Saturday, November 8, 2008

Jebakan sikap rendah hati

BY tyas indree IN , , 48 comments

Kalau ada teman yang memuji kita atau pekerjaan yang kita lakukan, misalnya "Kamu hebat deh, bisa ngerjain tugas yang dikasih boss dalam waktu singkat. Emang otak kamu encer banget deh, say.." Kebanyakan orang (terutama yang cewek) pasti menjawab dengan "Ah, biasa aja kok.." Trus sang teman itu memuji lagi dengan lebih antusias. Sekali lagi dijawab dengan "Aku kan banyak dibantu sama temen2, dan informasinya banyak kok ada di buku n majalah, tinggal kumpulin aja.."

Lewat jawaban kita, memang terlihat bahwa kita bermaksud merendahkan hati. Dan kita akan dipandang sebagai cewek yg manis, baik dan rendah hati. Tapi kelewat merendahkan hati malah bisa membuat temen2 kita menangkap pesan: "Ternyata emang nggak ada yg istimewa dari dia.."

Dengan maksud merendahkan hati, wanita sering mengabaikan pujian yg diberikan kpd mereka. Nggak heran, wanita jadi sering kehilangan peluang meraih kesempatan (promosi jabatan) yang lebih tinggi. Rendah hati adalah suatu hal yg positif, tapi kalau tidak pada tempatnya, bisa merusak hubungan kita dengan teman atau keluarga kita, bahkan bisa merusak rasa percaya diri kita! Efeknya adalah kita menjadi bersikap rendah diri. Inget ya, rendah hati itu bagus, tapi rendah diri is not good!

Memang, para wanita yang selalu tampil 'manis' lebih disukai. Tapi, tentunya ada harga yg harus mereka bayar baik dari sisi profesional ataupun pribadi. Wanita sering terjerumus dalam 'jebakan' sikap rendah hati. Kita sering bicara dengan gaya merendah, yg akibatnya jadi terlihat kurang percaya diri. Ini semua terjadi karena kita sibuk berupaya menjadi 'orang baik'.

Kalau kita terjebak utk merendahkan dan menjelekkan diri sendiri, hal itu akan sangat merugikan, terutama dalam lingkungan kantor. Di saat teman kantor berkompetisi dan membanggakan prestasi mereka, kita 'tertinggal' di belakang dan dianggap tidak berprestasi. Dalam kehidupan pribadi pun sikap merendah yg berlebihan juga merugikan. Karena kita sendiri menganggap remeh 'hasil usaha' kita, maka teman dan keluarga pun juga akan berpikiran sama. Jangan terlalu merendah, supaya kehadiran kita tetap diperhitungkan.

Berani bicara, berani membanggakan diri/prestasi bukanlah suatu kesalahan, asalkan didukung dengan fakta. Buatlah agar prestasi kita 'terdengar' tanpa harus menimbulkan kesan sombong.

48 comments:

  1. hmm, bener juga tuh mbak tyas. seringkali sikap yang terlalu merendah emang jadi bumerang. berarti ada baiknya tahu situasi dan kondisi dimana dan kapan seseorang perlu memperlihatkan kelebihannya.
    *jadi dapat sesuatu hari ini, trims*

    ReplyDelete
  2. tirulah optimisme gaya Obama. Yes, We Can.

    ReplyDelete
  3. Sepakat nih.. rendah hati itu baik, namun rendah diri itu sikap yang tidak baik.

    Rendah hati menunjukkan sikap yang tidak arogan/sombong

    Rendah diri menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang rendah

    ReplyDelete
  4. gitu yah mbak *angguk angguk* :P

    ReplyDelete
  5. hehehe Q dukung saran Na, lah ehm.. kayakNa salah dech ^_^ maksudNa ikutin saranNa ^_^

    ReplyDelete
  6. Yup... sesuaikan dengan sikon aja... :P

    ReplyDelete
  7. sikap rendah hati memang harus dilaksanakan donk he..he..

    ReplyDelete
  8. walah kalu aku kurang pede mbak, terserah orang mau menilai gimana....!!!aku malah paling sering dibalik layar, walau kadang juga unjuk gigi dikit (kalo udah sikatan)hehehehe

    ReplyDelete
  9. kalo wes sirik berat, apa aja pasti salah mbak. orientasi sesirikan bukan membangun, tapi ngejatohin. biar kata hati kita udah ceper abis en tinggal dua jari sama tanah, tetep aja ada salahnya bagi si sesirikan.

    ya udah, dipencet aja NOS nya, karna kagak ngepek plus kagak penting untuk dengerin bebacotan sesirikan yang knalpotnya kayak metromini belom turun mesin :)

    ReplyDelete
  10. Memang benar terlalu merendah itu gak menguntungkan juga, dalam hal ini kemampuan "menjual" diri sangat penting ...

    Good Posting !!!

    ReplyDelete
  11. Pokoke jangan terlalu berlebihan dalam berbuat sesuatu. Yang sedang-sedang aja is the best

    ReplyDelete
  12. wah, salah mbakeee...hihihi...

    maaf tapi saya memang seneng rendah hati kok dalam perbloggingan..wekekek

    ga nyambung dah..hehehe..

    gpp merendah mbakkkeeee...saya lebih seneng merendah daripada berada di tengah - tengah atau tinggi diatas...

    mending saya diem aja mbakkkeee..kadang malah itu yang bisa membuat seseorang untuk lebih "bisa" dalam mengejar ketertinggalan :)

    semua orang punya cara yang beda lohhh..hehehe..

    dan cara saya termasuk sedikit extreme khan mbakkkeee...uanehhhhh...hehehe...

    met wiken dgn kluarga yah mbakkkk :)

    ReplyDelete
  13. kalo mbak Tyas kelihatanya rendah hati dan tidak sombong :D

    ReplyDelete
  14. betul mbak..rendah hati juga harus ramah ya mbak..spt tag blog-nya mbak ini..ramah a.k.a banyak nyengir...*asal jgn kelamaan nyengir, kering tuh gigi*...kaburrrrr..

    ReplyDelete
  15. mbak tyas memang rendah hati dan tidak sombong, hehehehehe

    ReplyDelete
  16. bener bangett mbak, rendah diri terus menerus emang bisa membangun mental kuli, jdinya ya rendah beneran
    nice post mbak..

    ReplyDelete
  17. kayaknya yg paling pas ya yg proporsional ya?!

    ReplyDelete
  18. salam..
    1. benar ningtyas, saya stuju pdapat ning itu.. :D

    2. dlm kita mendongak ke langit, jangan skali kita lupa bahawa kita masih berpijak di bumi nyata.. :)

    3. smga ning & fmly stiasa sihat walafiat, srta brbahagia slalu dlm redha-NYA. amiin.

    ReplyDelete
  19. hihihi... kalo aku baik hait dan tidak sombong serta rajin menabung hihihi

    ReplyDelete
  20. itu tergantung mbak tyas, kalo emang cewek itu bener2 berkualitas, kita biasanya langsung ke point nya, misalnya si cewek itu di kasih jabatan atau tugas tertentu. biasanya pujian semacan itu hanyalah basa basi saja untuk cewek yang "tingkat prestasinya biasa2 saja atau bahkan di bawah standard" dengan maksud menghiburnya. nah, kalo ada rekan atau boss yang melakukan semacam itu, biasanya ada maunya????kaburrrrrrrr ah...

    ReplyDelete
  21. Wuih bener juga tuh Mba Tias, pengalaman pribadi ya? :)

    ReplyDelete
  22. mbake memang ocre! saya juga berbangga mbak, alhamdulillah masih tetep cakep aja. wkwkwk

    ReplyDelete
  23. he..he... gitu ya bu... c baru tau niyy.. si ibu mantan psikolog ya... kok ampe tau ginian ya? he..he... klo c gak pernah rendah diri ato rendah hati bu... soalnya gak ada yg muji2 ato bisa dibanggakan dari seorang c...
    wekekekkekk...

    bu.. bu... mo maksi ni... dah laper...mo ikut bu? he..he..
    dadahhhh... hehe...

    ReplyDelete
  24. rendah hati bukan berarti merndahkan diri lho :)

    ReplyDelete
  25. kalau rendah diri sama Tuhan harus kan mbak...?

    ReplyDelete
  26. Hmmm... aku jg pernah terjebak dlm situasi yg seperti itu. kyknya jd serba salah gitu. :(

    ReplyDelete
  27. "Kamu hebat deh, bisa ngerjain tugas yang dikasih boss dalam waktu singkat. Emang otak kamu encer banget deh, say.." Kebanyakan orang (terutama yang cewek) pasti menjawab dengan "Ah, biasa aja kok.."

    wekekeke..padahal dalem hatinya girang banget tuh cewe.

    ReplyDelete
  28. Rendah hati? apa yah semacam makanan apa yah, kaya rendang gitu. Hehe...
    Aku sih setuju dengan Ningtyas, yang bergitulah fenomena sebenarnya... Makin mantap saja artikelnya... semangat terus...

    ReplyDelete
  29. nice article
    i comment mbakkk...
    lam kenal...
    ntar di follow yahhh
    hehehe

    ReplyDelete
  30. Hihihiii.....saya setuju, wah mbak Tyas musti dikenalin sama temen saya niy, dia ngebahas ttg ini lebih seru lagi, juga musti kenalan sama sepupu saya tuh, yg klo dipuji dengan manis langsung menjawab, 'terimakasih...' ga pernah menolak pujian, hahahaaaa... bener2 itu sebenernya bener, tp dalam budaya kita kadang klo dipuji dan langsung bilang makasih tanpa basa-basi malah udh dianggap sombyong loh..

    ReplyDelete
  31. Jadi gini ya kesimpulannya.. kalo ada yang bilang

    "Kamu bagus ya kerjanya?"

    jadi jawabnya harus,

    "Iya dong Pak, saya kan serius kalo kerja" :)

    bukan

    "Ah.. ini kan hasil kerja temen-temen juga"

    Betulkah begitu mbak Tyas?

    ReplyDelete
  32. tapi di masyarakat kita, keterusterangan lebih susah untuk diterima. keterusterangan, optimisme, sering dinilai sebagai pameran diri, kesombongan. meskipun eufemisme telah digunakan untuk kejujuran tersebut.

    ReplyDelete
  33. hehehe kyknya agak susah buat nerapinnya ya mbak Tyas. Terus terang dipuji itu bikin ngga enak ati (bhs jawanya pakewuh). Apalagi kalo di depan org banyak. Kalo gue disuruh milih, gue lebih suka pujian itu kalo perlu disampaikan aja lewat pribadi dan jgn berlebihan. Ucapan terima kasih aja kadang uda cukup :mrgreen:

    ReplyDelete
  34. rendah hati.. harus pada tempatnya... bila tidak, hanya membuka peluang buat orang untuk merendahkan diri kita..

    again, you make a great post, tyas..

    ReplyDelete
  35. buatlah diri kita 'terdengar'... setuju banget tan.. apalagi 'terlihat' dan 'terbukti handal'...

    ReplyDelete
  36. ikutan loncat2 disini... gak bakal dimarahin...

    ReplyDelete
  37. Setuju, Mbak. Sebaiknya melakukan sesuatu jangan (demi) mengharap pujian dari seseorang.

    ReplyDelete
  38. Setuju mbak! Aku juga klo dipuji gak lantas menja'im-kan diri dengan belagak rendah hati. Kadang malah aku kasi tau step" yang aku pake waktu ngerjain apa yang dipuji itu.
    Artinya, klo aku bisa, kenapa Anda tidak?

    ReplyDelete
  39. rendah hati boleh aja asal jangan rendah diri :-)
    nice post tyas

    ReplyDelete
  40. Susahnya meletakkan margin antara rendah hati sesungguhnya dng yg basabasi.
    Jebakan rendah hati itu kayaknya menuntut kita utk pandai2 memilih kata dlm berbasabasi, bukan rendah hati yg sebenarnya.
    Yah, pandai2 memanajemen khidupan kita.

    Nice post, sis

    ReplyDelete
  41. merendah untuk meninggi tapi tidak untuk direndahkan...
    nice post sob :)

    ReplyDelete
  42. ah itu mah modus aja padahal dia itu ???heheh

    ReplyDelete
  43. makasih mbag atas infonya kini aku jadi mengeerrti deh heheh :D

    ReplyDelete
  44. hduh mb,,,tp nek qt blg kyk gt kesannya terlihat sombongk .,,gmn caranya agr gk terlihat sombong?

    ReplyDelete

i hate spammers....