Thursday, June 3, 2010

10 Kebiasaan Wanita Penuh Percaya Diri

BY tyasjetra IN , 58 comments

Wanita yang percaya diri memancarkan semacam kharisma yang sulit ditolak. Pernah bertemu dengan wanita yang setiap kali memasuki ruangan selalu mencuri perhatian semua orang, setiap ia bicara, semua mendengarkan, bahkan tertawa pada leluconnya yang tak terlalu lucu? Apa yang membuatnya menjadi sosok yang spesial? Berikut adalah hasil survei majalah Redbook yang menanyakan kepada para responden mengenai apa yang menjadikan seseorang terlihat lebih percaya diri.

  • 1. Masuk dengan gaya
Sebelum memasuki ruangan, periksalah kepercayaan diri Anda. Untuk memancarkan kepercayaan diri, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah nyaman dengan diri sendiri. Rasa ketidakpercayaandiri, malu-malu, atau rendah diri akan membuat orang-orang memalingkan wajahnya dari Anda. Jika Anda memasuki sebuah ruangan besar, Anda tak tahu siapa yang akan ada di ruangan tersebut, tujukan langkah Anda ke pojok belakang ruangan, dengan begini, kemungkinan terbesar orang yang mengenal Anda akan menyapa Anda sepanjang perjalanan tersebut.

  • 2. Berani memulai
Bagaimana bisa membuat diri Anda terlihat percaya diri jika masih memiliki phobia untuk memulai percakapan? Sebelum memasuki ruangan yang berisi orang-orang lain, buatlah diri Anda lebih bersemangat dan pikirkan apa yang bisa Anda dapatkan jika bisa berkenalan dengan banyak orang. Ketika Anda berada dalam sebuah situasi, di tempat yang sangat asing, tapi Anda harus duduk bersama orang yang belum Anda kenal selama berjam-jam, cobalah untuk memberanikan diri memulai. Palingkan wajah ke orang terdekat, senyum lebar dan tulus, kenalkan diri Anda seraya mengajak berjabat tangan. Mulailah bertanya seputar hal-hal umum, misal, nama, asal, dan seputar acara yang Anda hadiri tersebut.

  • 3. Hadapi dengan anggun
Akan ada saat-saat Anda bertemu dengan situasi yang tak mengenakkan, misal, Anda lupa nama seseorang. Jika hal ini terjadi, ingatlah bahwa hal semacam ini bisa saja terjadi pada siapa pun, jadi jangan terlalu berkecil hati. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengakui bahwa Anda melupakan namanya. Kedua, Anda bisa bergurau mengenai kelupaan tersebut. Harapannya, ia akan menyebutkan namanya kembali. Ketika ia menyebutkannya kembali, katakan, "Saya tak akan lupa lagi," lalu lanjutkan percakapannya.

  • 4. Cerita yang berkesan
Cerita yang berkesan bisa jadi pencair suasana. Namun, perlu diingat, cerita tersebut, jika dimaksudkan untuk mencairkan suasana, harus yang memiliki pesan yang amat menyentuh atau sangat lucu. Ketika bercerita, pastikan Anda tidak melupakan detail-detail pentingnya. Gerak tubuh masih bisa diterima, asalkan masih dalam bentuk wajar dan natural. Namun, cerita yang menarik sebenarnya tidak terlalu perlu bumbu-bumbu gerakan yang berlebihan, yang penting adalah pemilihan kata-katanya.

  • 5. Tetap tenang
Ketika Anda merasa gugup dan perlu pengalih perhatian, coba lakukan aktivitas aerobik mendadak, misal, berlompat-lompat, atau berlari di tempat. Lalu cobalah untuk memfokuskan diri. Cari tempat tenang untuk menyendiri dan mengambil napas sejenak sebelum Anda memasuki ruangan. Lalu ambil napas dalam-dalam dan perlahan ketika memasuki ruangan dan menempati posisi Anda di hadapan orang lain. Jangan lupa untuk tersenyum kepada mereka sambil menatap mata mereka.

  • 6. Vini, Vidi, Vici
Ketika Anda menginginkan sesuatu, lakukanlah dengan perhitungan dan dengan bijak. Misal, saat Anda merasa sudah saatnya mendapatkan kenaikan gaji karena perbandingan pekerjaan yang Anda lakukan dan gaji yang didapat tidak seimbang. Jika memang ingin mendapatkan kenaikan, coba lakukan dengan cepat, tepat, dan sopan. Misal, di pagi hari, tanyakan padanya bahwa Anda ingin bicara dengannya, dan tanyakan kapan ia memiliki waktu luang untuk bicara. Ketika sudah berhadapan dengannya, katakan betapa Anda menyukai pekerjaan ini, jabatan Anda, juga sebutkan hasil pekerjaan terbaik yang Anda hasilkan. Lalu, tanyakan padanya, " Mungkinkah Bapak/Ibu bisa mempertimbangkan kenaikan gaji untuk saya?" Jangan ucapkan angka spesifik kecuali ditanyakan. Akhiri percakapan dengan "Mengenai hal ini, tak perlu dijawab dengan segera." Hal ini akan membuat bos Anda berpikir bahwa ia masih memiliki kontrol dan mudah-mudahan akan lebih dermawan dalam menawarkan kenaikan Anda.

  • 7. Saat bernegosiasi
Saat Anda akan melakukan sebuah negosiasi atau penawaran, jangan lupa untuk memperkaya diri dengan pengetahuan. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa yang Anda inginkan. Saat akan bernegosiasi, selalu minta lebih dari yang mereka tawarkan, dan tawarkan nilai di bawah limit Anda. Jika masih ragu, pikirkan kembali, baru putuskan keesokan harinya.

  • 8. Hadapi ketakutan
Rasa takut mirip dengan rasa sakit. Hal ini akan membantu Anda menunjuk hal yang mengganggu pikiran Anda. Ketika Anda menghadapi ketakutan akan sesuatu, cobalah untuk menghadapinya. Bayangkan situasi yang menakutkan tersebut di kepala Anda, lalu bayangkan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi situasi tersebut. Lalu, alihkan pikiran tersebut ke hal yang menenangkan untuk Anda, misal, pinggir pantai atau mentari tenggelam. Saat melakukan perpindahan bayangan-bayangan tadi, jangan lupa untuk menjaga alur napas Anda agar tetap teratur.

  • 9. Jangan terintimidasi
Hentikan pikiran-pikiran negatif di kepala Anda, lalu visualisasikan diri Anda mendorong orang lain 100 langkah menjauh dari Anda. Bayangkan orang-orang tersebut sangat kecil dan berwarna hitam-putih. Ini akan menghilangkan rasa inferior di dalam Anda. Nah, lakukan hal ini ketika Anda merasa kurang percaya diri berada di tengah-tengah perbincangan dengan orang yang belum Anda kenal dekat. Ketika secara mental Anda sudah berhasil menempatkan landasannya, Anda akan menjadi orang yang merasa bahwa alur perbincangan itu berada di tangan Anda. Jangan lemparkan topik yang isinya bisa memicu kompetisi atau sifat defensif dari orang tersebut, tapi mulailah dengan pertanyaan-pertanyaan seputar hal yang personal. Jangan lupakan ketulusan.

  • 10. Melemparkan lelucon
Saat Anda akan melempar lelucon, jangan mengatakan bahwa Anda akan menceritakan lelucon, karena hal ini akan membuat si pendengar memasang ekspektasi tinggi, dan ketika cerita Anda tak terlalu lucu, malah akan terkesan garing. Lelucon yang lucu bisa dihubungkan dengan topik perbincangan sebelumnya, sehingga orang-orang akan merasa terhisap ke perkataan Anda itu, dan akan merasa lelucon Anda itu sangat lucu, karena datang tanpa diduga. Ketika lelucon Anda berhasil membuat orang tertawa, jangan tergoda untuk melontarkan lelucon lain. Biarkan mereka merasa ingin lebih dari Anda.

Sumber: kompas.com

58 comments:

  1. kalo cowok percaya diri gimana mbak? :)

    ReplyDelete
  2. Malem mbak,

    mau minta tolong di friend blog kalo bisa link http://komunitas-bantu-membantu.blogspot.com (Dev-komunitas bantu) dirubah jadi http://www.devbook.net/

    kebetulan hari ini baru ganti domain..

    makasih ya mbak tyas yg baik hati :D

    ReplyDelete
  3. ada yang kurang nie kayaknya, tentang cowok keknya belum ditulis

    ReplyDelete
  4. tips yang bagus nihh ,thanks sharingnya
    salam kenal

    ReplyDelete
  5. kalo buat cowok ada gag yah mba

    ReplyDelete
  6. biarpun saya cowok , tp tips ini akan berguna buat pacar saya..xixixi..thanks mbak

    ReplyDelete
  7. Artikel yg menarik, buat cowo biar jadi ada tambahan ilmu hehe...

    ReplyDelete
  8. Mengajak tukar link dan berteman sob...:D

    lagi belajar mencari backlink :D

    salam kenal

    ReplyDelete
  9. aku termasuk type yang gak pD an mungkin aku akan coba mempraktekkan nya ,thanks ya mbak

    ReplyDelete
  10. aku ajaha baru tau kalo wanita kayak gittu.. hehe

    ReplyDelete
  11. nitip link sembari baca2..boleh kan

    ReplyDelete
  12. blogwalking..ma baca artikel..mantap gan artikelnya

    ReplyDelete
  13. betul, betul, betul....................

    ReplyDelete
  14. masa sih mba
    kayanya gak deh
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. Oh gitu yah Cewe percaya diri.. makasih neh.. biar pacar sy percaya diri
    pasang iklan gratis

    ReplyDelete
  16. bermanfaat sekali nih...thx bro....

    ReplyDelete
  17. Makasih banyak informasinya sangat berguna sekali..

    ReplyDelete
  18. artikelnya bagus sekali, terima kasih buat infonya...

    ReplyDelete
  19. Mungkin dia belum punya pacar.
    Ups salah, ... apa ya?
    Jadi salah tingkah nih, Mbak.

    ReplyDelete
  20. Style is a need, right?
    Yep, in a certain side.
    ... and may be it is an-sich.

    ReplyDelete
  21. tapi kenapa ya wanita jarang yg percaya diri diranjang heheh lelaki kan sukanya ce yg agresif

    ReplyDelete
  22. wah!!!....heheee, lam kenal teh!!

    ReplyDelete
  23. Semoga percaya diri itu menjadi positif, bukan menjadikan orang itu sombong atau angkuh,,, sehingga akhirnya akan dapat menebar senyum pada sesama :)

    ReplyDelete
  24. makasih infonya
    jadi tau tuch yang namanya cewe kalo pengin percaya diri..

    ReplyDelete
  25. Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan menebarkan aura percaya diri dengan menggunakan parfum Cartier.
    Cartier, brand perhiasan dan jam tangan terkenal yang kini menyediakan parfum yang mencitrakan kemewahan dan elegan.

    Temukan parfum Cartier yang sesuai dengan kepribadian Anda di www.cartierperfumcenter.com

    ReplyDelete
  26. hello! warm greeting ^^!
    you have a nice blog 0_0

    by the way,
    if you need to find Linux Font, you can go to our website.

    best regards;

    ReplyDelete
  27. Wah menearik nih buat inspirasi bikin artikel bahasa Inggris untuk pembelajaran gratis yang saya berikan. Makasih ya inspirasinya.

    ReplyDelete
  28. Artikel-artikel seperti ini penting banget buat melengkapi koleksi artike-artikel di tokobukuonline saya.

    ReplyDelete
  29. apa bisa diterapkan bagi cowo????

    ReplyDelete
  30. kyanya bisa diterapkan cowo nih

    ReplyDelete
  31. cowo bisa coba sebagian nih

    ReplyDelete
  32. Makasih sudah share info tentang kebiasaan wanita percaya diri, kalo ketidakbiasaan wanita percaya diri kira2 bagaimana mbak??

    ReplyDelete
  33. kalau gaya cowok gimana ya...?

    ReplyDelete
  34. klo percaya diri keknya bukan kebiasaan de h :D

    ReplyDelete
  35. percaya diri itu hasrat yg muncul tiba2 dan menggebu-gbeu

    ReplyDelete
  36. Wah postingnya keren banget, jadi terinspirasi nih....

    ReplyDelete
  37. Seperti kepribadian nomor 1, tonjolkan gaya Anda dengan memakai wewangian yang sesuai dengan kepribadian Anda.

    Temukan petunjuknya di perfume-tip.com

    perfume-tip.com is the best source for any guide of popular topics of perfume.

    ReplyDelete
  38. apapun kondisi kita harus percaya diri gak usah minder...begitu kan mbak? salam kenal

    ReplyDelete
  39. biar tambah pede pake wewangian, body cream, deodorant jadi gak minder kalo lagi kumpul ma orang

    ReplyDelete
  40. percaya diri itu penting lho...jadi baca artikel ini juga penting...thanks infonya mbak...

    ReplyDelete
  41. salam kenal,
    wahh .
    makasih ya mba tipsnya .
    iinsya allah bermanfaat .

    ReplyDelete
  42. waah..tipsnya bermanfaat banget nih mbak!
    kebetulan senin besok aku masuk ke dunia kerja dan kantor yg baru di Jakarta. Pastinya yg dirasakan adalah ga pede! hehehe...

    ReplyDelete
  43. tips bagus, kak. saya suka banget dengan cewek yang penuh percaya diri dan anggun. sayang ga bisa dapet : ) thanks buat infonya ya

    ReplyDelete
  44. Semoga percaya diri itu menjadi positif, bukan menjadikan orang itu sombong atau angkuh,,, sehingga akhirnya akan dapat menebar senyum pada sesama :)

    salam Admin : Sundulbet.com
    www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

    ReplyDelete

i hate spammers....