Friday, August 5, 2011

Waktu Tidur yang Berkualitas

BY tyas indree IN 28 comments


Aktivitas tidur yang dijalani normal tujuh hingga delapan jam bisa menjadi cara detoksifikasi alami untuk tubuh. Jadi, jangan pernah sia-sia kan waktu tidur Anda. Manfaatkan waktu tidur yang berkualitas antara pukul 21:00 sampai 07:00.

Tubuh mengandung racun yang bisa datang dari makanan, udara yang dihirup, dan pola hidup tak sehat. Secara alami, tubuh akan mengeluarkan "alarm" bila racun tubuh sudah berada di ambang batas normal.

Menurut Dr Lily Karmel, ahli kesehatan dan olahraga, tubuh secara alami bisa membersihkan racun dengan tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup. Karmel membagi waktu tidur dan proses detoksifikasi yang dilakukan tubuh.


21:00-23:00. Pada saat ini tubuh secara alami memilah detoksifikasi tubuh dan pertumbuhan. Umumnya pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada waktu ini.

23:00-01:00. Terjadi proses pembersihan liver atau hati.

01:00-03:00. Pada waktu ini terjadi detoksifikasi empedu.

03:00-05:00. Tubuh secara alami mengalami proses detoksifikasi paru-paru.

05:00-07:00. Inilah waktunya detoksifikasi usus besar.

24:00-04:00. Tubuh tak henti bekerja, sumsum tulang belakang terus memproduksi darah saat kita terlelap tidur.



Sumber: kompas.com

28 comments:

  1. mantap, harus tahu yang beginian :)

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus... sy baru tau klo tidur pada malam hari itu dapat membersihkan racun yg ada didalam tubuh kita.. Salam Kenal..

    ReplyDelete
  3. Mbak tyas piye kabare....??met menjalankan ibadah puasa yo...!!!suwi aku gak corat coret ndek kene(oeoes)

    ReplyDelete
  4. iya nich...waktu tidur emang penting tuk di schedule dengan baik agar tidak kena penyakit...makasih ya atas infonya..

    ReplyDelete
  5. artikelnya mantaaap,waaah mba malah saya susah tidur.mungkin,saya sudah terbiasa tidur malam sekali.setelah baca artikel ini,kasihan juga ya sama badan kita...

    ReplyDelete
  6. wahhh....banyakin tidur ahhhhhhhh............hhhhhhhuammmmm.....heheheheh
    www.pgsdhost.com

    ReplyDelete
  7. nice halthy info..
    tentang tidur.. kebetulan saya tidurnya 14 jam sehari (dalam 24 jam) :)) :))

    ReplyDelete
  8. berarti kalo tidurnya ga sesuai pada waktu... akan membuat organ dalam tubuh kita bekerja tidak sempurna...

    ReplyDelete
  9. makanya jangan suka begadang, tuh idealnya tidur brarti jam 10 malam hehehehehe...

    ReplyDelete
  10. Hello,nice Sites..mampir ke website kami yah 108CSR.com,website kami berisi tentang Sosial Kemanusiaan dan Lingkungan..

    ReplyDelete
  11. berarti lama tdr yang baik 10 jam donk mba,,,
    makasih atas infonya...

    ReplyDelete
  12. makasih atas info nya semogga bermanfaat buat saya gan .....

    ReplyDelete
  13. wah thanks yah mbak atas infonya ^^

    ReplyDelete
  14. ouhh ada waktu"nya jga ya bwt tdur itu...

    mksihh mba!

    ReplyDelete
  15. siip mba saya baru tahu waktu yg pas bwt tidur itu...

    ReplyDelete
  16. Wah, brarti klo Sering begadang gk sehat ya..

    Nice info, berguna banget, thanks...

    ReplyDelete
  17. mantap nie info nya sangat menarik gan......

    ReplyDelete
  18. mantap nie info nya sangat bagus nie....

    ReplyDelete
  19. subhanallah..
    ternyta saat kita istirahat anggota tubuh kita yang lainnya tidak berhenti bekerja.
    mksih bnyak infonyaa

    ReplyDelete
  20. ternyata tubuh kita juga bisa mengobati sendiri..
    subhanallah..

    ReplyDelete
  21. salam sahabat..
    mksih bnyak mbak atas postingannya,
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  22. wah saya sering begadang buat ngerjain job2, ga baik ya bekerja ampe dini hari.
    thanks admin, sukses selalu..

    ReplyDelete
  23. dr dulu emg uda diajarin ama ortu kita, jgn begadang. tapi begadang kadang perlu buat ngerjain proyek yg lagi kejar tayang.
    thanks admin , udah diingatkan.. sukses ..

    ReplyDelete

i hate spammers....