelang 2009 bikin NPWP pribadi ya :D

    ReplyDelete
  27. katanya org pajak dah mulai berbenah kok, jd lebih baik...gak banyak tingkah kaya jaman dulu

    ReplyDelete
  28. aku blom urus NPWP nih tan....
    kayanya blom perlu deh...

    ReplyDelete
  29. aku ud bikin kebetulan ada mobil pajaknya yg dateng ke kantor,, cuma kasih poto copy id aj seh,,

    ReplyDelete
  30. beyum bikin nih npwp pribadinya.......lagi2 mbak tyas mengsinspirasiku buat ngurus npwp.....good post mbake

    ReplyDelete
  31. Hehe.. kemarin bincang2 ma Pak RT.. disuruh buat NPWP.. wew, Gw kan cuman numpang kost.. kok harus bayar pajak? (sambil kerja sie..) emang buat NPWP wajib ya?

    ReplyDelete
  32. lha kalo pengangguran kaya saya, emang harus bikin NPWP juga yap mbak?

    ReplyDelete
  33. Hi, aku baru dengar soal NPWP sehubungan dengan bebas fiskal. kalau boleh nanya nih, gimana dengan ortuku ya, belia berdua dah diatas 60, bapakku dah pensiun .. dan uang pensiun pun tak banyak. Ibu ku dr dulu gak pernah kerja. JAdi apa beliau berdua musti jg urus NPWP?
    Trimakasih .... Gloria

    ReplyDelete
  34. kalo belum punya penghasilan bisa buat npwp juga??cuma butuh buat free fiskalnya aja

    ReplyDelete
  35. Kalau SPTnya bisa online apa gak ya....?

    ReplyDelete
  36. KPP PRATAMA JAKARTA PULOGADUNGApr 4, 2009, 5:57:00 AM

    Wahhh Terimakasih ya mbak atas pendapatnya terhadap Pelayanan KPP PRATAMA JAKARTA PULOGADUNG....

    Semoga bisa memotivasi Pelayanan kami di KPP Pratama Pulogadung agar bisa lebih baik

    ReplyDelete
  37. KPP PRATAMA JAKARTA PULOGADUNGApr 4, 2009, 6:02:00 AM

    Sekarang SPT bisa dilaporkan dikantor pajak terdekat...
    Batas Waktu penyampaian SPT 31 Maret untuk WP orang pribadi dan 30 April untuk Badan
    Sedangkan Keterlambatan penyampaian SPT dikenai sanksi Rp100.000,- per pelaporan
    Penyampaian SPT Tahunan juga bisa dilakukan via POS

    ReplyDelete
  38. ok deh,,saatnya menjadi orang bejat,, eh bijak,, slm knl

    ReplyDelete

i hate spammers....