Saturday, January 29, 2011

Menulis dengan Tangan Baik untuk Otak

BY tyas indree IN , 44 comments

Fungsi pena kini banyak digantikan dengan papan ketik (keyboard). Padahal, terbiasa mengetik dengan keyboard berpengaruh pada menurunnya aktivitas otak yang berperan besar dalam fungsi pembelajaran.

Menulis dengan tangan diketahui menimbulkan pengalaman sensorik yang sangat berbeda dengan kegiatan mengetik. Kedua kegiatan itu ternyata mengaktifkan dua bagian otak yang berbeda juga.

"Tubuh kita didesain untuk berinteraksi dengan dunia di sekeliling kita. Kita memiliki 'alat' untuk menggunakan obyek fisik untuk mengerjakan tugas, misalnya buku atau pena," kata salah satu peneliti Anne Mangen dari University of Stavangers Reading Centre, Norwegia.

Dalam serangkaian tes yang dilakukan Mangen dan timnya, diketahui aktivitas menulis dengan tangan akan meninggalkan jejak "memori motor" di bagian otak yang disebut sensorimotor. Proses ini akan mendorong kemampuan visual dalam mengenal huruf dan angka. "Meski terkesan dua hal yang berbeda, sebenarnya menulis dan membaca saling berkaitan," kata Mangen.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Advances in Haptics. Haptics sendiri mengacu pada sensasi menyentuh dan cara berkomunikasi dan mengeksplorasi lewat sentuhan.

Dalam penelitiannya, kelompok partisipan dibagi dalam dua kelompok, yakni orang yang menulis dengan tangan dan orang yang mengetik lewat keyboard. Kemudian mereka diminta mempelajari alfabet yang belum pernah dikenal sebelumnya.

Ternyata orang dari kelompok yang menulis dengan tangan memiliki hasil yang lebih baik dalam tes dibanding orang yang mengetik di keyboard.

Hasil pemindaian otak juga menunjukkan orang yang menulis dengan tangan, bagian otak yang disebut broca lebih aktif. Bagian otak ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa. Kerusakan di bagian otak ini, misalnya akibat kecelakaan, bisa menyebabkan seseorang sulit berbicara.

Sumber : Healthday News

44 comments:

  1. hahaha, aku hampir tidak pernah menulis menggunakan pena mbak...!!menggunakan pena hanya untuk tandatangan saja :D

    ReplyDelete
  2. waaaaa, gawat juga wah
    bisa bikin qt susah belajar bahasa ya
    info yang bagus banget, makasih yah
    salam kenal TheKaku :)

    ReplyDelete
  3. Baru tahu Saya mbak, thanks infonya ya mbak.
    Jadi sebelum menulis di blog, alangkah baiknya ditulis tangan dulu ya untuk menjaga otak kita, sangat baik sekali kebiasaan seperti ini dilakukan. Thanks ;)

    ReplyDelete
  4. jujur aja mbak, kalau tulisanku dengan pena hasilnya nggak begitu bagus. tapi ternyata ada manfaat ya dibalik tulisan tangan?

    ReplyDelete
  5. makasih banyak atas infonya..
    besok mampir lagi nih..

    ReplyDelete
  6. wah aku sudah jarang banget nulis mbak, perlu dipergiat lagi nih... tengkiyu mbak, lam nal :)

    ReplyDelete
  7. Wah, gawat juga nihh...bisa2 saa tidakbisa bicara karena kebanyakan mengetik pake keyboard...wk...kkk.., makasih infonya

    ReplyDelete
  8. Makasih mbak , sudah share info tentang manfaat menulis pakai tangan, harus lebih digiatkan lagi meulis pakai tangan

    ReplyDelete
  9. saya juga kalo nulis pake tangan lebih cepet idenya :D

    ReplyDelete
  10. wah, jadi penulis ada bagusnya juga buatkesehatan : )

    ReplyDelete
  11. mbak gimana kalu menulis dengan tangan kiri berpengaruh tidak sama otak kita.,.,???

    ReplyDelete
  12. [QUOTE]Kemudian mereka diminta mempelajari alfabet yang belum pernah dikenal sebelumnya.[/QUOTE]
    Ini alfabet yang dimaksud apa ya? bukannya semua alfabet sudah dikenal???

    ReplyDelete
  13. Hmn,,, kesehatan dan menulis itu erat banget yach kaitannya..., ternyata dibalik itu semua Tuhan menciptakan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup kita...

    ReplyDelete
  14. Otak, tubuh, perasaan, otot semuanya berkaitan satu sama lainnya gak bisa dipisahkan, bener kn mbak?

    ReplyDelete
  15. very nice post article from you, visit website me... thank very much

    ReplyDelete
  16. iya, sejak lulus kuliah jadi jarang nulis, kata teman-teman tulisanku tambah jelek..

    ReplyDelete
  17. Oke deh ane coba..... visit me ya...hehe

    ReplyDelete
  18. sejak saya masuk ke alam universiti , saya mula malas menulis tangan . hehehe. smua guna keyboard .anyway salam bloggers, saya dari malaysia

    SEGMEN TRICK: CARA MENINGKATKAN KELAJUAN BROWSER MOZILLA FIREFOX

    ReplyDelete
  19. Well, I don’t know what I have to say, all of Ur article is greatful. I like that! Btw, I have U want to “LinkExchange” with me, please? www.larvaputih.co.cc . I wish be wonderful writer like U.

    ReplyDelete
  20. wow you really good post ... many ways can increase traffic for my blog? ask guidance from you ...


    please visit my blog at www.tradingscure.co.cc
    I have some advice for my blog

    ReplyDelete
  21. Jadi menulis dengan tangan banyak manfaatnya ya..
    Ok sebaiknya gw harus membiasakan menulis dengan tangan

    ReplyDelete
  22. Kayanya udah lupa nih nulis pake tangan, biasa pake otomatis dengan keyboard.. ^^

    ReplyDelete
  23. Nulis tangan sekarang jadi malas semenjak tiap hari pegang keyboard. Rasanya sebentar aja ko capek. Mungkin sudah menjadi faktor kebiasaan saja, pada saat menulis menggunakan keyboard malah lebih mengasikan. Mata fokus di monitor sedangkan tangan di keyboard, jadi serasa tulisan begitu hidup sambung menyambung untuk segera diketik.

    ReplyDelete
  24. betul juga,,
    pantas untuk di lakukan nich

    ReplyDelete
  25. ini sungguh sangat baik sekali bagi kita
    karena kita dapat memanfaatkan bagian tubuh kita untuk menulis

    ReplyDelete
  26. Berarti semakin sering menulis semakin bagus dong ?

    ReplyDelete
  27. wah.. uda lama banget gak pernah nulis lagi pake pena, ane hanya nulis melalui keyboard/keypad hp
    hehee

    ReplyDelete
  28. menulis pakai tangan menstimulasi otak

    ReplyDelete
  29. makasih post artikel and informasinya

    ReplyDelete
  30. Terima kasih, nice info. Keep posting yaaa

    ReplyDelete
  31. Wah udah jarang banget tulis pakai tangan, yang ada ngetik di comp,, cuz lebih rapi dan gampang ngeditnya

    ReplyDelete
  32. terus terang tulisan saya sekarang sangat jelek dibanding pada masa sekolah dulu, terlalu dimanjakan oleh kibod sehingga apa-apa musti ditulis dikomputer, gak ada lagi catatan kertas..heheee

    ReplyDelete
  33. betul tu.. selain itu klo uda lama gak nulis pake tangan, trus di lain waktu tulisan tambah ambruk.
    seperti saya tulisan uda tambah gak jelas aja..:-D
    SETTING GPRS MANUAL

    ReplyDelete
  34. wah.... bener tu mba,,,, jadi makin smangat buat ngisi blog..... hihi....

    kalau sempat, mampir d blog-ku juga ya......

    ReplyDelete
  35. sekarang semakin kecil kesempatan nulis pake tangan.
    bikin surat lamaran kerja aja udah pake ketikan komputer, ga ada lagi nulis surat gantinya e-mail atau SMS..

    paling kalo tanda tangan aja...

    ReplyDelete
  36. assalamualaikum....

    makasih ya mba atas infonya...
    semoga bisa bermanfaat...

    #salam ukhueah

    ReplyDelete
  37. hallo... info yang sangat menarik... :)

    ReplyDelete
  38. betul non, dan saya juga telah membaca artikel yang mirip di abuinayat.com

    ReplyDelete
  39. wah baru tau segitu dampaknya bu... :) nice post

    ReplyDelete

i hate spammers....