Friday, April 15, 2011

The Dukan Diet, Rahasia Ramping Perempuan Perancis

BY tyas indree IN 49 comments


Anda mungkin sering mendengar bahwa tak ada perempuan Perancis yang bertubuh gemuk. Mereka tetap ramping meskipun makan apa saja yang mereka suka. Rahasianya ternyata terletak pada pola makan mereka. Mereka menerapkan apa yang disebut sebagai The Dukan Diet.

Ketika ahli nutrisi Perancis, Dr Pierre Dukan, memperkenalkan bukunya yang berjudul The Dukan Diet 10 tahun lalu, buku ini segera menempati tempat teratas daftar best seller di Perancis. Kini, lebih dari 1,5 juta perempuan Perancis menerapkan penurunan bobot badan yang dramatis dan hasilnya tidak hanya sementara.

Mantan dokter saraf ini menghabiskan waktu 35 tahun untuk meneliti dan menyempurnakan berbagai elemen dari pola dietnya. "Jelas sekali bagi saya selama bertahun-tahun ini bahwa menghitung kalori itu tidak akan berhasil. Otak kita tidak bekerja seperti itu," katanya.

Menghitung kalori artinya menetapkan kuota, dosis, dan porsi makan. Namun para pakar diet yang menyarankan untuk menghitung kalori mungkin lupa, "Bahwa orang yang harus mengikutinya itu terbuat dari darah dan daging, dengan emosi dan insting," lanjutnya. Artinya, hal itu tidak manusiawi.

Program diet Dukan ini didesain untuk mengakar ke dalam otak pelaku diet. Diet Dukan terdiri atas empat program makan secara berbeda yang mengikuti satu sama lain. Diawali dengan penurunan berat badan yang cepat dan dramatis, yang menghasilkan pengaturan makan sederhana, terstruktur, dan berlaku dalam jangka panjang, untuk memastikan Anda tak akan mendapatkan kembali berat badan yang sudah Anda hilangkan.

Elemen terpenting yang mengaitkan empat tahap program tersebut adalah makan protein saja selama berhari-hari. Anda hanya pelru makan makanan tinggi protein, rendah kalori, dan mengurangi nafsu makan. Penyerapan tubuh terhadap protein akan menyebabkan pembakaran kalori, dan memungkinkan penurunan berat badan tanpa kehilangan kekuatan otot.

Keempat tahap program tersebut adalah:



* Fase "serangan" protein murni, dimana Anda hanya mengonsumsi protein seperti daging, unggas, ikan, seafood, dan produk olahan susu bebas lemak. Fase ini berlangsung selama 3-10 hari, tergantung pada target Anda. Imbangi konsumsi protein dengan minum 3 liter air putih setiap hari.

Pola makan kaya protein dalam jangka pendek akan membersihkan jaringan dari kelebihan air, menurunkan nafsu makan (saat hanya mengonsumsi protein, tubuh memproduksi sel-sel ketonik yang merupakan penekan nafsu makan alami), sambil tetap memelihara bentuk otot dan kehalusan kulit.

* Fase sayuran. Seperti pada fase pertama, Anda hanya boleh menambahkan sayuran ke dalam protein. Jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung tepung (seperti kentang, jagung manis, kacang polong, kacang lentil, kacang hijau, dan lain sebagainya). Kemudian Anda harus menerapkan dua fase ini bergantian sampai Anda mencapai berat yang Anda inginkan (setiap minggu maksimum hanya boleh turun 1 kg).

Anda bisa mulai makan dengan salad atau sup, diikuti dengan daging atau ikan yang ditumis dengan sayuran. Berat badan akan turun sekitar 900 gram seminggu.

* Fase konsolidasi. Setelah mencapai berat sehat yang Anda inginkan, Anda perlu kembali ke pola makan yang normal selambat mungkin untuk menghindari pengaruh diet yo-yo. Anda memperkenalkan kembali makanan yang sebelumnya Anda hindari (roti, nasi, pasta, keju, dan lain-lain) secara berangsur-angsur, selama 10 hari untuk setiap kilogram yang lenyap dari tubuh Anda.

Fase ini didesain untuk menghentikan Anda untuk kembali ke kebiasaan makan yang lama, dan mengatur keseimbangan dengan tubuh Anda yang baru.

* Fase stabilisasi. Ketika masa konsolidasi ini berlalu, dan berat badan Anda mulai stabil, Anda bebas makan dan minum apa saja yang Anda suka. Anda boleh makan secara normal dengan menerapkan dua aturan: menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengonsumsi protein murni (disarankan pada hari Kamis) seumur hidup, dan makan tiga sendok makan oats dan dedak gandum setiap hari.


Makanan yang diperbolehkan selama fase pertama:
Daging (daging sapi dan sapi muda), daging unggas tanpa kulit, ham tanpa lemak, ikan, seafood, produk olahan susu bebas lemak, air putih, teh, dan kopi bisa dikonsumsi dalam jumlah berapa pun yang Anda mau. Jenis makanan lainnya harus dihindari.

Makanan yang diperbolehkan selama fase kedua:
Makanan yang disebutkan di atas, disertai sayuran (kecuali kentang, nasi, jagung manis, kacang polong, lentil, kacang hijau, dan alpukat).

Efek buruknya:
Fase pertama menjamin penurunan berat badan dalam jumlah besar dan cepat. Banyak pasien Dr Dukan kehilangan berat badan hingga 3,1 kg dalam lima hari. Namun karena pola makan pada fase ini sangat rendah serat, Anda bisa mengalami sembelit. Selain itu, Anda juga bisa kekurangan nutrisi. Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk mencegah masalah ini. Sebaliknya, karena Anda bebas makan telur dan daging selama fase awal ini, kadar kolesterol Anda bisa naik.

Kini, buku The Dukan Diet siap diluncurkan ke Inggris, menjadi edisi berbahasa Inggris pertamanya. Seperti di Perancis, perempuan Inggris pun tampaknya antusias dengan pola diet baru ini.

Sumber: The Daily Mail

49 comments:

  1. pa khabar mbak Ning ? btw udah di fase mana sekarang :D

    ReplyDelete
  2. bahasan yang sangat bagus boleh di ambil kan.....

    ReplyDelete
  3. thanks a lot for telling about the dukan diet! nice to learn sth new that helps to keep fit! great post!

    ReplyDelete
  4. wah asyik juga nich sepertinya the dukan diet, rahasia ramping perempuan perancis.. be urself aja! yang penting happy n pede meski ramping atau chubby:) Thanks

    ReplyDelete
  5. wajib di bookmark dan di aplikasikaaann... hahaha,,, makasih postingnya, mbak tyas... :D

    ReplyDelete
  6. posting yang keren dan menarik,,,harus ditiru tuh biar kesehatan terjaga dan badan kita tetep ramping,,

    ReplyDelete
  7. info yang sangat membantu,,moga bermanfaat,,,buku nya ke indonesia udah luncur blm ya,,,??penasaran juga mau lihat,,,

    ReplyDelete
  8. woooooo.. ini kayak diet binaraga mbak, Full protein rendah karbo. saya juga jalani diet kayak gini :) haislnya mantaap dari berat hampir 100 sekarang 80kg hanya dalam waktu 3 bulan :) . kulit kencang semua.

    ReplyDelete
  9. Thanks for sharing such a nice and informative post

    ReplyDelete
  10. kira-kira tips ini bisa dipake buat negciin ukuran perut ga ya ? :(

    ReplyDelete
  11. wah very very very nice info! aku mau coba!! hehe makasih ya :)

    ReplyDelete
  12. biasanya seh bwt gemukin gampang, tapi buat ngurusin yang susah...lebih susah lagi udah gemuk tp ga mau diet :))

    ReplyDelete
  13. untuk indonesia, sumber pretein masih terkesan jarang

    ReplyDelete
  14. coba aku praktekin biar badan ku tambah ok,thanks

    ReplyDelete
  15. boleh donk aku minta tips buat ngecilin perut

    ReplyDelete
  16. follow yagh blog aku mba...mohon...

    ReplyDelete
  17. rahasia(The Dukan Diet) yang oke tuh,,mau juga ngikutin jejaknya,,makasih infonya,,

    ReplyDelete
  18. info yang keren dan menarik,,moga bermanfaat buat smuanya,,,makasih dan sukses slalu,

    ReplyDelete
  19. Bagus bagus isi blognya mbak, ijin simak

    ReplyDelete
  20. saya baru nyadar kalau wanita prancis ternyata jarang ada yang gemuk2..
    ternyata faktor diet ala dr Dukan ini berpengaruh banget ya bagi orang prancis..
    di indonesia saya punya teman yang tiap hari makannya cuma oat meal tapi berat badannya tetep aja di kisaran 95 kg.. padahal kalo dipikir2 diet ala dr Dukan kalah lho.. :P

    ReplyDelete
  21. Untuk gemuk itu gampang, tapi buat ngurusin yang susah...lebih susah lagi udah gemuk tp ga mau diet...

    ReplyDelete
  22. Wah sayangnya saya dah ngga perlu dirampingi lagi, jadi ngga usah niru orang Perancis

    ReplyDelete
  23. he..he.he..ini cara makan diet untuk cewek ya..klo untuk cowok yg ingin langsing dan berotot ada gak tips makan nya juga mbak!

    ReplyDelete
  24. bisa di copas ni bagus amat sharing nya lengkap...
    salam kenal bu...

    ReplyDelete
  25. nice to Post thanks y gan Info nya salam kenal good luck always....

    ReplyDelete
  26. nice Info,thanks y dah share...sangt bermanfaat..salam kenal good luck always...

    ReplyDelete
  27. keep your Blogging makasih y Info nya,sangt bermanfaat...
    salam kenal good luck

    ReplyDelete
  28. makasih Info nya sanggat bermanfaat buat saya thx y dah share...good luck

    ReplyDelete
  29. marii kita DIET...
    heehhehe :) makasih Informasi nya

    ReplyDelete
  30. Diet, sebagai laki-laki seharusnya juga bisa ya, hehehe, paling tidak untuk menjaga kesehatan, agar bisa umur panjang, heheh --> nyambung gak ya komennya, salam kenal dari blogger newbie
    ll
    ll
    v
    With Smile
    MisterXWebz

    ReplyDelete
  31. makasih Ia Informasi dan article nya...
    salam kenal

    ReplyDelete
  32. mbak tyas, jika tidak keberatan, anda dapat mensubmit berita pada tempeon.com

    ReplyDelete
  33. Thank you really for helping make the post give light to many problems we have had before.

    ReplyDelete
  34. maaf..saya mungkin tergolang orang yang " maju perut pantat mundur" hehehe..mungkin dengan tips ini saya bisa lebih ramping lagi tapi masalahnya saya ngk suka sayuran..

    ReplyDelete
  35. I wanted to share in the world blogwalking and mutual sharing of knowledge. so that we do not get caught up in ignorance.

    ReplyDelete
  36. wah mantap banget nih info dietnya... Istri saya harus coba.. biar cantik dan seksi kayak orang2 perancis ya... he he..

    ReplyDelete
  37. program diet,memang sangat bagus dalam pemeliharaan tubuh terutama kaum wanita.makasih aja info dan artikelnya mantapppp....gan....kreatif juga...

    ReplyDelete
  38. program diet untuk orang2 yg banyak lemak... semoga diet dengan cara seperti ini berhasil

    ReplyDelete
  39. I really enjoy reading the articles on this blog.Articles was very interesting.I appreciate this wonderful post Thanks

    ReplyDelete
  40. mantapp infonya. mksih bnyak postingannya yah mbak.
    sipp !!

    ReplyDelete
  41. Salah satu pola makan yang baik namun kerap diabaikan adalah "makanlah hanya setelah lapar, dan berhentilah makan sebelum kenyang" serta "perbanyak minum air putih". Btw, postingannya bagus....

    ReplyDelete
  42. mau nny sis..di indo dah ada jual buku ini???

    ReplyDelete

i hate spammers....