Wednesday, January 21, 2009

Pap Smear & Vaksinasi HPV

BY tyas indree IN , , 65 comments

Gara-gara postingan di bawah tuh, tentang HPV (Human Papilloma Virus), aku jadi tertarik untuk berbagi informasi soal ini. Buat para cewek, eh wanita, terutama yang sudah pernah melakukan hubungan seks, harus lebih memperhatikan soal kesehatan dan kebersihan organ kewanitaannya.

Kebanyakan wanita harusnya sudah familiar dengan pap smear.. Bukan cuma tau tentang pap smear, tapi harusnya udah rajin pap smear paling nggak setaun sekali..

Kenapa sih harus pap smear? Karena dengan melakukan pap smear, kita bisa tau, ada sel yang nggak normal apa nggak di serviks (leher rahim) kita.. Dan kalo ada, bisa langsung dilakukan tindakan buat mencegah supaya sel tersebut nggak berkembang menjadi sel kanker..

Selain pap smear, sekarang ini udah ada Vaksinasi HPV. Kita akan disuntik vaksin ini 3 kali.. Misalnya pertama kali suntik bulan ini, trus yang kedua harus dilakukan 2 bulan kemudian, yang ketiga, 4 bulan setelah suntikan kedua.. Intinya, 3 kali suntik dalam rentang waktu 6 bulan..

Sayangnya harga Vaksin HPV ini masih agak mahal, sekitar 1juta - 1,5 juta sekali suntik.. Tapi katanya sih, mulai taun 2009 ini, harga vaksin itu bakalan turun jadi sekitar 800ribuan gitu deh perkali suntik..

Kalo udah dapet vaksin itu, bukan berarti nggak perlu pap smear lagi loh.. Pap smear sebaiknya tetep kita lakukan.. Jaga-jaga jeng, nggak mau kan kena kanker leher rahim...?

65 comments:

  1. Wah abang kemaren jadi ketua panitia negosiasi harga pap smear utk 250 orang hue he

    ReplyDelete
  2. Buat para cewek, eh wanita, terutama yang sudah pernah melakukan hubungan seks...<== weh brarti bukan untuk lelaki jadi ga jadi komen.
    hahahaha..

    ReplyDelete
  3. bagi yang belum pernah, pap smear adalah ibarat membuka cadar yang ke tujuh :D

    ReplyDelete
  4. women area nih apalagi sayah masih kecil hihihi
    *pura-pura ndak paham*

    ReplyDelete
  5. aku sebagai cowok mau komen apa ya.....khusus cewek si postingannya

    ReplyDelete
  6. Ayo ikut.. ikut.. ikut....!!
    Eh, saya gak ya, hahaaaaa.....

    ReplyDelete
  7. Mba tyas....
    Istri saya dah suruh baca artikel ini malah ketawa-ketiwi...ga' ngerti katanya...abisnya gaptek kali ye...
    btw...boleh coba juga dan infonya menarik sekali neh....

    ReplyDelete
  8. no comment dulu ah, takut gak nyambung
    btw tetep nice post

    ReplyDelete
  9. hmmmm kalau boleh tahu vaksin yang bagus bahan aktifnya apa ya mba...?

    ReplyDelete
  10. Mbak dimana dapetin vaksinasinya ya...wah d 4 tahun nggak pap smear ni..da diingetin by posting..

    ReplyDelete
  11. wah..obrolan cew nih mah,
    pamit dulu ah..
    *sambil memerah pipi*...
    hehe

    Yup !

    ReplyDelete
  12. wah, salah masuk ndak yah...hehehe

    kayanya daerah kewanitaan dehhh...

    *sambil jinjit mau ngacirrrr...

    ehhh, baca bentar, kan cowo perlu tau juga neh mbakeee...kekekeke

    *akhirnya...manggut...manggut...dan...

    kaborrrrrr...

    ReplyDelete
  13. lek iki aseli aku ra mudeng mbak

    ReplyDelete
  14. Vaksin HPV ada di jual dgn Sistem Reseller atau Refferal nggak Mbak. Aku mau ikut affiliatenya aja deh, kwekekek......

    ReplyDelete
  15. Wah.. sulit kasi komennya.. daerah yang digemari tapi sangat tertutup... ga jadi komen deh...

    Mending tunggu Mba Tyas berkunjung lagi nanti malam... hmmmm

    ReplyDelete
  16. nice post mbk.. informatif bgt buat ceweq.. tp aq blom prnh pap smear , hickz

    ReplyDelete
  17. wah saol sexs ne...saya masih kecil...kabur ah

    ReplyDelete
  18. upss..masalah kewanitaan yaaa..no komen deh

    ReplyDelete
  19. laki2 boleh ikut kan.....? buat nemenin doktere...(kekekeke)

    ReplyDelete
  20. Agak-agak asing dengan istilah2nya...tapi nangkep kok maksudnya, kan aku udah dewasa..hahahah

    ReplyDelete
  21. MAKIN SEXY AJ NIH MBA KENCENG BGT SAMA KAYA BLOG INI YANG SEMAKIN RAME. THX SERING MAMPIR.

    ReplyDelete
  22. jadi tahu rahasia perempuan nehhh......
    nice info

    ReplyDelete
  23. Wanita kok sering bgt disuntik y?? hehehe.. kaboorrr.. salah masuk postingan

    ReplyDelete
  24. wahh...Saya paling senang nih yg gnian.. Mbak mau nanya disuntiknya pas di bagian mana?? Agak bingung nih..

    ReplyDelete
  25. he he cowok boleh komen nggak ya disini...saya juga belum married ....jadi cuma bilang hayooo para wanita???

    ReplyDelete
  26. aduh terlanjur baca yang beginian, naza takut jadi dewasa mendadak. ini gimana? tolong tanteeee

    ReplyDelete
  27. baik mbak..besok saya akan minta disuntik pap smear..hehehe

    ReplyDelete
  28. wah mbak..saia sih ngga perlu nungguin sampe dua bulan lagi baru pap smear..tiap hari malah..

    smear sepatu maksudnya..

    *kabur..tidak..kabur..tidak..kabur..tidak..*

    ReplyDelete
  29. weks mahal banget harganya yap mbak.tapi asal aman-aman aja kan gpp

    ReplyDelete
  30. ini khusus untuk para kaum hawa, iya kan mbak

    ReplyDelete
  31. @abang: kirain abang ikuatn pap smear bang, hehe..

    @aprie: cowok perlu juga cek tuh.. tp namanya bkn pap smear.. apa ya..?

    @nuga: duh, pake cadar kayak ayat2 cinta..

    @ar_eros: cowok perlu tau juga buat istri/calonnya..

    @didiet: lha itu udah komen, diet.. :)

    @wendra: ikut nganterin aja yah..

    @yopan: istrinya sangat dianjurkan utk tau kayak ginian lho mas..

    @reifka: oke de..

    @subagya: wah, bahan aktif? nggak tau deh kalo udah sampe situ pertanyaannya.. :)

    @renny: sekarang kayaknya di setiap rs besar udah pasti ada ren.. coba deh cari infonya..

    @blogamator: hmmm??

    @awan: halah, wan..

    @nara: iya, perlu tau juga lho kamu.. tuh kan kamu udah pake sandal jinjit.. dah jadi cewek ya..? hehe

    @oeoes: iyao oes, ra sah mudheng wae.. :)

    @edhoy: dasar bloggerrrr....

    @herdin: kalo terlalu terbuka malah nggak akan digemari mas.. :)

    @else: eee, perlu lho else..

    @david: kabur mendekat ya, Vid..?

    ReplyDelete
  32. @hawee: hehe, iya dunia cewek nih..

    @gus: opo pengen jadi doktere, gus..? hehe..

    @tukang nggunem: sampeyan ki wes dewasa poool mas.. :)

    @ibnu andhika: makasih mas..

    @jerova: ini bukan rahasia kok.. :)

    @chiko: iya ya.. suntik minded..

    @mitos: dokter gadungan ya mas..?

    @edisamsuri: cowok juga boleh ngintip kok..

    @naza luckzana: nggapapa.. persiapan.. hehe..

    @budiawan: kalo pap smear nggak suntik, bud.. km gimana sih, kan kemarin baru aku anter ke dr kandungan itu.. kandunganmu sehat kan, bud..?

    @quantumindonesia: huehuehehe... pap, smear in sepatu mama doong..

    @ipanks: iya.. demi kesehatan worthed lah..

    @infoker: kaum adam boleh tau juga kok...

    ReplyDelete
  33. biarpun aku gak begitu ngerti soal beginian
    (maklum masih pelajat bokk!!)
    tapi penting juga buat dinget2
    biat besok klo aku nikah ama sndra dewi gak kebingungan soal beginian

    ReplyDelete
  34. betul sekali mbak.. Apalagi kanker rahim sekarang udah masuk tingkat kematian tertinggi bagi perempuan.

    ReplyDelete
  35. Jadi mesti ya pap smear baru tau ada istilah pap smear, berarti periksnya ke dokter kandungan yah?

    ReplyDelete
  36. yah muahalll amat yak gak bisa goyang lagi apa mbak harga huehehe:p btw makasi mbak wat infonya:)

    ReplyDelete
  37. Maab mba mo nanya yang di suntik apanya ? ITU-NYA kan ? Wow it hurts...sakit gak seh ??? ngilu ya ? ( untung ajah gua cowo,gak banyak variasinya kalo cowo ,heheheheh )

    ReplyDelete
  38. Mendingan kita jaga aja...jangan berhubungan sex sembarangan....eh tapi dari postingan ini aku jadi penasaran pengen itu...apa tuh namanya .....jadi pengen cepet2 nikah biar bisa "sex" hehehe..malu malu....

    ReplyDelete
  39. ...sharing jeng, kalo di Holan dapet panggilan tuh tiap 5 taun sekali suruh pap smear. Penting banget siy yach...

    ReplyDelete
  40. Hmm...betul pap smear penting banget. Untung ya sekarang dah byk dokter kandungan perempuan, suka risih kalau dokternya cowok he..he.. Semoga kita semua sehat terus yaa

    ReplyDelete
  41. mewakili istri dah komennya,
    belum pernah pap smear, tapi kalo pap nya aja sih masih :)

    ReplyDelete
  42. wah aku masih kecil dibawah umur, jadi gag isa ngasih pendapat atau komentar yang nyambung nih mba

    ReplyDelete
  43. daerah kewanitaannya ya???

    Bisa kanker mulut rahim, wah bahaya juga.

    ReplyDelete
  44. iya.. pap smear jaman sekarang penting banget..apalagi kalo punya suami yang "aneh-aneh" diluar..demi kesehatan diri sendiri...

    ReplyDelete
  45. yep perlu banget buat para cewek *yang cowok jangan yah*.....cuma anna blum pernah melakukan ene *pap smear maksudnya*......ngeri gak seh......

    @abang : anna termasuk dlm 250 itu gak bang?? huehuehue

    ReplyDelete
  46. iya mbak kmaren baca di koran jg mulai bnyk sosialisasi ya. oping jd kepingin vaksin juga. mana oping dulu pernah ada tumor pula. takutnya tendency oping kena juga makin tinggi. ih amit-amit jangaaaaaan....

    ReplyDelete
  47. Nunut Komentar golek back link, he3x...

    ReplyDelete
  48. ah..wanita..wanita..
    banyak bener perawatannya....
    he he he

    ReplyDelete
  49. Ih.. serem ya mbak.. kalo udah urusan onderdil wanita.. kalo kita gak ati2. resikonya gede ya.. anyway thanks for sharingnya ya...

    ReplyDelete
  50. oalah.... Cancer Cervix itu Kanker Leher Rahim to...baru tau ayas
    Soalnya tadi siang pas baca jawapos ada iklan yang mengatakan "setiap jam ada satu wanita Indonesia yang meninggal karena CaCervix"
    Makasih MbakTyas, salam kenal..

    ReplyDelete
  51. mmg perlu tuh mb buat para wanita, apalagi yang sudah bersuami,
    nice info :)

    ReplyDelete
  52. aku belom pernah loh pap smear...ngeri juga yah kalo kena kanker rahim

    ReplyDelete
  53. pap smear sakit gak mbak???

    ReplyDelete
  54. Kesehatan cewek emang butuh perhatian extra !.

    ReplyDelete
  55. wew.,.,menarik banget mbak postingan nya....
    tapi memamng cewek harus di nomor satukan... bahasa jawanya ladies first

    ReplyDelete
  56. HPV bukannya utk before married ya mbak afdolnya?

    ReplyDelete
  57. bahasa yg dipake segmented ni :p kudu gugling dl dh nyari tau Pap-Smear itu apa :ngacir:

    ReplyDelete
  58. wah..., thank's bgt infonya...
    arigatoo gozaimashita...

    ReplyDelete
  59. yas, vaksinnya keluaran Glaxo Smith Kline bukan? yg namanya Cervarix?
    hihihi nanya ahhh siapa tau pake vaksin yg di distribusiin kantor saya

    ReplyDelete
  60. Betul mbak tyas, wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual, maksimal 3 tahun sesudahnya perlu pap smear, dan pap smear ini perlu dilakukan setiap 2-3 tahun setelah wanita berumur lebih dari 30 tahun sebagai deteksi dini Cervix Carcinoma(kanker leher rahim)

    ReplyDelete
  61. Pap Smear ya?
    binatang jenis apa tuh ya :D

    ReplyDelete
  62. Cara praktis dan telah banyak terbukti tentang rahasia ramuan herbal khusus untuk memberantas, mengobati, mengatasi, menyembuhkan, membersihkan, dan mencegah keputihan pada wanita. Kunjungi blog ini: http://mengatasikeputihan.blogspot.com

    ReplyDelete

i hate spammers....