Thursday, December 30, 2010

Kiat Anti Stres: Beranilah Bilang "Tidak"

BY tyas indree IN 58 comments

Berani melakukan penolakan atau mengatakan tidak, menjadi cara menyehatkan untuk mengusir stres dalam diri. Terutama bagi Anda yang kerapkali mengiyakan berbagai permintaan atau keinginan, sementara di sisi lain Anda merasa begitu tertekan dan tak tenang. Mengapa Anda boleh melakukan penolakan?

Bilang tidak tak berarti Anda egois
Menolak atau mengatakan tidak berarti Anda egois. Ketika Anda berani mengatakan tidak atas sebuah tawaran menarik (apapun itu dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi) artinya Anda menghargai tanggung jawab yang saat ini Anda miliki. Anda juga menegaskan bahwa Anda mampu dan berdedikasi memberikan waktu berkualitas menjalani tanggung jawab tersebut.

Bilang tidak akan membuka kesempatan mencoba hal baru
Boleh jadi Anda dikenal sebagai individu murah hati. Anda selalu siap mengulurkan tangan membantu menyelesaikan sejumlah pekerjaan. Namun bukan berarti Anda harus selalu ada setiap kali dibutuhkan. Berikan waktu untuk diri Anda sendiri dengan berani mengatakan tidak. Dengan begitu Anda bisa mengejar kesempatan lain, melakukan hal baru yang Anda sukai.

Terlalu sering mengiyakan itu tidak sehat lho!
Segala hal yang berlebihan tak menyehatkan. Termasuk saat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu bekerja, mengerjakan tugas yang sebenarnya bukan tanggung jawab Anda, selalu mengiyakan saat diminta bantuan. Sesekali katakan tidak, jangan selalu mengiyakan, jika tak ingin energi habis terkuras dan berisiko mengganggu kesehatan fisik.

Memberikan peluang kepada orang lain untuk berkembang
Dengan mengatakan tidak Anda telah membuka pintu kesempatan bagi orang lain untuk berkembang. Tentunya tak hanya Anda yang ingin sukses mengerjakan suatu proyek atau pekerjaan. Orang lain juga butuh kesempatan mengembangkan kualitas dirinya.

Source: kompas.com

58 comments:

  1. Oke Mbak ntar saya langsung bilang Tidak... :-)

    ReplyDelete
  2. berarti selama ini saya selalu takut unutk bilang Tidak.....terinspirasi nih mba....thanks yaaaa...

    ReplyDelete
  3. makasih pencerahan hatinya mbak.mudah2an saya bisa menerapkannya dalam kehidupan saya

    ReplyDelete
  4. kenapa kok kata tidak bukan maaf ?

    ReplyDelete
  5. aduh mba, baik banget nih,,, makasih atas saran2nya,, yah, Tidaaaaaakkkkk,, hehehe, berarti kita akan maju terus kalau bilang tidak akn maju hehehe,, pertamax...

    ReplyDelete
  6. sekarang saya bilang tidak untuk stres

    ReplyDelete
  7. ini yang sulit saya lakukan pada orang yang saya sayangi atau teman baik..,

    tapi saya akan lakukan cara diatas.,,
    moga berhasil,,.

    ReplyDelete
  8. sebelum bilang, harus paham dulu....jangan sampai salah..

    ReplyDelete
  9. jalan2 siang mba.....mampir balik ya......

    ReplyDelete
  10. Setuju Mbak terkadang manusia lupa dan sulit untuk mengakui kesalahan . kunjungi juga mbak di Blog sy http://www.penulislepas.com

    ReplyDelete
  11. Setuju Mbak terkadang manusia lupa dan sulit untuk mengakui kesalahan . kunjungi juga mbak di Blog sy http://www.enteroasispools.com/

    ReplyDelete
  12. kalau sama bos kita,mau gak mau harus iya aja mbak. hehe. kalau bilang no, bisa dicecar trus. hahaha. http://www.xbook.us

    ReplyDelete
  13. wah, baru tau kalo berkata "tidak" bisa memberikan dampak baik buat kesehatan... ho...3x

    salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  14. Terkadang Kita sulit kapan harus bilang Tidak dan kapan harus bilang Ya. Lha itu masalahnya mbak, perlu diasah lagi nih mbak. he2...

    ReplyDelete
  15. memang butuh keberanian untuk mengatakan TIDAK. semoga pemikiran akan 'ketidak enakan' ato tidak tega terhadap orang lain dapat lebih terkontrol.

    ReplyDelete
  16. wah.. jadi ngerasa nich.. saya sering bilang iya dan nurut aja pada atasan saya... padahal biasanya sangat bertentangan dengan hati nurani saya...

    ReplyDelete
  17. saya sependapat dengan mbak tyas,adem deh berkunjung ke blog mbak,makasih ya

    ReplyDelete
  18. memang kadang kita munafik,bilang ya padahal tidak,lebik baik terang-terangan aja,makasih telah membuka kekeliruan saya

    ReplyDelete
  19. We sometimes difficult when to say no and when to say yes. so is the problem mbak, need to be sharpened again.. thank's

    ReplyDelete
  20. masa ada orang yang mnta tlong kita bilang tidak ,.,.!!!

    ReplyDelete
  21. wah bener juga yah... seringkali untuk menyenangkan orang lain kita mudah saja berkata "ya"

    ReplyDelete
  22. Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  23. Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

    ReplyDelete
  24. makasih atas sarannya..
    iya juga sih..
    tapi terkadang ada rasa gag enak klo ngomong tidak ma temn..apa itu masih harus bilang itu jga??
    maksih sebelumnya...

    ReplyDelete
  25. kadang bwt ngilangin stres refresing aja,,,

    ReplyDelete
  26. nah ane malah kebanyakan bilang tidak, daripada bilang ya..

    ReplyDelete
  27. Makasih sudah berbagi tips anti sterssnya mbak

    ReplyDelete
  28. yup sangat setuju....berani bilang tidak dan gak tergantung ma orang lain tentunya....

    ReplyDelete
  29. wah terima kasih infonya.. terkadang saya merasa bersalah ketika mengucapkan kata tidak. cara ngilanginnya gimana ya?

    ReplyDelete
  30. your article its great, nice article..... thanks you...

    This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I enjoy seeing websites that understand the value of providing a prime resource for free. I truly loved reading your post. Thanks!

    ReplyDelete
  31. Thanks atas pencerahan hatinya mbak. mudah2an saya bisa menerapkannya dalam kehidupan saya

    ReplyDelete
  32. wah senang sekali masuk blog ini serasa di home sendiri.

    ReplyDelete
  33. saran yang apik..
    moga jadi acuan bagi kita semua ya.

    ReplyDelete
  34. wuaduh2... iya nih... memang sulit bgt bilang tidak ke orang lain.. kadang2 sungkan, takut di bilang sombong juga...

    tapi memang penting sih... kalo g, bisa2 malah kita yang jadi rugi sendiri... hehhehehe

    terima kasih sist atas pencerahannya....^^

    ReplyDelete
  35. i like it itu
    keren.........

    ReplyDelete
  36. makasih mbak buat infonya,,postinya sangat bermamfaat,,,,salam kenal...
    blognya bagus yach... oya saya newbie ni di dunia blogger dan berasal dari aceh ....
    boleh gak mbak kita tukaran lin...http://kuliahitukeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. berarti kalau dibilang serba bisa itu juga kurang baik ya ?
    tapi saya salut dengan renungan ini. harus di terapkan nih.

    ReplyDelete
  38. wah tapi klo sering mengatakan tidak kepada temen nanti dikira sombong
    tapi bagus juga bwt dipraktekin untuk beberapa kasus nih...
    nice artikel Mbak :D

    ReplyDelete
  39. emang bener bgt. ni pernah terjadi pd diri saya.
    sya sering mengiyakan permintaan/penawaran. sy pkr sy mmp melakukan smw.tp ujungnya saya repot sndri.

    ReplyDelete
  40. iya nih, saya kadang ga bisa bilang "tidak"

    ReplyDelete
  41. nice info kk.. izin bookmark dulu yha

    ReplyDelete

i hate spammers....