Thursday, April 9, 2009

Trik Membujuk / Mempengaruhi Orang Lain

BY tyas indree IN , , 42 comments

Membujuk adalah salah satu kemampuan paling penting yang diperlukan seseorang untuk membuat orang lain mengikuti kehendaknya. Kemampuan ini tak hanya dapat diterapkan di dunia kerja, tetapi juga di rumah, atau dalam kehidupan sosial lainnya. Mungkin Anda melihat tidak semua orang diberi kemampuan ini, namun sebenarnya membujuk bisa dipelajari.

Dengan mempelajari trik persuasi, Anda juga mengetahui kapan seseorang berusaha mempengaruhi Anda. Menurut Jay White, penulis kolom di DumbLittleMan.com, salah satu keuntungan terbesar yang akan Anda peroleh dengan memiliki kemampuan ini adalah, Anda tak akan kehilangan uang begitu Anda menyadari seorang petugas penjualan mendesak Anda membeli sesuatu yang tak Anda perlukan.

Inilah sembilan trik yang dapat Anda terapkan untuk dapat membujuk dan mempengaruhi orang lain:

  • 1. Bercermin dengan orang lain.
Lakukan hal ini dengan menirukan gerakan tangan, membungkukkan badan ke depan atau belakang, atau berbagai gerakan kepala dan lengan lainnya. Kadang-kadang kita melakukannya tanpa sadar, namun bila Anda menyadarinya, pelajari lebih lanjut. Beberapa hal yang perlu diingat adalah Anda harus melakukannya dengan halus, dan buat jeda sekitar 2-4 detik antara gerakan orang tersebut dengan gerakan Anda.

  • 2. Kelangkaan.
Inilah yang paling sering dilakukan seorang pembuat iklan. Kesempatan memiliki sesuatu terlihat sangat menarik ketika persediaan begitu terbatas. Hal ini akan berguna untuk orang yang memang sedang membutuhkan, namun yang lebih penting, inilah metode persuasi yang harus diwaspadai. Berhentilah, dan pertimbangkan seberapa sering Anda dipengaruhi berita bahwa sebuah produk sedang langka? Jika memang produk itu langka, tentu akan ada banyak permintaan untuk barang tersebut bukan?

  • 3. Membalas budi.
Ketika seseorang berbuat baik pada kita, kita sering merasa dituntut untuk melakukan sesuatu untuknya. Jadi, jika Anda ingin seseorang melakukan sesuatu untuk Anda, Anda bisa memberikan sesuatu yang baik untuknya lebih dulu. Di lingkungan rumah, misalnya, Anda bisa menawarkan untuk meminjamkan peralatan memasak, tangga, atau apa pun, kepada tetangga yang terlihat sedang membutuhkan. Tidak masalah kapan, atau dimana Anda melakukannya, kuncinya adalah menghargai hubungan yang ada.

  • 4. Waktu yang tepat.
Orang cenderung setuju atau menurut pada Anda ketika mereka merasakan kelelahan secara mental. Sebelum Anda meminta sesuatu pada seseorang yang mungkin tidak akan langsung disetujuinya, cobalah untuk menunggu sampai ada kesempatan dimana mereka baru saja melakukan sesuatu karena terdesak. Temui dia saat hendak pulang dari kantor, dan katakan apa yang Anda mau. Seringkali jawabannya adalah, "Besok deh, aku kerjakan."

  • 5. Keserasian.
Teknik ini kerap digunakan para petugas penjualan. Seorang salespeople akan menjabat tangan Anda saat sedang bernegosiasi. Dalam benak kebanyakan orang, berjabat tangan artinya bersepakat, sehingga dengan melakukannya sebelum kesepakatan tercapai, petugas sales seolah sudah mendapatkan transaksi yang ia inginkan. Cara yang tepat untuk melakukannya pada kegiatan sehari-hari adalah membuat seseorang bertindak sebelum mereka memutuskan. Misalnya, Anda mengajak seorang teman jalan-jalan, dan Anda ingin menonton film (padahal sang teman sedang tidak ingin). Anda bisa langsung mengajaknya ke bioskop sementara teman Anda sedang membuat keputusan akan menonton atau tidak.

  • 6. Obrolan yang cair.
Saat sedang berbicara, seringkali kita menggunakan frasa seperti "Mm..." atau "Maksud saya..." dan kata-kata lain yang menimbulkan jeda di tengah pembicaraan. Hal seperti ini sebenarnya menunjukkan rasa kurang percaya diri kita, yang dengan sendirinya membuat kita kurang persuasif. Jika Anda yakin dengan apa yang Anda katakan, orang lain pun akan mudah terbujuk dengan apa pun yang Anda katakan.

  • 7. Menggiring.
Kita semua terlahir menjadi pengikut. Kita sering memperhatikan apa yang dilakukan orang lain sebelum kita bertindak, karena kita membutuhkan penerimaan dari orang lain. Secara sederhana, cara efektif untuk menggunakan kebiasaan ini adalah dengan menjadi pemimpin, membuat orang lain mengikuti Anda. Misalnya, Anda sedang menghadiri seminar, dan memilih duduk di tengah-tengah. Begitu seminar dimulai, sang MC meminta hadirin untuk mengisi bangku-bangku kosong di depan. Nah, cobalah untuk menjadi orang pertama yang menggiring orang lain untuk menempati bangku tersebut.

  • 8. Benefit.
Tunjukkan pada orang lain apa keuntungan bagi mereka jika melakukan tindakan yang Anda sarankan ini. Namun perhatikan apa yang Anda sampaikan. Anda harus mengatakannya dengan optimis, mendorong, dan menyenangkan mereka. Sikap pesimis dan mengkritik tidak akan membantu. Coba ingat bagaimana Obama memenangkan pemilu akhir tahun lalu. Kata kuncinya adalah "Yes, we can!". Mengatakan hal-hal buruk tentang orang lain, seperti yang dilakukan John McCain, tidak akan membuat orang bersimpati.

  • 9. Teman-teman dan penguasa.
Kita cenderung akan mengikuti atau terbujuk oleh seseorang yang berada di posisi yang lebih tinggi. Ini menjadi contoh yang baik untuk waspada akan "serangan" persuasif yang sedang dilakukan terhadap Anda. Di pihak lain, menjadi cara yang baik pula bagi Anda untuk melakukannya pada orang lain karena Anda akan terkejut betapa mudah membuat orang menyukai Anda dan memperoleh kekuasaan di antara kelompok Anda.

Sumber: kompas.com

42 comments:

  1. Tip yang bagus sekali ...
    Lama gak menjenguk, apa kabar dek?
    Semoga sehat aja yach ...

    ReplyDelete
  2. salam kenal mbak.. thanks tips nya

    ReplyDelete
  3. membujuk=merayu=ngegombal=bokis heheee ya mbak? sory dah lama banget nggak datang menjenguk,..maafkan daku, hbs, suibuk. mo posting aja susah bener dah ...

    ReplyDelete
  4. tips yang bagus nih, ntar aku coba praktekkan
    tks ya

    Pondokku

    ReplyDelete
  5. wah tips2nya mantap sekali n bisa diterapkan. jadi pengen dibujuk neh heheh...

    ReplyDelete
  6. wah ulasan yang menarik mbak, dah lama gak bersua disini, gimana kabarnya mbak semoga tetap baik ya...!!!

    ReplyDelete
  7. Kalau membujuk org lain buat ngsih hartanya isa ngk?

    ReplyDelete
  8. posting yang bagus lho, kalau mau orang lain lebih nurut lagi kasih aja dia duit, kan beres,... he...he

    ReplyDelete
  9. coba menganggap orang lain sebagai customer... siapapun itu

    ReplyDelete
  10. Teknik ini sangat penting untuk tele marketing. Karena hanya kemampuan membujuk yg menjadi ujung tombak keahlian mereka.

    ReplyDelete
  11. Tips yg bagus...thx...salam kenal

    ReplyDelete
  12. nice blog & very informative, i'm bookmarking this blog & visiting again for updates.

    please check mine too : FREE Comics and Manga Download

    ReplyDelete
  13. wah tip2 nya buagoes-buagoes tenan mbak e...mngko kpn2 tak praktek ke

    ReplyDelete
  14. wah bisa dipraktekin nih triknya
    thanks ya

    ReplyDelete
  15. Berguna sekali tipsnya mbak Ning. Kemampuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain tidak hanya terbatas untuk sales atau marketing saja, karena dalam kehidupan sehari-hari, mau tidak mau kita juga harus sering membujuk atau mempengaruhi orang lain agar tujuan kita tercapai. Ya tho? :D

    ReplyDelete
  16. Waaaah oke banget nih djeng postingannya. Orang2 marketing tuh paling pinter kalau disuruh mbujukin orang he..he..he... tapi yang dibujuk harus lebih pinter lagi kan ?

    ReplyDelete
  17. Kalo membujuk buat dijadikan istri berlaku nggak mbak tips2 diatas??? hehehehe

    ReplyDelete
  18. asik juga nih tips-nya. buat tukang nggunem kayaknya tips nya bisa dicoba tuh, misal yg diajak jalan2 n nonton di bioskop :)

    ReplyDelete
  19. belajar mempengaruhi......mbake kie tipsnya oke2....aya2 wae...

    ReplyDelete
  20. obrolan yang cair?? pasti lagi sambil minum es.....hueheue

    ReplyDelete
  21. point 8 tuh aku bgt..

    dah lama gak menyapa reader disini

    moga semua sehat selalu
    Yup !

    ReplyDelete
  22. Hmm, segera di praktekan..

    ReplyDelete
  23. Ad beberapa yg spt nya malah 'memaksakan', okelah misal kasus mengajak nonton, saat pertama dia belum ngeh, bisa saja setelahnya malah menyesal krn menuruti kehendak kita.

    Salah2 malah dia ga mau lagi berteman dengan kita?

    ReplyDelete
  24. tips yang bagus mbak... perlu di coba nih

    ReplyDelete
  25. Good tips. Asal jangan dipake untuk hal2 yg negatif ya. Thanks tipnya.

    ReplyDelete
  26. salam kenal ... wah bagus nih ,, bisa langsung praktek ama orang lain .. hehe

    ReplyDelete
  27. menarik sekali mbak,... :) tambahin baca bukunya Dale Carnegie aja pasti tambah mantabs :D

    ReplyDelete
  28. kalau ingin madu jangan pernah merusak sarang lebahnya

    ReplyDelete
  29. wuih, embaknya pinte pisan. smua yg tertulis itu memang bener sekali mbak.. jangan2 mbaknya pinter ngerayu jg ya.. klo saya nggak bisa cah, blm ada bakat. lam kenal..

    ReplyDelete
  30. Wow. keren... makasih ya... tr aku laksanakan mbk yang cantik..

    ReplyDelete
  31. Bagus juga artikelnya. kamu memang hebat.

    ReplyDelete
  32. Yang penting jgn digunakan mempengaruhi untuk hal2 yg buruk aza...qiqiqiqqi

    ReplyDelete
  33. bagus tuh,,,kyk nya efisien bnget buiat dipraktekkan.
    THX

    ReplyDelete
  34. Bagus tuh artikelnya.Terima kasih

    AgenPru Online

    ReplyDelete

i hate spammers....