Wednesday, January 26, 2011

Mengubah Hobi Jadi Bisnis

BY tyas indree IN , , 23 comments

Ketika Anda memiliki pekerjaan penuh waktu yang begitu Anda cintai, Anda mungkin tidak akan bermimpi untuk melakukan hal yang lain. Namun bagi orang lain, mungkin bukan pekerjaan yang memberikan makna hidup dan memenuhi setiap aspek dalam hidup Anda, melainkan hobi. Nah, bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri dan pengalaman untuk mengembangkan hobi ini menjadi bisnis yang sukses?

Ada lima cara untuk perlahan mengubah hobi yang dijalani secara paruh waktu ini menjadi bisnis penuh waktu:

  • 1. Tawarkan karya Anda secara gratis, atau sebagai sampel yang diberikan dengan diskon.
Entah itu Anda menjual aksesori, pakaian yang Anda desain sendiri, makanan, atau layanan apapun, latihlah keahlian Anda ini, dan uji kemampuan Anda menjual pada teman-teman. Undang mereka ke rumah Anda untuk mencoba hidangan khas yang Anda kuasai, atau bawakan contoh aksesori yang Anda rangkai sendiri ke kantor. Kemudian, cobalah mendapatkan feedback dari mereka supaya Anda bisa memperbaiki diri dan menghasilkan karya yang lebih baik.

  • 2. Curi ilmu dari ahlinya.
Banyak sekali seminar atau workshop kewirausahaan yang diadakan oleh perusahaan atau produk tertentu. Hadiri seminar-seminar ini, karena Anda tidak akan sekadar mendapatkan teori, tetapi juga pengalaman dari mereka yang pernah jatuh-bangun saat mengembangkan bisnisnya. Anda juga bisa memulai langkah Anda dengan melamar sebagai part-timer di perusahaan pemilik bisnis tersebut, sehingga Anda bisa belajar banyak dari sana.

  • 3. Bangun jejaring.
Begitu Anda menyadari bahwa hobi Anda memiliki peluang untuk berkembang dan memiliki masa depan yang cukup menjanjikan, gunakan situs seperti LinkedIn.com atau jejaring sosial lain untuk menghimpun calon kolega, prospek, atau pelanggan Anda. Mintalah orang-orang yang berpengaruh untuk menjadi bagian dari jejaring Anda. Semakin besar komunitas Anda, semakin besar potensi Anda menjadi sukses.

  • 4. Iklankan.
Setelah menyempurnakan hobi Anda, dan kini Anda siap melangkah ke tahap selanjutnya, ciptakan website sederhana yang menjelaskan mengenai usaha Anda, lengkap dengan nama perusahaan yang baik, logo yang didesain dengan unik, dan sebarkan berita mengenai peluncuran produk atau layanan Anda ini melalui Twitter, Facebook, YouTube (jika ada hubungannya), jejaring sosial lain, dan tentunya e-mail.

  • 5. Berikan perhatian penuh.
Usaha yang semakin berkembang, tentu menuntut perhatian yang lebih besar dari Anda. Maka jika bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan, dan Anda yakin bisa membiayai hidup Anda dari usaha ini, pertimbangkan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran Anda. Umumkan bahwa bisnis ini sekarang sudah menjadi pekerjaan penuh Anda yang baru. Selamat mencoba.

Sumber: kompas.com

23 comments:

  1. Tapi untuk hobby-hobby tertentu ya Mbak. Terkadang hobby itu tidak bisa menghasilkan uang tapi sekedar menghasilkan kesenangan.
    Tapi untuk hobby-hobby yang dapat menghasilkan income besar akan sangat rugi bila tidak dimanfaatkan seperti yang mbak Indri jabarkan diatas. Thanks.

    ReplyDelete
  2. salam kenal .
    makasih buat info sama saran.a .

    ReplyDelete
  3. download cara mudah membuat toko online 

    saatnya kita jualan online

    apaun baranganya jualanya pakai toko online

    download cara mudah membuat toko online 
                                                                       >>>>>DISINI

    ReplyDelete
  4. sip davh, jadi tambah semangat nich untuk berbisnis.

    ReplyDelete
  5. mantap gan, segalannya pun bisa jadi bsnis, termasuk hobi.

    ReplyDelete
  6. info bagus nih,
    saya pegawai cuma pengen jadi wirausahawan
    artikel ini jadi inspirasi buat nambah semangat

    salam mbae

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang bagus, tapi buat orang yang sudah terlalu lama kerja buat lain susah buat ngambil resiko dengan memulai usaha sendiri.

    ReplyDelete
  8. Tips-tips yang mesti dipraktekan.
    Trima kasih, master....

    ReplyDelete
  9. thanks bgt buat ilmunya.., sip bgt...

    ReplyDelete
  10. Setuju banget, sy juga pernah bisnis rumahan bikin gift box sdh sampai buka toko segala dan ikut pameran kesana kemari.Tapi,sekarang saya harus bantu suami mengembangkan bisnis kaos anak Islami jd untuk sementara waktu off dulu.Artikel ini bs jd solusi untuk perempuan yg stay at home tp tetep ingin berkarya dan menghasilkan

    ReplyDelete
  11. bagus banget dan pelu sekali kita coba untuk meningkatkan kreatifitas kita semua

    ReplyDelete
  12. saya juga punya hobi yang menurut saya lumayan dan bisa tuk di kembangkan dan menjadikan income buat saya hanya saja saya belum punya waktu untuk fokus....menjalaninya

    ReplyDelete
  13. hobi juga bisa menambah penghasilan buat kita,tapi tergantung hobi kita apa....thanks atas tips-tipsnya

    ReplyDelete
  14. mantap dach,
    bermanfaat buat kita

    ReplyDelete
  15. ko saya kurang cocok dgn kata2 di point no.2 ya...
    mgnkin bsa di perhalus lagi dong...
    mngkin dgn
    2.tiru ilmu dari ahlinya...

    sorry klo salah ya...trims

    ReplyDelete
  16. nice tips u new wirausahawan muda biar bisa menciptakan lapangan kerja baru dan banyak
    website murah hanya 750rb seluruh bag web dpt diedit sendiri kapanpun, desain dinamis, fitur lkp interaktif cck utk toko online, web sekolah, komunitas, perusahaan, organisasi, blog,dll hub:081330689721 www.berandaweb.com

    ReplyDelete
  17. mencoba mencari peluang. semoga sukses untuk semua..

    ReplyDelete
  18. saran yang no.5 "Berikan perhatian penuh" adalah keputusan terberat yang harus di ambil, jika pekerjaan (pegawai) yang sekarang sudah mapan.

    ReplyDelete

i hate spammers....