Friday, October 17, 2008

Mau marah??..... Ya iya lah...!

BY tyas indree IN 39 comments

Beberapa hari ini aku lagi pengen marah banget. Urusan mobil.
Selasa kemarin mau pergi mobil gak bisa starter. Aku langsung panggil mekanik bengkel deket rumah suruh ngambil n benerin. Pas diambil, aku bilang sama mekaniknya, "Sekalian benerin power steeringnya ya, olinya kok cepet abis, ada yg bocor kali..."

Akhirnya ngineplah mobilku di bengkel. Aku pergi naik taxi, ke dua tempat, pulang pergi. Nggak biasa naik taxi, berasa juga pas mau bayar ya.. Mahal bo, tarif taxi sekarang.
Gakpapa lah, kan cuma hari ini, besok udah naik mobil lagi, pikirku..

Rabu pagi mobilku dianter ke rumah. Masalah starter udah beres, masalah power steering katanya juga udah sip. Duit yg harus aku keluarin juga sip jumlahnya.
Gakpapa lah, kan besok2 udah nggak ada keluhan soal mobil lagi, pikirku..

Siangnya, pas mobil dibawa masku, selang oli power steeringnya copot. Oli muncrat kemana-mana. Mekaniknya dipanggil suruh benerin. Mobil dibawa ke bengkel, sorenya dianterin ke rumah. "Sekarang pasti udah beres, mbak! Itu cuma kleman selangnya". Mau marah? Gak usahlah, kasian. Mudah2an besok udah gak ada trouble lagi, pikirku..

Kamis, aku janjian sama temenku, mau ketemu klien di Plaza Indonesia. Pas aku mampir ke ATM dalam perjalanan mau ke rumah temenku, mobilku gak mau distart lagi. Untungnya di sebelah ATM itu ada bengkel. Setelah diutak utik, mobilku bisa jalan lagi. "Masang soketnya nggak kenceng nih mbak, abis dibenerin di bengkel mana sih?" kata si mekanik.

Aku lanjutin perjalananku jemput temenku, trus langsung cabut ke Plaza Indonesia. Ngobrol-ngobrol ngurusin kerjaan sampe malem, trus jam 7 pulang.
Bismillahirrohmanirrohiim.. Mudah2an mobilku bisa start lancar.. Jreeeng.. Alhamdulillah, lancar..
Baru maju sekitar 2 meter, steerku berat n mobil bunyi berdengung gak karuan. Lhah, ini pasti olinya abis lagi. Pas aku periksa, bener, olinya abis n aku nengok bawah oli berceceran. Bayangin aja, di parkiran Plaza Indonesia aku buka2 kap mesin, ngisi oli power steering n nungging2 meriksa bawah mobil. Untung sepi, gak ada yang liat. Mau marah? Jelas dong!

Pagi ini, mekanik itu menawarkan diri dateng n benerin lagi mobilku. Utak atik sebentar, trus katanya dengan enteng. "Oh, kalo begini berarti harus diganti satu set, ada tuh mbak, harganya sekian.."

Batinku ngomong, "Pale lu satu set!"
Mulutku ngomong, "Udah, gak usah deh, km benerin bukannya beres malah nambah rusak.. Bla bla bla..!" (gak sampe kasar banget sih ngomongnya..)

Akhirnya aku ngajak masku ke Kemayoran, benerin mobil di sana, 6 jam nongkrongin mobilku dibenerin. Mekanik di Kemayoran bilang. "Pak, ini abis dibongkar ya? Payah tuh, masangnya lagi nggak bener.. Abis diservice di bengkel mana sih?"

Baru ketauan ternyata yg katanya diganti baru ternyata nggak diganti, ada lagi yg digantinya pake spare part nggak original. Intinya, aku ditipu, dikerjain, digoblogin!

Jadinya aku harus keluarin lagi duit buat ngulangin semua perbaikan yg dikerjain sama mekanik yg sebelumnya.

Mau marah?? Ya iya lah..!! Jelaaaas bangeeett...

Lagi mikir, mau marah teriak2 ke mekanik itu, apa alus2an ngomong ke yg punya bengkel. Yang punya bengkel itu temenku loh, kalo aku ngomong pasti duitku dibalikin. Tapi, bisa jadi mekanik yg kerjaannya nggak bener itu dikeluarin. Jahat nggak kalo aku gitu? Nggak kan ya?

39 comments:

  1. Ya iya ya iya donk..masak ya iya ya iya ndak hehhee...pengalaman seperti sering juga dulu menimpa gue, tp Alhamdulillah sekarang ndak lg soale dah tukar mobile, kadang ndak bengkel besar ataupun bengkel kecil sering juga ditepu-tepu atau kali aja mekaniknya yang kurang paham..., moga gak mogok lg yah ;)

    ReplyDelete
  2. pertamax :D
    urusan bengkel emang susah2 gampang, jadi ajang trial & error palagi sama mekanik 'newbie'... saran saya ya klo mbak gak mudheng2 banget urusan mobil percayakan aja ma orang ke-2, misalnya adik ato temen yg lebih ngerti jadi gak gampang 'dikerjain' mekanik neubie itu... :)

    ReplyDelete
  3. Jangan marah2, hehehee...eh marah siy boleh ding tapi jangan keterusan, dan mmg harusnya siy dilaporkan ke bos-nya, karena itu artinya sang mekanik sudah menipu, kualitas bengkel temannya mbak Tyas bisa turun kalau mempekerjakan orang yg semacam itu tanpa diperingatkan atau ditegur.. Just my 2cents. Soalnya kan pelanggan bukan cuma mbak Tyas aja, pasti bnyk yg lain, kalau yg lainnya kena juga dikerjain seperti itu (ga semua org kan ngerti soal mobil) bisa2 nama bengkel temannya mbak Tyas jadi jelek dong...

    So, mengadukannya mekanik tersebut bukan hal yang salah, motivasinya kan untuk koreksi bukan untuk balas dendam (^^,) Ya ga? Ya ga? Ya ga? Ya iyalah, jangan ya iya dong walopun yg ada buah kedondong, bukan kedonlah...hehehe..

    ReplyDelete
  4. wah emg tu menjengkelkan kita jadinya kyk di bodohin mentang2 ga ngerti mesin ya mbak... buat power steering tu ketauan banget klo ga di ganti masa ampe gt bocornya... nah mekanik itu wajib di intrerogasi dan di omeilin klo perlu... jangan bawa mobil kesitu lg.. cari bengkel lain... sabar ya... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Wah itu mah harus minta pertanggung jawaban ama bengkel edan tuh. Kalo ngga masukin aja di syrat pembaca. HUHHH ikut kesel deh. Kalo aku mungkin dah balik sana. Ngomong baik2, kalo ngga bisa baik2 pake cara primitif...pake koteka hehee...sabar tyaaaaaaaaaaaassss
    Diambil hikmahnya yaitu ampe kiamat ngga bakal balik ke sono.

    ReplyDelete
  6. Mending diomongin alus-alus sama yang punya bengkel. Soalnya tindakan seperti itu akan menurunkan citra bengkel mbak Tyas.

    Kasihan temen mbak Tyas kalo mempekerjakan mekanik *nakal* kaya gitu.. mekaniknya kaya, temen mbak Tyas disuudzonin pelanggannya :D

    ReplyDelete
  7. Emang tuh Tyas,klo gak hati2 milih bengkel dan orangnya gak kita kenal, suka dikerjain kaya gitu. Aku sih alhamdulillah ada kenalan orang yang punya bengkel deket rumah. Apapun yang dikerjain dia bisa beres tanpa ngadat lagi.... Yang penting harganyapun gak nembak

    ReplyDelete
  8. wah emang repot ya mbenerin mobil... sudah mahal lama ga beres juga haduhhh pusying dah kalo gitu. Dilaporin juga demi baiknya si mekanik, kalo kerja biar ga sembarangan lagi,n biar lebih disiplin.
    Tapi mbak Tyas hebat euy buka2 kap mesin isi oli.. aku tahunya make aja hihihi

    ReplyDelete
  9. wah bener tuh bisa dimasukin ke surat pembaca di forum2,, kan seharusnya bengkel itu memberikan pelayanan terbaiknya pada konsumen,, klo begitu kan kepercayaan konsumen bisa ilang..

    *salam kenal y

    ReplyDelete
  10. wahhh..hari yang berat banget tuh mbak..wewww..mbak sehhh maen percaya aja..hehehe..hari gini harusnya diawasi juga pas ada lagi ganti spare part ato onderdil baru..

    ya itu dia aja bilangnya udah ganti n kerja jadi asal2an..malah ancur and brantakan..hehehe..

    minta ganti ajah mba..

    klo saya digituin ga ada kata sabar dehhh mba..hehehe

    ReplyDelete
  11. marah boleh,asal yg positif.
    jg marah2 gk jelas sama tuakng sayur yg lewat,
    jg mara2 sama tukang ojek yg doyan bgadang,
    jg marah2 sama supir taxi yg mainin argO* eh..
    jg marah2 dapet comment yg gk jelas...ini !

    ilang tar senyumnya..smiliiing..
    *titipanku kemaren lom diambil ya,....huaaaaaa..
    mamaaa, tantenya nakal..hehe
    Yup !

    ReplyDelete
  12. aduhai ning..simpati amat sama ning. ujian yg menguji kesabaran.. sememang kesabaran itu ada hadnya. mungkin juga terselindung hikmahnya..
    mungkin juga perlu cari @ tanya teman2 mekanik yg jujur & ahli dlm bidangnya itu. atau, mungkin juga ning perlu minta suamimu membeli mobil yg baru.. :)

    ReplyDelete
  13. wah kok sama mbak... aku jg lagi gak enak ati mau marah ga bisa mau cerita bingung apa yg mau diomongin ya udah bikin puisi aja deh :((

    ReplyDelete
  14. waah, selanjutnya mending ke beres (bengkel resmi) ajah mbak, mahal dikit tapi ada garansi,
    soal marah, tetep bisa dilanjut, tapi diusahakan jgn sampe dipecat ma bosnya, sampe ada efek jera ajah

    ReplyDelete
  15. @infomedia: iya ya, harusnya kalo mekanik ndak ngerti ya jgn nyanggupi kerjaannya.. masih emosi nih aku..

    @belly wijaya: kmrn pas gak ada orang yg dipasrahin sih, jadi ngurus sendiri ke bengkel.. kapok aku..

    @gati siahaya: emang maksudnya buat koreksi, n buat biar gak rugi juga mbak, hehehe..

    @revarius: gak akan aku bawa ke bengkel itu lagi.. ku sudah jeraa...

    @BloGendeng: waduuh, aku pake koteka ke bengkel, bengkelnya bisa langsung tutup saking banyaknya orang nyamperin, hehe..

    @ipung: iya ya Pung, pantesan aja bengkel itu gak bgitu laku, pasti udah banyak pelanggan yg kena sama mekanik nakal itu...

    @eucalyptus: kayaknya emang harus punya bengkel langganan ya, jangan asal deket rumah aja.. maklum baru sekali ini rusak begini sih, jadi panik, gak pikir panjang lagi..

    @rumah lina: hehe, itu juga taunya krna ada tulisannya.. kalo gak ada, bisa salah masuk, malah tambah ngadat mobilku yaa..

    @blogger addicter: iya, harusnya kita tongkrongin bener n spare part bekasnya kita minta ya.. yah, namanya juga gak ngerti mobil.. harap maklum, hehehe..

    @awan clickerz: sekarang udah gak gitu marah, soalnya mobil udah bener.. kalo kemaren, waaa.. sampe kribo rambutku..

    @amal: hehehe.. doain aja segera dapet mobil baru.. tapi aku sayang sama mobil ini.. nemenin aku kemana2 udah lama.. hehe, sok romantis ya..

    @lyla: ya udah kita main curhat2an aja lyl.. yuuk..

    @arielz: iya mas..harus marah tapi tetep alus gitu ya.. gimana caranya tuh..?

    ReplyDelete
  16. wah asik ternyata mbak tyas iso nesu pisan, coba mbak diulangi lagi marahnya
    hehehehe
    ya iyalah masa ya iya donk, kaburrrrr

    ReplyDelete
  17. kalo aku mbak paling sudah adu otot sama mekanik itu, hehehehe, aku kan jagoan "jagoan neon"

    ReplyDelete
  18. hUaaa..gara-gara marah jd kribo ya,,tp gk separah edi brokoli khan...ya giring nidji lah...hehe..(sahabat aku..dialaH akuu)

    Yup !

    ReplyDelete
  19. Boleh.. boleh banget kalo mau marah, secara gitu kan?! Well kalo boleh kasih input-an, diomomngin aja kali mba ke temennya yang punya bengkel, kalo kita temennya bisa ngerti, kalo orang lain, yang ada nanti nama bengkelnya yang rusak karena, kelakukan mekaniknya kayak gitu!

    ReplyDelete
  20. mbak-mbak waktu rambutnya kribo ada fotonya nggak liyat donk, huahahahahahaha

    ReplyDelete
  21. mbak..mendingan itu mekanik disuruh ngeblog aja..bikin blog yg kayak punya mbak ini..hehe..yg sabar ya mbak..kayaknya mbak kudu ngomomg sama teman mbak pemilik bengkelnya.ngomongin yg baik2 aja.kl ga gitu temen mbak ga tau, kalo dia punya mekanik nakal.kan ini jg menyangkut nama baik bengkelnya. iya ga? lha ia-lah masak...hayaaa...

    ReplyDelete
  22. @oeoes: blom pernah liat aku marah ya?? wah, medeni tenan lho oes.. pitikku aja sampe keselek tak marahin..

    @awan clickerz: tolong dong adu otot mewakili aku.. aku bantu doa deh..

    @noverika: iya sih, maunya emang gitu.. huh, menyebalkan, aku jadi gak bisa malem mingguan nih kemaren..

    @DB7: halah, kamarmu kan udah penuh fotoku. oes.. masa masih mau ditambah lagi seh..?

    @budiawan: iya.. besok deh aku ngomongnya.. o iya ya, suruh ngeblog ttg cara2 nipu customer yaa...

    ReplyDelete
  23. boleh marah mbak tyas...

    marahin aja tuh...

    ehhehehe...

    asal bener dan pada tempatnya aja...

    ReplyDelete
  24. ngga usa komplen ke temen sih kalo menurut gue. Yg penting ga usa dateng ke sana lagi. Smoga sinyal tersiratnya bisa nyampe :)

    lam kenal ya. Cara kamu nulis enak dibaca nih :)

    ReplyDelete
  25. @ezza: oke deh... aku marah niiih... hehehe...

    @rhein: gak usah tuntutlah... males aku ngurus yg gitu2... mau marah dikit aja aaah..

    @tigis: lam kenal juga.. emang udah gak bakal lagi aku ke bengkel itu... emosi jiwa deh jadinya...

    ReplyDelete
  26. Sama dung..bbrp hari ini aku pinginnya maraaaaah aja juga...PMS kali yeee

    ReplyDelete
  27. Kalo mbak Tyas sayang sama tuh temen yang punya bengkel, mbak Tyas harus bicara soal kebejatan si montir, karena SDM butut itu sumber kebangkrutan paling potensial, bikin mangkel, pala senat-senut, tangan pengen nampol dan impotensi ekspansi usaha.

    btw, memang nggak rajin tune up ya mbak?
    he he he... baru beredar lagi nih mbak, en langsung ikutan bawel dimari :)

    ReplyDelete
  28. wuaaaaaaaaaaaaaahhhh!!! cc mahh udah masang muka galak penuh amarah klo itu terjadi pada cc.....

    huuuuuuuuuu nyebelinn.... sampe2 ikutan sebel niyh mba... asliii ikutan BT.. habisan skg ya? banyak yg kek gitu..katanya ganti baru,ga... buang2 uang dan energy.. blom lagi apa2 mahalllll *kok ikut emosih ya??* hiihih

    tp sing sabar mba..insya Allah gantinya lebih deyh.. Amin.. btw makasih dah mampir ya mba..salam kenal balik :)

    ReplyDelete
  29. ga ngerti soal mobil, ga punya mobil juga soalnyah.. ahahahh....

    ReplyDelete
  30. hajar aja bleh....sini tak bantuin, perlu dipanggilin tukang pukul nda? :))
    ***kompor mode on***

    ReplyDelete
  31. Ya wislah Mbak.., marah itu manusiawi (bahkan kalo ndak dikeluarin, katanya mempercepat penuaan. Makanya para manula kakek/nenek yang suka cerewet, itu usianya rata-rata lebih panjang. Sueer.., aku pernah baca artikel ini).
    Tapi, sekarang udah ndak stress (mikirin mobil) lagi kan? hehehe...
    Kalo udah nggak marah, nih ada "tugas" menarik Mbak. Buka aja di: http://sugeng-pribadi.blogspot.com/2008/10/dapat-pr-2-susahnya-minta-ampun-nih.html

    ReplyDelete
  32. mending keluhannya disampeiken aja to, jeng... biar sama2 plong. toh itu juga demi kebaikan jeng tyas, temen jeng tyas (si owner) dan si mekanik... klo ga ada yang kumplen si mekanik bisa makin semena2 ndodosi mobil orang tuh...

    ReplyDelete
  33. saya bisa mengerti kenapa mbak tyas begitu gondoknya.. karena saya jg pernah jd 'makanan' montir 'haus duit + sok teu' model gitu.

    menurut saya, sama sperti rekan2 yg lain, mending mbak bilang aj baik-baik sm yg punya bengkel, biar ga gondok lagi. klo mekanik itu emg bener2 terbukti culas trus sampe dipecat, yah itu resiko kerjaan dia. anggap aja itu ganjaran atas kelakuannya yg culas. kadang kita harus sedikit tega dengan tujuan baik, agar tuh mekanik ga ngulangin perbuatan culas ke pelanggan lain. klo mbak ga bilang, dan ga bertindak apa2.. si mekanik bakalan merasa dia selalu pinter.. dan berapa banyak lagi korban keculasan yg akan mengalami hal seperti pengalaman mbak.

    sekedar saran, besok2 minta pilih montir yg bener2 bisa dipercaya aja. mumpung yg punya bengkel temen mbak tyas.. :D

    mudah2an emosinya cepet hilang.. sabar ya.. tp jgn diem aja.. hehehe.. :D

    ReplyDelete
  34. duch kasihan banget kejadian mbak....anggap aj sebagai ujian dari yg di atas...hi...hi...

    ReplyDelete
  35. @ani: emang nih mbak.. cuaca panasnya lagi bikin mangkel terus.. enaknya berendam air es kali biar hati dingin..

    @richard: udah tuh kmrn aku complain, gak tau deh tindakan si owner gimana thd mekanik itu.. gak mo ngurusin..

    @unieq: sabar mbak.. sabar.. kok jadi kebalik nih, hehe.... lam kenal juga yah mbak..

    @ridoaja: aku juga gak ngerti nih.. hrs kursus jadi mekanik juga kayaknya...

    @milla widia: dasar kompoooorrr... hihihi...

    @prie: lho, katanya kalo marah malah cepet tua..? terbalik yaa?? yo wes, aku bakal sering2 marah deeeh..

    @caroline sutrisno: iya.. udah kok jeng.. udah plooong.. hehe, ndodosi bahasa jowo endi kuwi jeng..?

    @brainwashed: tak percaya lagii.. tak kan aku percayaaa... lho kok malah nyanyi?? dah ilang kok emosi jiwaku.. pa kabar fer..?

    ReplyDelete
  36. tatut mau tomentar...mbaku lagi mayah soalna....

    ReplyDelete
  37. jovie mboten gadah mobil mbakee......
    mboten saged koment macem....

    tapi ngmg2, nungging2 kok gak bilang sih?? kan pengen ngintip..hihiks...

    ReplyDelete
  38. Tyas... menurut aku sih, baiknya memang dilaporin temen Tyas itu. Bagaimanapun, mekanik itu sudah merusak citra bengkelnya. Kasiahan nanti bengkelnya ditinggal pelanggan. Pelanggan yg gak puas akan menyebarkan ke pelanggan lainnya.

    Nanti biar temennya Tyas yg mengidentifikasi, apakah karena mekanik itu yg gak kompetensinya perlu ditingkatkan, atau karena mentalnya yg buruk.

    Bagaimanapun ini sebuah pengalaman berharga buat Tyas.

    ReplyDelete

i hate spammers....