Tuesday, May 12, 2009

Ngerem Nafsu Belanja

BY tyas indree IN , 57 comments

Sudah bukan hal yang aneh bila wanita dikenal dengan kebiasaan impulsive buying-nya, dimana ia akan berbelanja bukan karena kebutuhan, melainkan keinginan. Dan, hal tersebut dilakukan tanpa perencanaan. Ketika sedang lewat toko sepatu, dan melihat sepatu yang lucu, mendadak saja kita masuk, mencobanya, lalu keluar sambil menenteng kantong belanjaan.

Menurut Tahira K. Hira, seorang profesor ilmu keluarga dan konsumen dari Iowa State University, impulsive buyer biasanya kurang memiliki kontrol diri dalam melihat barang-barang yang bagus, dan kurang memiliki prioritas yang jelas dalam berbelanja. Kebanyakan dari mereka memiliki sindrom “Saya menginginkan barang itu sekarang”, yang membuatnya tak mampu menunda keinginan berbelanja, membeli barang-barang melebihi pendapatannya, mengakibatkan hutang tambahan yang tidak perlu, dan berbagai pertengkaran dalam keluarga.

Anda bisa mengetahui apakah Anda termasuk impulsive spender dengan melihat gejalanya di bawah ini:

  1. Berbelanja sebagai pelampiasan perasaan kecewa atau depresi.
  2. Memiliki masalah pribadi dan keluarga akibat cara berbelanja yang berlebihan.
  3. Sering bertengkar dengan orang lain karena kebiasaan belanjanya.
  4. Merasa tidak lengkap iika tidak membawa kartu kredit.
  5. Membeli barang-barang secara kredit jika tidak mampu membeli secara tunai.
  6. Sadar bahwa menghabiskan uang dirasakan sebagai perbuatan yang ceroboh dan dilarang.
  7. Merasa bersalah, malu, atau kebingungan setelah berbelanja.
  8. Berbohong kepada yang lain, khususnya pasangan, tentang apa yang dibeli dan berapa banyak uang yang sudah dibelanjakan.
  9. Sering mencari akal-akalan antara tabungan dan tagihan untuk memenuhi keinginan berbelanja.
  10. Merasa tidak berdaya untuk mengatasi dorongan untuk berbelanja.

Bila Anda mengalami beberapa poin saja dari ke-10 hal di atas, sebaiknya Anda mulai berhati-hati, agar kebiasaan ini tidak berlarut-larut dan sulit “disembuhkan”. Yang paling baik adalah jika Anda menyadari kebiasaan buruk ini, dan bersedia berusaha menghentikannya.

Tips mengerem nafsu belanja:
  1. Jika Anda merasakan dorongan yang kuat untuk membeli sebuah barang yang tidak masuk dalam daftar belanja Anda, segera tinggalkan toko tersebut.
  2. Anda sudah mencoba-coba sebuah atasan yang bagus sekali, dan menyerahkannya kepada kasir? Segeralah beringsut keluar dari toko tanpa menebus barang tersebut.
  3. Ambillah uang secukupnya untuk hidup Anda selama seminggu, lalu tinggalkan kartu ATM dan kartu kredit di rumah. Bila perlu, titipkan saja kartu-kartu ”sakti” Anda kepada suami.
  4. Hindari pergi ke mal, bahkan minimarket, jika Anda memang tidak berniat untuk membeli sesuatu barang.
  5. Jika Anda sedang stres, jangan mencari pelampiasan dengan mengunjungi mal. Pergi saja ke tempat pijat atau spa, yang tidak terletak di dalam mal. Dengan demikian, Anda akan merasakan rileks tanpa harus menemukan sesuatu untuk dibeli.
  6. Cari teman dekat yang mampu memperingatkan Anda untuk tidak menuruti keinginan untuk membeli barang setiap kali pergi ke mal.
Sumber: Kompas.com

57 comments:

  1. kalo pria bukan belanja tapi cari tempat nongkrong :) khan sama ajah abisin uang. ada saran tidak?

    ReplyDelete
  2. mba Tyas.. tips ku banget tuh.. untuk ngerem nafsu belanja.
    klo "LOLITA" kayaknya demen belanja tuh... tapi ngga apa2, si "Pongky" jadi kecipratan rejeki nya heheheheh

    di petsociety ngerem nafsu belanja agak repot nih.. krn maunya menghias rumah melulu sih...
    hehehe halah.. kok jadi ngomongin pet society ya?? hhihi

    ReplyDelete
  3. waaah aku banget tuh ciri2 yang pertama..emg susah bgt tuh ngerem nafsu belanja...makanya musti sering diingetin kyk gini nih..tp sadarnya jg cm bentar, begitu udh liat brg bagus n impulsive nya kumat lagi..lupa deh..he.he..namanya jg wanita..

    ReplyDelete
  4. awan comeback...eheee
    Hmm..sopaholic kudu baca nih,
    ni biasa obroral ladies ya..
    *aku nyimak aja dech*

    ayo yang suami, nyemangati dong....
    biar bisa nabung, bang-bing-bung

    Yup !

    ReplyDelete
  5. Enji juga suka belanja... apalagi emaknya hihihihi...
    apalagi sejak ada Lolita, tambah-tambah deh napsu belanjanya plus nongkrong di petbucks wakaakaka...

    ReplyDelete
  6. WAH DASAR PERMPUAN TAPI AKU CINTA PERMPUAN HHEHEHEHEH

    ReplyDelete
  7. KERJA SAMA BISNIS YUK........

    ReplyDelete
  8. Wah.. wah.. wah.. untung saya gak, hehee...

    Salam kenal

    ReplyDelete
  9. Begitulah ya, di era sekarang banyak orang yang di landa konsumerisme. Makanya kita harus pinter2 belanja sesuai kebutuhan aja.

    ReplyDelete
  10. kalo aku Belanja tuh sebatas kebutuhan koq mbak.... Abis emang uangnya yang gak ada buat belanja ekekekek..

    **aku tadi add sampeyan di Fesbuk... sorry ya...

    ReplyDelete
  11. hahaha... sudah jadi naluri wanita kali ya seneng blanja dan berhias selagi ga' sampe ngutang sih hayo ajah.. se7 kant Mba' Tyas..

    ReplyDelete
  12. "Bila perlu, titipkan saja kartu-kartu ”sakti” Anda kepada suami."

    saya mau kok dititipin kartu sakti ;)

    ReplyDelete
  13. sejarah sudah membuktikan bahwa pemborosan awal kebangkrutan...hih ga banget kant..

    ReplyDelete
  14. iya nih apalagi kalo udah ingat umur makin tambah musti makin hemat :D

    ReplyDelete
  15. Jangan di rem dek, dikendalikan aja sesuai dengan kebutuhannya hue he

    *Maaf baru sempat BW dek, sambil add link blog baru abang

    ReplyDelete
  16. belanja??? udah bawaannya perempuan

    ReplyDelete
  17. rem ku mayan pakem mbak.....*kadang2*

    ReplyDelete
  18. tapi jaman dahulu kala emang suka 'tergelincir'...kalo gak bawa 10 bag gak puas rasanya...heuhue

    ReplyDelete
  19. Wah ini bagus untuk wanita yang suka belanja ugal-ugalan...hahaha...tips nya keren mbak..gmn mbak sekarang belanja nya bisa dah bisa di rem..apa masih susah??

    ReplyDelete
  20. yawdah, klo hal ini bisa dihindari..., iya, impulsive spender ituuuuu, berarti keren bangeeeeetttttsss

    ReplyDelete
  21. cowok jg suka belanja cuman ke masalah gadget kali yah dan hobi

    ReplyDelete
  22. keren blognya mba,,
    ajarin aku donk
    maklum masih pemula banget
    btw makasih dah share y

    ReplyDelete
  23. mba tukeran link yuk....
    tolong di link ya,,, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  24. kayaknya cewq perlu baca itu,,agar ia kembali ke jalan yg irit...

    ReplyDelete
  25. Kita harusnya metik pelajaran sama orang lain biar tau ngirit keuangan.heh
    Sok ngajarin yah,....

    ReplyDelete
  26. info yg menarik, bisa buat referensi kalai udah nikah nanti, hehehe...

    ReplyDelete
  27. jangan menuruti apa yg kita inginkan tapi apa yg kita butuhkan, tentu kita bisa mengatur pengeluaran kita.

    ReplyDelete
  28. cari temen,nongkrong di pinggir danau....hmmmmm

    ReplyDelete
  29. haha, belanja emang kewajiban dari tiap wanita, ya bisa2 ngontrol uang aja deh dan memanage nya ok salam kenal

    ReplyDelete
  30. ahahaha, kalo saya sih mending gak ke mal kalo emang lagi ga ada duid. Atau jangan bawa duit kontan dalam jumlah besar ^^

    ReplyDelete
  31. wah boleh juga tipsnya...
    makasih ya..

    ReplyDelete
  32. hmmmm... Wanita kalo di kasih duit buat belanja bukan hanya habis....
    tapi kurang,... :-)

    ReplyDelete
  33. Wah emang tuh kalo dah belanja memang parah tuh,cewe..he2x...ga bisa di rem.....

    ReplyDelete
  34. "lapar mata" ni ceritanya... tips menarik ni,,,

    ReplyDelete
  35. nice post man, I wait for next post, thanks

    ReplyDelete
  36. Jangan salah loh, cowok juga kadang punya nafsu untuk belanja :D

    ReplyDelete
  37. gimana kalo belanja pempek online aja ?

    ReplyDelete
  38. point 3 lucu juga tuh...! ada ga ya orang yang tertib kaya gitu?

    ReplyDelete
  39. Thanks for sharing this article. It's very nice. Nice to meet you.
    Salaam.

    ReplyDelete
  40. tips yang menArik...
    lam kenal

    ReplyDelete
  41. Nafsu belanja sie selalu ada, tapi masalahnya uangnya gak selalu siap sedia, jadi kadang terpaksa juga harus puasa belanja :D

    ReplyDelete
  42. kalo gitu mending atm diletakkan dilemari besi aja...
    biar g kemana-mana duitnya...
    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  43. pas mau ambil atm dari lemari besi kunci nya ilang,...

    wk wk wk....

    ReplyDelete
  44. kalau gitu titip aja atmnya sama mertua yang dikampung..he.he..he..

    ReplyDelete
  45. Kok jadi kayak iklan yang di TV ya.. hehehhe tapi yang ini beda. emmm.. iya juga sih tu kadang wanita kalau dah nafsu belanja bikin kantong tipis ini itu dibeli padahal mah gak penting dah gak dibutuhin moga2 tips ini bisa membantu untuk sedikit demi sedikit saya berikan tips ini kepada istri saya :) terima kasih ya mba atas tipsnya

    ReplyDelete
  46. numpang baca2, mbak ! sekalian tukeran link ya , lgs ku pasang.

    ReplyDelete
  47. hoohhoooh jangan belanja aja bu.....abis duit tar suami pusing ntar......

    ReplyDelete
  48. Apalagi sekarang lagi musim belanja online...Duh, nafsu belanja makin susah direm deh.Ngomong-ngomong soal belanja online, gw punya postingan 'Cara Cerdas Belanja Online' lho. Mampir dech ke blog gw klo sempet...

    ReplyDelete
  49. Kebiasaan berbelanja yang berlebihan sangat kurang baik. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah melakukan kegiatan olahraga secara teratur dengan menjadi anggota sebuah club olahraga. Selain kebiasaan buruk dapat hilang, kondisi tubuh dapat menjadi sehat.

    ReplyDelete
  50. yg paling utama langsung tinggalkan tuh toko langsung pulang de

    ReplyDelete
  51. bener bgt..sampe bingung mana keinginan or kebutuhan..malah jd terbalik..he..he

    ReplyDelete
  52. Ngerem nya kartu kredit di potong dan kartu debit di pegang suami hehe...

    ReplyDelete
  53. yang terbaik memang ditengah tengah ..tidak terlalu boros juga tidak terlalu pelit ..btw thanks infonya

    ReplyDelete

i hate spammers....