Tuesday, July 7, 2009

Kesalahan Umum Saat Mengatur Keuangan

BY tyas indree IN , 92 comments

Setiap kali Anda mendapatkan gaji, apa yang Anda lakukan? Segera menyisihkan uang tersebut untuk membayar tagihan? Atau membaginya ke dalam pundi-pundi tabungan lain?

Ternyata, para wanita memiliki kekhawatiran bahwa mereka kurang menyisihkan cukup uang untuk masa depan. Para wanita takut mereka akan kehabisan harta di usia senja nanti. Demikian menurut Lisa Caputo dari Women & Co—sebuah situs finansial khusus wanita—yang lalu menjelaskan bahwa hal tersebut umum terjadi di antara wanita. “Wanita cenderung hidup lama, membutuhkan lebih banyak perawatan jangka panjang seiring pertambahan usia, harus mengurus keluarga, padahal tak jarang mereka tak memiliki pendapatan sendiri. Kenyataan ini harusnya menyadarkan para wanita akan pentingnya menabung sejak dini, menabung lebih banyak ketika mereka mendapatkan penghasilan lebih. Dan akhirnya, harus bisa merencanakan keuangan menjelang periode tak produktif lagi,” terang Lisa.

Riset menunjukkan bahwa wanita sering menanggung peran yang besar untuk keputusan keuangan, berfungsi sebagai kepala bagian finansial rumah tangga. Wanita tak hanya mengatur pengeluaran sehari-hari, tetapi juga segala hal yang menyangkut keuangan keluarga dan investasi jangka panjang.

Lalu, apa masalahnya? Caputo menyatakan, setidaknya ada dua kesalahan dalam pengaturan keuangan yang kerap dilakukan para wanita. Informasi ini dibutuhkan untuk merefleksi diri dan memahami masalah keuangan agar tak jatuh ke lubang yang sama berulang kali.

1. Tidak mempertahankan perencanaan keuangan.
Kebiasaan para wanita adalah menghabiskan waktu dan energi untuk memulai sebuah perencanaan keuangan, tetapi pada akhirnya mereka tak pernah melihatnya lagi. Umumnya, para wanita berpikir bahwa perencanaan keuangan hanya merupakan aktivitas jangka pendek. Padahal, kesehatan keuangan mirip seperti perkawinan, merupakan suatu perjalanan, bukan suatu tujuan. Diperlukan perawatan dan pemeliharaan keuangan agar bisa terus dalam kondisi baik.

2. Berinvestasi terlalu konservatif.
Dibandingkan pria, rata-rata wanita cenderung berinvestasi secara konservatif. Bahkan lebih banyak yang menyimpan saja uang mereka. Terlalu konservatif malah bisa membuat wanita kehabisan uang di usia lanjutnya. Ini dikarenakan uang tabungan saja tak akan kuat bertahan melawan inflasi yang akan terus terjadi. Melindungi kekuasaan wanita untuk menghamburkan uang sangat penting untuk kita semua, terutama wanita, karena wanita cenderung hidup lebih lama.

Tips untuk menyiapkan perencanaan keuangan:

  • Buat keuangan Anda fleksibel.
  • Sesuaikan keuangan Anda dengan tujuan hidup.
  • Diskusikan keuangan Anda dengan anak dan suami.
  • Pantau terus keuangan Anda setiap hari.

Menjaga dan mengurus keuangan Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu dan energi pada awalnya. Namun, begitu Anda sudah membuatnya menjadi kebiasaan untuk mengawasi pemasukan dan pengeluaran, akan jadi lebih mudah untuk mencapai tujuan hidup.

Sumber: kompas.com

92 comments:

  1. buat para wanita-wanita, dengerin tuh saran mbak tyas, ya nggak mbak

    ReplyDelete
  2. semoga habis bc ini roomen lebih hati2 dlm mengatur keuangan,,, thanks mbak

    ReplyDelete
  3. biasanya yg bs ngatur keuangan tuh cewek mbak,, kaya cinta ini,,,
    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  4. iya tuh,,, kesalahan terbesar ya itu,, thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  5. uang habis buat donlod video porno,,,
    kekekekek

    ReplyDelete
  6. lagi pas nyari kata kunci "keuangan", eh terdampar ke sini..hehee

    ReplyDelete
  7. nice tips mbak.. makin wise ajah neh,
    btw, kirain dah ga diurus neh blog :D

    ReplyDelete
  8. wah gmn mo ngatur ia..
    uang aja g punya..
    hehehe..

    ReplyDelete
  9. ya...kemapanan dan kestabilan finansial adalah hal yang manusia kejar...tapi bukankah kata kemapanan sejati adanya di hati...???

    ReplyDelete
  10. Nice posting mbak..
    Menurut sy seorang wanita harus pintar2 mengatur keuangan krn jika seorang wanita tidak bisa mengatur keuangan, maka akan sulit suatu keluarga untuk bahagia, yang terjadi malah berantem terus gara2 kekurangan uang.. Itu menurut sy loh..

    ReplyDelete
  11. You really made a well posted article having a useful information about BlogEngine.Net and these really helps me to solve my problem about my blog and on what type of blogengine I will b going to use on it. Thank you so much!

    http://www.indonetasia.com
    http://www.indonetasia.com/definisionline
    http://www.indonetasia.com/novanda

    ReplyDelete
  12. tak dudukne nang bojoku mbak ben moco...wekekekekeke

    ReplyDelete
  13. kalau aku malah nggak pernah mantau keuangan mbak, lek entek baru bingung golek utangan, wekekekeke

    ReplyDelete
  14. terimakasih atas infonya, bermanfaat sekali buat saya yang masih belum bisa mengatur keungan ini.

    ReplyDelete
  15. wkwkwkwk ane banyak utang neh :D

    ReplyDelete
  16. blog yang unik, infromasinya berguna buat rencana berhemat nih

    ReplyDelete
  17. wah info yang bagus nih...saya lom bisa atur keuangan. ini bisa dicoba nih :)


    -----------------------------------
    Artikel Kesehatan
    Download PDF JawaPos
    Practical Lessons in Yoga
    Review
    BitDefender
    Cheap Softwares
    CNN

    ReplyDelete
  18. Wah bagus nih infonya, thank's ya sob..

    ReplyDelete
  19. kalau cewek emang jago keuangan neh hehehe
    kalau anak lajang(pria) jangankan mau nyimpan....belom habis bulan pun dah keutang kasbon hahahaha

    ReplyDelete
  20. Ngak punya uang pusing, banyak uang malah kadang tambah pusing. kita memang harus belajar "menaklukkan uang"

    Tipsnya bagus

    ReplyDelete
  21. Cowok itu pintar nyari uang kalo cewek pintar mengatur uang. itulah sebabnya keluarga keuangan dipegang istri.

    ReplyDelete
  22. Saya mempunyai masaLah ketika harus mengatur uang yang tidak ada ditangan saya, karena saya nggak punya uang sama sekaLi... hehehe...
    Mungkin saya harus juaL barang2 dikamar kaLi ya hehehehee....

    -------------------

    ReplyDelete
  23. salam kenal...

    kunjungi balik ada produk baru dan kerja sama menguntungkan....

    ReplyDelete
  24. hm, saya bukan wanita tapi kayanya sementara musti mengatur keuangan sendiri nih...sampai ada wanita yang mau mengaturkan uang saya hehe....

    ReplyDelete
  25. hmm, mengatur uang yah? tantangan paling berat sebenernya kalau ndak ada uang yang bisa diatur n semua langsung terpakai :)

    ReplyDelete
  26. uang itu emank ga bisa di atur.. keluar2 teruzz.. hehe

    ReplyDelete
  27. Emang berat sih ngaturnya, tapi ya harus gimana lagi, kalo mau punya tabungan memabg harus mau ber "ribet-ribet" ria sekarang...

    ReplyDelete
  28. hmm, numpang ga nyambung :)
    blog ini baru saja direview di: http://www.garis-bawah.com/2009/review/blog-review/ningtyas-laugh-smile-and-cry-with-me
    maaph ga permisi dulu hehe... silakan dicek.

    ReplyDelete
  29. Kami menjual aplikasi yang bisa membantu anda dalam mengelola keuangan keluarga anda. Dalam aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang lengkap untuk akuntansi keluarga seperti perhitungan APBK (Anggaran Perencanaan Belanja Keluarga), Informasi Finansial, Sistem monitoring APBK, Laporan Keuangan, Laporan Pembayaran Pajak, Laporan Jurnal Umum, dan masih banyak fitur-fitur yang dapat membantu anda dalam mengelola keuangan keluarga anda. Untuk informasi lebih detail silahkan kunjungi website kami di http://www.mysoftware.web.id

    ReplyDelete
  30. Sip tipsnya, perlu dipraktekin dulu ya

    ReplyDelete
  31. tq atas infonya... nice article

    ReplyDelete
  32. Betul sis.saya sendiri juga gitu, sering kawatir akan keuangan masa depan.Tapi sulit,apalagi kalau dah nyampai mall, ya ampun.. lupa rencana keuangan yang sudah tersusun rapi dari rumah hehe.

    ReplyDelete
  33. istri saya belum mau memulai untuk menabung, kenapa ya?

    ReplyDelete
  34. klo saya cenderung boros, jadi suami yang tugasnya ngerem hehehe

    ReplyDelete
  35. Nice tips mba, wanita memang pintar mengatur keuangan ya.
    Btw saya suka dengan istilah "berinvestasi terlalu konservatif". Hmm...

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  36. info yg menarik, bgs juga sbagai pengetahuan bagi kaum adam :)

    ReplyDelete
  37. yang penting jangan boros deh :)

    ReplyDelete
  38. makasih atas ulasan mengatur keuangnnya ya :D

    ReplyDelete
  39. Pusing mba kalau harus urusan dengan yang namanya uang huehehe

    ReplyDelete
  40. oww... begitu ya kesalahan umum mengatur keuangan....
    bagus juga sharingnya
    makasih ya..

    ReplyDelete
  41. wah, sangat bermanfaat artikelnya, terutama untuk saya..hihihi9

    Makasih mbak..

    ReplyDelete
  42. makasih banget mbak........ bermanfaat banget ni artikel

    ReplyDelete
  43. waaaahhh makasih neh tips2 nya...salam kenallll

    ReplyDelete
  44. Hai mbak Ningtyas,
    Salam kenal ya mbak..
    blognya bagus banget

    ReplyDelete
  45. Kalau bicara masalah uang, kalau gak ditabung pasti ludes. entah kemana tuh uang gak kerasa aja dipake. hehehe.. makanya manajemen keuangan itu sangat penting agar kita gak boros. bener kata mba "para wanita memiliki kekhawatiran bahwa mereka kurang menyisihkan cukup uang untuk masa depan" soalnya klau istri dah dibawa ke mall pasti ini itu dibeli padahal masih ada yg perlu untuk digunakan yang lain uangnya daripada digunakan belanja yang gak jelas :)

    ReplyDelete
  46. Tulisannya bagus dan bermanfaat. thank ya mbak

    ReplyDelete
  47. Wah dah terlanjur salah..brarti harus meningkatkan income semaksimal mungkin..untung ikut bisnis online

    ReplyDelete
  48. nice post mbak.,.,.,keep update wae lah :)

    ReplyDelete
  49. Keep posting mbak. Oh ya saya mau tukeran link. URL blog anda sudah saya pasang di blog saya.

    ReplyDelete
  50. tipsnya bermanfaat bgt, thx. salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  51. wah ini batu wanita banget...heheheh habis itukan naluri wanita....tapi bener itu harus dijaga...

    "nah ini untuk wanita2 yang ingin mandiri...silakan kunjungi kami,,,"
    terima kasih..

    ReplyDelete
  52. Wah mantaps neh infonya..Thanks..

    ReplyDelete
  53. Waduh, bagus banget nih.. Bisa buat diriku juga.. Terimaksaih yo mbak...

    ReplyDelete
  54. Thanks For Informations..I Like your Post..Is very Good...

    ReplyDelete
  55. Nah ini yg gw blom bisa secara blom ada penghasilan tetap (-baca pengangguran) Dohh

    ReplyDelete
  56. semakin banyak pendapatan semakin banyak godaan...
    tapi perempuan juga 'katanya' mah mudah tergoda ya jaman sekarang mah.. :)

    ReplyDelete
  57. Yang benar ini kali ye..

    Semakin besar pendapatan, semakin besar pengeluaran.

    ReplyDelete
  58. template nya ampuuuunnnnnn.....
    berat banget mba..

    ReplyDelete
  59. Wah, tips yang oke.. harus belajar ngatur uang sejak dini nih.. Tapi mahasiswi suka boros ni, mbak.. hihihi..

    ReplyDelete
  60. Sorry if I did not comment regarding your article, but here I offer the CPM program is tolerable for you as a user Entrecard.
    For More Information Please Visit My Blog at:
    1. http://money-inspired.blogspot.com/2009/08/tips-on-increasing-income-smowtionscom.html

    2. http://money-inspired.blogspot.com/2009/07/smowtion-cpm-network.html

    ReplyDelete
  61. Maybe I know that much about the payment system Perfect Money, but many are not sure, but almost the same when it comes Paypal, the payment system but not that I promote, but incentive program Paid to Put the logo here because I promote the best pay and easy to obtain .

    Please go to my blog to see a screenshot here:

    http://djmake-money.blogspot.com/2009/08/promote-incentive-perfect-money.html

    ReplyDelete
  62. Numpang lewat... btw kece banget blogna webnya keren banget...
    jangan lupa berkunjung balik ya

    ReplyDelete
  63. tips yg bagus mb... kita memang kudu bisa ngatur keuangan....
    visiting back y mb :p :p

    ReplyDelete
  64. @kandang: iya ni blog indah banget, seindah pemiliknya :)

    ReplyDelete
  65. Mengatur kuangan memang sesuatu yg sangat penting..
    Bagus banget nih tipsnya mbak tyas..
    mantap deh pokoknya artikel ini :D

    ReplyDelete
  66. wah cwe q boros nan matre..

    thanks bgt nona..kayanya q harus kasih pelajaran yang pas buat doi..haha..wkeekke


    thanks postingna..

    ReplyDelete
  67. Wah klo ce kok harus 5 hal gitu ya mbak...jadi susah2 gmn gtu kayanya...klo co ya alon-alon asal klason wae...hahaha

    ReplyDelete
  68. wah artikelnya sangat membantu saya dalam hal mengirit uang..hehehe thanks ya , salam kenal

    ReplyDelete
  69. kok g ada tips mengatur keuangan untuk pria sih???

    ReplyDelete
  70. Sepertinya dari pada kerja di perusahaan swasta yang kurang menjanjikan, mendingan membangun bisnis baru, meskipun kecil2an tapi diharapkan mampu menopang hidup kita sampai tua nanti.

    Bali Car Rental
    Komodo Tours to Komodo National Park
    Rental mobil bali murah
    Program kasir-Minimarket-Bengkel

    ReplyDelete
  71. Asslm, good info mba ;-) khususnya buat para bujangan yang ngga bisa ngatur keuangannya ndiri musti baca ini dulu sebelum ngapapain setelah nerima duit gaji ^_^

    ReplyDelete
  72. Suatu perencanaan penting untuk dibuat dan pelaksanaan juga sama pentingnya. Dalam hal keuangan, menabung selama masa produktif ditujukan sebagai perencanaan untuk hidup ketika memasuki masa tidak produktif. Sebaiknya selain masalah keuangan, kesehatan juga diperhatikan. Apalagi wanita yang sebenarnya lebih rawan terkena panyakit dibandingkan pria.

    ReplyDelete
  73. makasih banget tipsnya, moga2 keuanganku bisa lebih teratur.

    ReplyDelete
  74. Nice Tips...dipraktekin dulu ahh.....

    ReplyDelete
  75. Kalau masalah keuangan yang satu ini sepenuhnya saya serahkan pada yang ngatur keuangan rumah tangga gue, yaitu Istri gue tercinta. ha ha ha

    ReplyDelete
  76. Huaaa.. Saya nih bermasalah banget buat mengatur Keuangan..hikz

    Makasih banyak ya mbak tips nya. Insya Allah saya bisa merubah kebiasaan buruk saya yang hobbyyy banget belanja... :(

    Salam sukses mbak :)

    ReplyDelete

i hate spammers....