Thursday, November 19, 2009

Tips Untuk Si Tukang Telat

BY tyasjetra IN 35 comments

Anda pun tidak bisa mengerti mengapa Anda selalu datang terlambat ke kantor atau ke janji dengan si dia. Bahkan Anda sudah mencoba memutar seluruh jam di rumah 15 menit lebih dari yang seharusnya. Rasanya sangat bersalah jika harus mendengarkan keluhan rekan kerja tentang kebiasaan Anda datang terlambat setiap hari. Tak ingin lagi menjadi “Miss Telat”? Ikuti langkah berikut:

Langkah pertama (dan tersulit) yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi akar permasalahan keterlambatan Anda. Mengapa langkah ini menjadi yang tersulit, karena tak banyak orang yang berani melihat ke dalam dirinya sendiri dan mengakui kelemahannya. Ketika Anda menjadi seseorang yang cukup berani untuk mengakui kelemahan Anda, saat itulah Anda bisa mengambil tindakan untuk mengatasi kelemahan itu. Ada banyak alasan Anda selalu terlambat, namun beberapa alasan yang paling umum adalah;

  • 1. Tidur Terlalu Larut
Perhatikan kebiasaan Anda di pagi hari. Saat alarm berbunyi, apakah Anda menekan tombol snooze (untuk menambah waktu 5 menit hingga alarm berbunyi kembali)? Atau Anda sengaja menambah waktu tidur hingga sangat dekat waktu berangkat? Ini adalah tanda-tanda Anda kekurangan tidur. Ada baiknya Anda mempercepat jam tidur. Kebanyakan orang, khususnya yang bekerja dan aktif, tak mendapatkan waktu tidur yang cukup, kekurangan tidur bisa jadi penyebab seseorang kurang bahagia dan tidak sehat. Cobalah untuk tidur lebih cepat setiap malam selama seminggu, lihat perbedaannya pada tubuh dan perasaan Anda.

  • 2. Tambah Satu
Mungkin terdengar tak umum, tapi kebiasaan menunda pekerjaan atau tugas hingga sebelum berangkat bisa menjadi penyebab keterlambatan Anda. Misal, sebelum berangkat, Anda menyempatkan diri membalas satu surat elektronik dulu, atau membawa keranjang baju kotor ke dekat mesin cuci, atau hal-hal yang terlihat sepele lainnya. Cara mengatasinya, cobalah untuk mengingatkan diri dan membagi hal-hal yang bisa Anda kerjakan dari kantor (membaca surat elektronik) dan yang harus dikerjakan di rumah. Usahakan untuk berangkat lebih awal. Katakan pada diri Anda, bahwa Anda harus tiba di kantor baru boleh membaca surat elektronik itu.

  • 3. Menyepelekan Waktu Perjalanan
Mungkin memang hanya butuh 20 menit untuk berangkat ke kantor, itu pun jika jalanan kosong. Anda belum memperhitungkan penghambat perjalanan yang bisa datang tak terduga. Misal, ada pohon tumbang di tengah jalan, sehingga mobil Anda terjebak macet, atau kereta api sedang mengalami gangguan teknis. Kejadian-kejadian bisa saja terjadi di luar dugaan. Karenanya, supaya tidak lagi mendapatkan cap “Miss Telat”, Anda bisa memastikan untuk berangkat lebih cepat, atau menetapkan menit ke berapa Anda harus berangkat. Misal, perjalanan ke kantor butuh waktu 20 menit, jam masuk adalah pukul 08.00, jam paling telat Anda berangkat adalah 07.20. Jangan kompromi lagi. Waktu yang tersisa di kantor bisa Anda gunakan untuk menyiapkan mood atau sekadar menyeruput teh.

  • 4. Kurang Persiapan
Mencari benda-benda penting di pagi hari bisa menghabiskan waktu Anda. Cobalah untuk menyiapkan wadah untuk benda-benda penting itu, dan pastikan Anda selalu menyimpan barang-barang tersebut di situ. Contohnya, kunci, dompet, telepon, kaca mata, dan lainnya. Salah satu hal yang mengganggu lainnya adalah kurang persiapan dalam penampilan. Supaya di pagi hari tidak terburu-buru saat mencari celana hitam yang sepadan dengan atasan Anda, atau mencari sepatu yang warnanya senada dengan tas Anda, siapkanlah pakaian yang mau Anda kenakan di malam sebelumnya.

  • 5. Bukan Anda, Tapi Mereka
Anda merasa sudah menyiapkan segalanya di pagi hari. Anda sudah siap berangkat, tapi anak dan suami masih saja mencari barang-barang mereka, padahal butuh 30 menit perjalanan, dan sekarang sudah saatnya berangkat. Meski sulit untuk memacu diri supaya lebih disiplin, tapi lebih sulit lagi untuk membuat orang lain untuk juga disiplin. Yang bisa Anda lakukan adalah mengajar si kecil, dan mengajak suami untuk menata barang-barang mereka di titik-titik tertentu. Ajar mereka untuk menyiapkan pakaian mereka sendiri pada malam hari sebelumnya. Siapkan bekal makan siang lebih pagi lagi, atau susun menunya berhari-hari sebelumnya supaya tidak beradu pilihan di pagi hari.

  • 6. Anda Tak Suka Tempat Tujuan
Perasaan tak mau berangkat ke kantor, atau mencari-cari alasan agar tidak usah masuk adalah salah satu ciri Anda tidak betah di tempat itu. Bermalas-malasan, mengulur waktu, atau mencari celah agar tidak usah ke kantor merupakan sebuah sinyal dari tubuh Anda untuk melepaskan diri dari tempat itu. Mungkin sudah saatnya mencari tempat baru?

  • 7. Pihak Lain
Anda sedang dalam rapat internal mingguan, tapi presentasi rekan Anda terasa lamban, padahal Anda seharusnya presentasi ke klien di tempat lain. Kadang hal semacam ini tidak bisa dihindari, namun kenalilah masalahnya. Apakah rapat internal mingguan selalu bertele-tele dan melebar hingga satu jam padahal bahasannya tidak terlalu banyak? Apakah ada satu orang yang selalu membuat rapat jadi lama? Jika Anda menghadapi masalah ini berulang-ulang, identifikasikanlah permasalahannya. Ketika sudah diketahui penyebabnya, Anda bisa membangun strategi untuk mengatasinya. Misal, Anda yang pimpin rapatnya, jadi moderator topik perbincangan agar tidak melebar dan tetap fokus.

Sumber: kompas.com

35 comments:

  1. pertamax neh.. :)

    wah cocok neh buat aku..
    tp kyaknya sulit neh..

    bangun aja jam 12 siang.. :)

    ReplyDelete
  2. Jika buat tukang datang kepagian?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih untuk informasi dan tips anda. yang paling penting untuk diperhatikan adalah motivasi kita harus tetap dijaga. Jika kita memiliki motivasi dan komitment yangkuat, maka kita pasti tidak akan malas-malasan. Malas adalah penyakit utama dalam meraih kesuksesan.

    Motivation and Self Improvement

    ReplyDelete
  4. Iya benar sekali mbak...biar nggak ngatuk terus bangun pagi males,harus tidur cepet

    ReplyDelete
  5. nah itu dia yg bikin aq slalu telat..tidur terlalu larut..tapi susah jg ya..biz ol ku bsnya malam buat cari duit lewat blog he2

    ReplyDelete
  6. wakh kalo ane sering telat ngantor mba....ampe sekarang...gag tau kenapa...padahal dah jarang melek

    ReplyDelete
  7. ane termasuk telater mania... hehehe.. semoga tips ini bisa membantu.. thank ya mbak...

    ReplyDelete
  8. wah.. telat... hobi saya atuh mbak...
    repot juga mau ngilangin.. udah jadi kebiasaan.. tipsnya boleh dicoba ini.. semoga saja bisa.. amiiinn.. loh eh..

    ReplyDelete
  9. wah, bener juga mba ...

    mungkin dari sekarang harus berubah biar gag telat ....

    coz waktu gag bisa di ulang, iya to ! hehehe

    ReplyDelete
  10. syukurlah aku tidak termasuk orang yang suka telat. tidak salah maksudnya xixixi

    ReplyDelete
  11. Tipsnya bermanfaat banget.. makasih ya :D

    ReplyDelete
  12. jadi merasa tesinggung... sering telat dan hampir selalu telat.. sebenarnya si sudah tau caranya tapi masalahnya belum sadar ni...

    ReplyDelete
  13. klo cara sih yar ga telat dengan memajukan jam menjadi 30 menit lebih awal.. he he he... agak gila sih tpi manjur bgt... sampai2 bukan tepat waktu lagi tapi jadi kepagian ampe kampus.... xixixixi.....

    ReplyDelete
  14. tips yg bgs
    http://freezipe.com/

    ReplyDelete
  15. kalau bnyak pikiran yang memikirkan untuk akan datang ni gimana?

    ReplyDelete
  16. Suatu saran yang sangat baik. Kebiasaan terlambat merupakan hal yang buruk yang harus diubah. Apalagi bila seseorang yang menuntut orang lain tepat waktu, sementara dirinya sendiri sering terlambat.

    ReplyDelete
  17. waduh udh biasa tidur larut...yg penting subuh gak ketinggalan...

    ReplyDelete
  18. wah...postingan ini gue banget..suka tidur malem n datang telat n diomelin boz...hwa..ha..ha..
    tapi giman ya,mbak? kalo duah kebiasaan tug susah ngerubahnya...btw,thx info-nya..sangat bermanfaat...salam kenal

    ReplyDelete
  19. kebiasaan, abis subuh biasanya molor lagi, nah ini yang sering bikin telat

    ReplyDelete
  20. haha.. uda kebiasaan itu ^_^ , tapi neg smuanya diniatin juga nggak bakal telat..

    ReplyDelete
  21. wah kalo ane malah......susah tuh kalo gak telat...hehe bo'ong ane....yah memang sulit mbakyu..apalagi kalo punya anak kecil...pas mo kerja eh rewel minta ikuuut...waduh susahnya...

    ReplyDelete
  22. wah ,bagus juga tipsnya tu mbak, tapi sayang nya aku ini orangnya On Time..,.hahahaiaha.jgn lupa mampir ke blog aku ya mbak.

    ReplyDelete
  23. siapa tuh yang tersinggung ..ha..ha...

    ReplyDelete
  24. saya orangnya suka tepad wagtu c

    ReplyDelete
  25. ane persis tuh kayak tulisannya....he..he..he

    ReplyDelete
  26. waktu yang terbuang tidak akan kembali lagi, pergunkan sesuai dengan kebutuhan & prioritas. janagn suka telat, bad habbits

    ReplyDelete
  27. Keterlambatan dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Untuk mengatasi penyebab internal dari keterlambatan, komitmen seseorang yang menjalaninya secara individu sangat diperlukan. Sementara itu, untuk mengatasi penyebab eksternal, seseorang perlu berkomunikasi dengan pihak yang berhubungan dengan resiko keterlambatan tersebut.

    ReplyDelete
  28. Benar juga nih tips-tipsnya, thanks ya...

    ReplyDelete

i hate spammers....