Saturday, January 9, 2010

Profil Facebook Bisa Menjelaskan Kepribadian Si Dia

BY tyas indree IN , 46 comments

man with laptopKetika sebagian orang mulai bosan dengan Facebook, sebagian yang lain ternyata masih tergila-gila dengan aktivitas ini. Bila Anda mengenal seorang pria (atau kekasih Anda) yang masih sering Facebook-an sepanjang hari, coba manfaatkan hal ini untuk mengenali kepribadiannya.

Carol Tuttle, penulis It’s Just My Nature! A Guide to Knowing and Living Your True Nature, mengatakan bahwa apa yang Anda posting pada situs jejaring sosial ini, dan bagaimana Anda menggunakannya, dapat menggambarkan dengan jelas diri Anda. Ingin tahu bagaimana hasil pengamatannya?

"Ketika menilai foto profil seseorang, ingatlah bagaimana ia menggunakan Facebook," papar Leora Israel, Kepala Public Relations and Distribution untuk perusahaan media sosial Vayner Media. "Beberapa orang menggunakannya untuk bisnis, lainnya untuk bersenang-senang, yang lain untuk mencari teman-teman lamanya. Jika seorang pria memiliki foto profil yang membosankan, maka itu tidak berarti dia membosankan. Mungkin dia hanya ingin terhubung sebagai "friends" dengan atasannya."

Foto profil saat dugem
Hal ini tidak melulu berarti ia senang dugem. Apakah ia memegang botol bir? Ia mungkin memang senang dugem, dan hal ini tidak menjadi masalah, kecuali usianya seharusnya menunjukkan bahwa ia tak lagi berkeliaran di tempat-tempat tersebut. Jika pria ini sudah tak pantas menonton episode awal serial Doogie Howser, tetapi masih mencoba menunjukkan bahwa ia biang pesta, maka menurut Israel ia mungkin sedang jomblo.

Foto profil dengan selebriti
Ketika pria berpose dengan seorang bintang, Israel menilai hal ini sebagai tindakan cerdas. "Hal ini akan menunjukkan, ia berhasil melintasi area profesional dan pribadi. Ia terlihat cool karena telah bertemu orang-orang terkenal, dan memberikan Anda kesempatan untuk melihat minatnya," katanya.

Ia sering "update" status
Apakah ia sering meng-upload foto dan mengubah status updates-nya? “Mem-posting secara teratur menunjukkan bahwa pria ini senang berbicara dan suka berinteraksi. Ia senang terhubung secara sosial," ucap Tuttle. Di pihak lain, Israel punya pendapat lain. "Saya mau kabur jika ia menarasikan hidupnya melalui Facebook. Saya tidak ingin tahu apa yang dinikmatinya saat makan siang, kecuali itu sandwich terenak yang pernah ada," katanya.

Makna status "updates"-nya
Status adalah salah satu kunci kepribadian yang paling jelas. Bagaimanapun juga, orang yang meng-update status berarti menuliskan pesan-pesan yang ingin di-share dengan bebas, jadi lebih baik Anda berhati-hati. "Posting yang isinya menggerutu atau mengomplain sesuatu artinya ia orang yang butuh perhatian dan tidak bisa mengatasi hidupnya," kata Tuttle. Adapun jika ia selalu mengkritik orang lain atau situasi tertentu, maka ia mungkin tipe pria yang selalu merasa benar.

Ia sering mengikuti "quiz"
“Jika ia mem-posting skor quiz-nya yang tinggi, dan hasilnya membuatnya terlihat hebat, artinya dia tipe kompetitif dan suka tantangan," ucap Tuttle. Misalnya saja, ia bangga karena meraih skor 98 persen dari quiz “How Much Do You Know About Jaws: The Revenge?” dan “Really, Really Weird ’80s Trivia”. Artinya, pria ini memiliki sifat yang lebih aktif, tetapi kurang sensitif terhadap detail seperti apa yang akan diberikannya pada ulang tahun pasangan. Namun jika ia sudah punya ide yang membuatnya excited, maka ia tak akan mengecewakan Anda.

Ia punya ribuan teman
Ada dua kemungkinan: ia memang senang berteman dan punya jaringan yang luas. Orang ini sangat optimistis dan terbuka terhadap kesempatan-kesempatan baru. Kemungkinan lainnya, ia hanya ingin dianggap punya banyak teman. Menurut Tuttle, orang yang menambahkan banyak teman yang sebagian besar mungkin tidak dikenalnya, hanya berkampanye untuk menjadi Mr Populer.

Ia selalu meng-add teman wanita
Hati-hati jika kekasih baru Anda adalah seorang pengumpul teman, khususnya jika teman-teman barunya kebanyakan wanita cantik. “Banyak lho, pria yang mem-browse teman-teman sahabatnya untuk mencari wanita-wanita cantik dan menambahkannya sebagai teman," kata Israel. Hal ini bisa mengarah pada poking dan flirting via Facebook Chat, dan ini membahayakan hubungan Anda.

Temannya hanya sedikit
Hal ini tidak berarti ia seorang yang kuper. Bahkan, hal ini bisa merupakan pertanda baik. "Pria yang daftar temannya hanya sedikit bisa berarti sangat setia. Temannya tak banyak, tetapi ia punya hubungan yang dalam dengan mereka," ungkap Tuttle. "Ia tidak membiarkan banyak orang mengetahui perasaannya yang sebenarnya. Namun ketika ia melakukannya, ia bisa sangat jujur. Orang seperti ini tidak suka bermain-main."
Daftar temannya yang terbatas juga menunjukkan bahwa ia tidak suka menghabiskan waktunya untuk Facebook-an. Ia lebih suka melakukan aktivitas sesungguhnya di dunia nyata.

"Photo album"-nya
Membolak-balik album fotonya akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kepribadian seorang pria. Ia menyisihkan waktu untuk memilih-milih foto, membuat caption, dan men-tag teman-temannya. Lihat pula jenis fotonya. Foto-foto perjalanan menandakan ia suka traveling. Foto-foto keponakan menunjukkan bahwa keluarga sangat penting buatnya. Adapun foto-foto pernikahan seorang temannya memperlihatkan bahwa ia menghargai persahabatan. “Jika ia mempunyai banyak group photo, maka itu artinya dia senang berhubungan dengan orang lain, dia sungguh-sungguh, dan sensitif," kata Tuttle.

Ia memainkan "games" Facebook
Kita semua pasti suka main games sesekali. Namun, pria yang sering memainkan games FB umumnya suka bersenang-senang. Kemungkinan, ia juga sedikit kurang bertanggung jawab karena mengambil jam kantor untuk main games. "Paling menjengkelkan ketika pasangan mengatakan betapa sibuknya dia di kantor. Namun ketika Anda melihat profil Facebook-nya, ternyata ia membuat skor tertentu pada permainannya, pukul 14.00," ujar Israel.

Sumber: kompas.com

46 comments:

  1. wew... siipp lah...
    'lam kenal ning...

    ReplyDelete
  2. aku type apa dong mbak? kok gak ada disini :)

    ReplyDelete
  3. wah bagus nih info bisa buat mempelajari karater seseorang.

    ReplyDelete
  4. setuju bgt nih,, emang kliatan kok glagat aslinya gmn,, facebook sekarang buat ajang pamer aja nih hehe :)

    ReplyDelete
  5. Kepribadian seseorang dapat dinilai dari aktivitasnya sehari-hari. Hal ini dapat dilihat melalui Facebook karena cara seseorang memanfaatkan Facebook dapat menjadi salah satu penilaian terhadap dirinya.

    ReplyDelete
  6. nice info...
    thanks 4 sharing :)

    ReplyDelete
  7. hehe.. gw tipe yang terakhir tuh :)

    ReplyDelete
  8. kuq sempet menganalisa ampe segininya ya,,,,
    eeemmmm akuw kaya'nya ccc yang trakhir tuh.....

    ReplyDelete
  9. ""tipe yg k 3 dr bwah kyaknya cocok deh ma gw +)"""

    ReplyDelete
  10. aku tipe yang mana yah?? aku paling seneng ngomenin status orang. heheheee...

    ReplyDelete
  11. facebook memang menggambarkan profil penggunanya, makanya banyak kasus2 sprt dipecat dari perusahaan ato bunuh diri gara2 status di facebook

    ReplyDelete
  12. haduh klu tipe yg jarang buka FB gimana donk??masuk kuper jg gak??

    ReplyDelete
  13. O..ternyata gitu ya,mbak..kalo banyak foto pribadi dengan banyak gaya, itu bakat foto model atau narsis ya mbak? he..he..

    ReplyDelete
  14. walah... gua tipe yang mana yah?...

    ReplyDelete
  15. wakakakakakaa.... aku nyang manaaa yaahhh ...:LOL:

    ReplyDelete
  16. wah.....qu dah jarang update Facebook lagi nich...jadi nggak masuk category mana2 donk ya.....

    See More My Blog

    Natha Lia Blog

    Download Ebook Free

    Download Full Free Software

    Adult Blog

    ReplyDelete
  17. there is not dare to write on the wall status, fear of betraying his boss for playing FB :)

    ReplyDelete
  18. Hmm..Good article, nice blog :)

    ReplyDelete
  19. weleh2 ane kagak maniak banget ama fb. paling suka maen game doank.hehehe

    ReplyDelete
  20. saya mah ngga pernah posting, cuma buat iklan doang!

    ReplyDelete
  21. Aku masuk yang mana ya...banyak teman, sering bikin status, kadang2 menggerutu, pasang iklan sama add temen2 wanita...hehehehe...eniwei...tetap aja artikel diajeng mantabs...thanks buat infonya

    ReplyDelete
  22. Wuihhh keren tuch artikelnya.Matursuwun Diajeng.
    Lanjutkan membuat info yang seger2.

    ReplyDelete
  23. ya tapi ati2 dengan FB,,,ibarat pisau bermata 2... opo hubungane???hahaha

    ReplyDelete
  24. WAH.. hebat saya gak pernah berfikir bisa menilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat profile fb nya saja salut...

    ReplyDelete
  25. kayaknya saya masuk dibeberapa kategori.

    ReplyDelete
  26. waduh....saya sih jarang tuh, coz ga nemuin byk keuntungan dari FB, hehehu

    ReplyDelete
  27. FB....??? klo lagi kangen temen2 yang jauh biasa suka buka. heheheee

    ReplyDelete
  28. nice post.....salam kenal kawan...

    ReplyDelete
  29. Baru kali ini aku berkunjung , bagus bagus, pengin lagi bale ke sini ,

    ReplyDelete
  30. kemungkinana face book akan lebih tenar lagi dan semakin user friendly

    ReplyDelete
  31. btw any-way. aku masuk kategori yang mana yah? temen banayk bukan karena aku yang add tapi orang lain yang add.

    bisa tolong mendeskripsikan aku?

    terima kasih

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Gak juga tucg.
    malah orang2 di FB lebih sering menjadi seperti bukan dirinya sendiri.
    :(

    ReplyDelete
  34. kalo keseringan curhat masalah pribadi yg seharusnya gk diceritain sembarangan gimana tuh?

    ReplyDelete
  35. wah ternyata banyak juga ya, thanks buat infonya

    ReplyDelete
  36. I discovered your blog site on google and verify a number of of your early posts. Proceed to keep up the excellent operate. I simply additional up your RSS feed to my MSN Information Reader. In search of forward to reading extra from you later on!…

    ReplyDelete

i hate spammers....