Saturday, November 15, 2008

Buatlah hal itu terjadi..

BY tyas indree IN 24 comments

Seorang pemuda miskin yang lapar, duduk bertopang dagu di sebuah jembatan, mengamati sekelompok pemancing. Dia menengok ke dalam keranjang salah seorang pemancing dan melihat setumpuk ikan di dalamnya. Pemuda itu bergumam, "Andai saja, aku punya ikan sebanyak itu, aku tidak akan kacau seperti ini. Aku bisa menjualnya untuk membeli makanan dan pakaian."

"Hei, aku akan memberikanmu beberapa ikan bila kau mau melakukan hal kecil untukku." kata pemancing itu tiba-tiba.
"Ya, mengapa tidak?"
"Pegangkan kail ini untukku sebentar saja. Aku ada keperluan di dekat sini." kata si pemancing tua itu.

Pemuda itu dengan senang hati menerima tawarannya. Saat ia merentangkan kail orang tua itu, ada ikan yang memakan umpannya dan ia menangkap ikan itu. Ia menangkap ikan demi ikan sampai banyak jumlahnya. Wajahnya terlihat tersenyum, menikmati kegiatannya. "Aku bisa melakukannya!" gumamnya.

Ketika orang tua itu kembali, ia berkata, "Aku akan memberimu ikan yang kujanjikan. Nah ambillah semua ikan yang telah kau tangkapkan untukku. Tapi aku juga ingin memberimu sedikit nasehat. Lain kali, ketika kau membutuhkan sesuatu, jangan membuang waktumu hanya dengan melamun dan berharap sesuatu akan terjadi. Gerakkan dirimu, ambil kailmu sendiri, dan buatlah hal itu terjadi."

24 comments:

  1. Dongeng bijak....
    Sebuah pencerahan buat yg loyo2, suka ngelamun, mengahayal, berangan-angan tanpa ada usaha dan ihtiar...

    Terima kasih tante.. untuk dongeng malem ini...
    Nice post...

    ReplyDelete
  2. Inspiring banget mbak..

    Tidak mungkin kita mendapatkan yang kita angankan jika kita tidak melakukan upaya apapun.

    ReplyDelete
  3. ...benar sekali...kalau orang lain bisa ...aku juga bisa...asal (minimal) mau berusaha dan bekerja seperti orang itu...

    ReplyDelete
  4. "ketika kau membutuhkan sesuatu, jangan membuang waktumu hanya dengan melamun dan berharap sesuatu akan terjadi. Gerakkan dirimu, ambil kailmu sendiri, dan buatlah hal itu terjadi."

    Benar!
    Langkah pertama menentuakan hasil diwaktu yang akan datang. Berbuatlah!

    ReplyDelete
  5. Orang tua itu hebat ya.. bisa melihat kedalaman hati sang pemuda itu :)

    ReplyDelete
  6. nice quotes mbak
    pagi2 dapet pencerahan disini
    makasih mbak-e

    ReplyDelete
  7. inspiratif deh,,,
    go action..!!!

    ReplyDelete
  8. nice!

    Dream..Action...Miracle Happen..

    Have a nice weekend ya mbak..

    ReplyDelete
  9. Setuju!!!! Apapun impian kita raih dan berusahalan untuk mendapatnya. Jangan hanya melamun dan berdiam diri saja

    ReplyDelete
  10. Tapi kadang melamun penting disaat kita mencari sebuah inspirasi baru, yang penting bukan meng-khayal sesuatu yang tidak sebanding dengan ilmu yang kita miliki. Terlalu lama melamun juga jelek. Inspiration motivation walau hanya sekelumit... makasih Ning...

    ReplyDelete
  11. Harapan dan cita-cita boleh dititipkan dihari esok, namun langkah dan tindakannya lakukanlah hari ini..........
    thanks mba' kebetulan emang lg low bat nich semangat

    ReplyDelete
  12. wadduw motivasi nui....
    pemacu semangat nui...

    ReplyDelete
  13. Top posting ...!!!

    Tiap hari Allah menebar rezeki diseluruh permukaan bumi ...tinggal kita yang menjemputnya dan jemputlah rezeki itu ditempat yang tepat ...

    "Jangan mengemis di pinggir hutan"

    ReplyDelete
  14. Keren banget ceritanya! ^_^ masih banyak banget orang seperti pemuda itu di dunia ini...

    ReplyDelete
  15. mgkin dia ga punya pancing kali ya mbak Tyas :mrgreen: Kalo gue ogah tuh mancing, lebih pilih makannya aja hehehe :)

    ReplyDelete
  16. yak, gerakkan tubuhmu dan buatlah perubahan. melamun lama-lama emang gak ada gunanya.

    buat yang punya blog lam knal yak!

    ReplyDelete
  17. @dien: menghayal emang bagus n harus.. tp harus disertai usaha.. hehe, jadi dongeng sebelum tidur ya..?

    @erik: betul. Erik.. thanx ya..

    @djoko w: kita harus berfikir bahwa nggak ada yg nggak bisa kita lakukan.. tinggal kemauan aja yg harus kita punya.. bener kan..?

    @wk boxlog: iya, kalo kita gak berani berbuat/mencoba, mana kita tau kita bisa melakukannya atau nggak..

    @ipung: org tua itu dukun kali ya, Pung..

    @arielz: sami-sami mas ariel..

    @aprie: thanx, aprie..

    @budiawan h: make your miracle happens for yourself.. nice weekend juga ya, Bud..

    @eucalyptus: sip.. setuju say...!

    @hendriono: semua yg canggih2 yg ada di zaman sekarang ini, berawal dr mimpi dan khayalan.. sama2 hend..

    @wirut: mudah2an bisa ngecharge semangat yg lagi low bat yah.. aku juga posting ini krn lagi low bat nih.. hehe..

    @sandy: Iya nui...

    @abang: iya setuju bang.. jangan cuma nunggu, harus menjemput rezeki..

    @rhein: iya rhein, semoga kita nggak jadi org yg hobi melamun tp gak ngapa2in buat mewujudkannya..

    @tigis: aku yg masakin ikannya deh.. hehe..

    @cengeng-ngesan: lam kenal juga yak!

    ReplyDelete
  18. Hanya satu kata kunci ya' mba tyas:
    Action..Lakukanlah...Bertindaklah...
    I'm really agree..that it's..

    ReplyDelete
  19. mbak aku bertopang dagu tuh fotonya hihihi gimana yak??

    ReplyDelete
  20. weh, makin lama sering maen kesini makin byk dapet ilmu pencerahan :)

    ReplyDelete
  21. di daerahku ada semacam motto: KALAU MAU PASTI BISA! Dengan motto inilah kemudian pemda di tempatku bisa memberikan SPP Gratis dari SD sampai SMA sejak 8 tahun lalu, bisa mengasuransikan kesehatan masyarakatnya, bisa membebaskan pajak bagi para petani sawah.

    hehehe sori aku bukan orang pemerintah yang sedang kampanye atau promosi daerah, tapi aku hanya menceritakan sedikit hal tentang kabupatenku. Oya, di kabupatenku internet juga gratis di sluruh SD, SMP dan SMA, serta di seluruh kantor desa/lurah. Sesekali aku juga memanfaatkan fasilitas itu untuk mengirit pulsaku hehehe...

    ReplyDelete
  22. sip bu, emang actuating yang paling menentukan..

    ReplyDelete
  23. setuju mhba
    semangat menggapai impian kita
    salam kenal buat semuanya

    ReplyDelete

i hate spammers....